Berita Terbaru

TOBASA PERINGATI HARI GURU NASIONAL, HUT PGRI KE-67 DAN HUT KORPRI KE-41 TAHUN 2012

Peringatan Hari Guru Nasional yang dirangkai dengan peringatan HUT PGRI ke-67 dan HUT Korps Pegawai Negeri Sipil (KORPRI) ke 41 Tahun 2012 Tingkat Kabupaten Toba Samosir, diperingati secara sederhana dengan upacara Nasional, dan bertindak selaku Inspektur Upacara, Wakil Bupati Toba Samosir, Liberty Pasaribu di Lapangan Sisingamangaraja XII, Balige, Kamis (29/11).

Dalam upacara yang berlangsung khidmat, dengan dihadiri pengurus dan ratusan anggota KORPRI dan PGRI ini, juga dilakukan pembacaan Ikrar Guru, Panca Prasetya Korpri serta menyanyikan lagu Hymne Guru, Mars KORPRI dan beberapa lagu nasional lainnya.  Hadir juga Asisten Pemerintahan Setdakab Tobasa, Wasir Simanjuntak, para pimpinan SKPD di lingkungan Pemkab Toba Samosir, para pengurus dan anggota organisasi wanita/ Ormas/ OKP, siswa/i SD/SMP/SMA dan mahasiswa/i dari PI-Del Laguboti dan Akper HKBP Balige.

Presiden RI selaku Penasehat Nasional KORPRI dalam sambutannya yang dibacakan Wakil Bupati Toba Samosir, Liberty Pasaribu mengamanatkan, KORPRI harus mampu meningkatkan kualitas manajemen pemerintahan melalui pemantapan kelembagaan, ketatalaksanaan, hingga peningkatan kompetensi sumber daya manusia Pegawai Negeri Sipil. Dikatakan juga, KORPRI telah menunaikan perannya sebagai pilar utama dalam mewujudkan tata pemerintahan yang bersih dan berwibawa. Diakui, Birokrasi pemerintahan saat ini telah tampil dengan pelayanan yang semakin baik, dan peningkatan kinerja aparatur negara melalui reformasi birokrasi, memiliki posisi yang sangat strategis terhadap keberhasilan pencapaian tujuan pembangunan nasional.

Sementara, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan sekaitan dengan peringatan Hari Guru Nasional dalam sambutannya pada rangkaian upacara tersebut yang juga dibacakan Wabup Liberty Pasaribu, mengatakan, dalam meningkatkan kualitas pendidikan, paling tidak ada 4 (empat) aspek yang perlu dikembangkan, yakni kompetensi guru dalam pemahaman substansi bahan ajar, pedagogi,kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial. Menurutnya, inilah aspek yang harus diberi perhatian khusus dalam rencana implementasi kurikulum 2013.

Selepas upacara, juga dilakukan penyematan bunga secara simbolik oleh Wabup Liberty Pasaribu, Wakapolres Tobasa Kompol F. Tampubolon, Kajari Balige Harly Siregar dan Dandim 0210/TU-TS yang diwakili Danramil Balige Kapten (Inf) Merayot Simanjuntak, kepada beberapa guru, yakni Anita Silaban (Guru TK Alternatif Balige), Ramli Sihotang (Kasek SDN 176367 Balige), Ratna Siahaan (Guru SMPN 2 Balige), Majek Ginting (Guru SMAN 1 Balige) dan Resterida Marpaung (Guru SMKN 2 Balige). Kadis Pendidikan melalui Sekretaris Dinas, Eston Sihotang, mengatakan, penyematan bunga kepada para pahlawan tanpa tanda jasa tersebut dimaksudkan, sebagai wujud penghargaan pemerintah daerah atas dedikasi para guru tersebut dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Toba Samosir.

Pada kesempatan tersebut, juga diberikan penghargaan kepada Marta Magdalena Samosir, salah seorang siswi SMK N 2 Balige, Kelas II/Ak-1, yang telah mengukir prestasi dan mengharumkan nama Toba Samosir. Putri seorang petani dari Onan Runggu ini, telah meraih Juara II Tim Matematik Non-Teknologi tingkat Provinsi Sumatera Utara, yang diselenggarakan Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara, pada tanggal 9-13 Nopember 2012 yang lalu.

 (Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Toba Samosir)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s