TEKAN ANGKA PENYAKIT SOSIAL, PEMKAB TOBASA LAKUKAN PENYULUHAN HUKUM

Kurangnya kesadaran hukum oleh masyarakat maupun aparatur pemerintah, akan berdampak buruk bagi berlangsungnya kehidupan bermasyarakat dan jalannya roda pemerintahan. Akibatnya, penyakit sosial seperti perjudian, penyalahgunaan narkoba, sengketa antar masyarakat dan lain-lainnya, sering terjadi di masyarakat sehingga menimbulkan “gangguan” dalam pelaksanaan pembangunan. Hal ini disampaikan Bupati Toba Samosir melalui Wakil Bupati, Liberty Pasaribu, pada penyelenggaraan penyuluhan hukum bagi masyarakat dan aparatur pemerintah baru-baru ini, yang dilangsungkan di beberapa kecamatan di Toba Samosir.

Lebih lanjut dikatakannya, penyakit sosial sering terjadi disebabkan perbuatan yang dilakukan sebagai akibat ketidaktahuan atas aturan hukum yang mengatur. Karena itu, untuk menekan angka penyakit sosial di kabupaten yang berpenduduk sekitar 42.501 rumah tangga ini, diharapkannya, melalui penyuluhan hukum tersebut, akan muncul kesepahaman sehingga tindakan-tindakan yang melanggar hukum dapat diminimalisir.

Penyuluhan hukum yang dilakukan di Kecamatan Uluan, Silaen dan Habinsaran ini, menghadirkan narasumber dari Kejaksaan Negeri Balige, Pengadilan Negeri Balige dan dari Kepolisian Resort Toba Samosir. Selama penyuluhan ini, pihak Polres Toba Samosir menyajikan materi tentang Kemerdekaan Penyampaian Pendapat di muka umum, sedangkan Kejari Balige memaparkan makalah seputar Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi. Sementara, makalah tentang Pemeriksaan Perkara, Pembuktian Persidangan dan Putusan Pengadilan dipresentasikan Kantor Pengadilan Negeri Balige.

Penyuluhan untuk masyarakat dan aparatur pemerintah di 3 (tiga) kecamatan tersebut, diikuti para kepala desa, sekretaris desa dan perangkat desa lainnya serta para tokoh masyarakat/agama/adat setempat.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Toba Samosir)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s