BAZDA TOBASA BANTU 54 ORANG MUSTAHIK

Bazda1Keberadaan Badan Amil Zakat Daerah (Bazda) sebagai mitra pemerintah daerah telah melaksanakan tugas mulia dalam membantu sesama terutama masyarakat yang kurang mampu. Karena itu, sebagai lembaga yang amanah, profesional dan transparan, Bupati Toba Samosir, Pandapotan Kasmin Simanjuntak, mendorong Bazda Toba Samosir untuk terus meningkatkan pengumpulan dan pendistribusian dana zakat secara merata serta memberikan pelayanan prima dalam penerimaan dan penyaluran dana zakat sehingga dapat merubah mustahik menjadi muzakki.

Demikian sambutan Bupati Toba Samosir yang dibacakan Sekretaris Daerah Liberty Manurung, di sela-sela penyerahan bantuan program beasiswa untuk siswa/i SMP, SMA/SMK dan bantuan guru honor yang bersumber dari zakat, yang diselenggarakan Bazda Kabupaten Toba Samosir di Aula Panti Asuhan Muhammad Yasin Tambunan, Kamis (06/12).

Bupati melalui Sekda Liberty Manurung  juga memberikan apresiasi atas penyaluran zakat ini, karena dengan pemberian zakat diyakini dapat mempersempit jurang perbedaan ekonomi di tengah-tengah masyarakat, dan pemberian zakat juga secara tidak langsung telah mendukung program pemerintah dalam mensejahterakan masyarakatnya.

Bazda2Secara khusus, pada kesempatan tersebut, setelah menyerahkan secara simbolis zakat kepada para mustahik, Liberty Manurung berpesan kepada para siswa/i penerima zakat, agar dengan zakat yang diterima dapat termotivasi untuk terus belajar dan memacu prestasi. Demikian juga halnya dengan para guru honor yang menerima zakat, akan semakin bergiat dalam melaksanakan tugasnya dalam menciptakan anak didik yang berkualitas. “Untuk itu, selalu belajar keras dan bekerja cerdas”, himbau Liberty. Tidak lupa, Liberty juga mengingatkan para siswa/i yang hadir untuk menghindari penyalahgunaan narkoba dan untuk jangan sekali-kali pernah mencobanya.

Bazda3Berdasarkan laporan yang disampaikan Panitia Pelaksana Hamdan Manurung, disebutkan bahwa untuk zakat yang disalurkan kali ini, meliputi pemberian beasiswa untuk 22 orang siswa/i SMP, 20 orang siswa/i SMA/SMK dan zakat bantuan guru honor untuk 12 orang. Siswa/i penerima beasiswa ini dikatakannya berasal dari beberapa kecamatan di Tobasa seperti Pintu Pohan Meranti, Habinsaran, Lumban Julu, Siantar Narumonda dan kecamatan lainnya. Ditambahkannya, setelah resmi dilantik sekitar 6 bulan yang lalu, Bazda Tobasa telah berhasil mengumpulkan zakat sekitar Rp. 49 juta, yang pada umumnya berasal dari zakat profesi sebesar 2,5%.

Penyerahan zakat ini juga dihadiri Ketua DPRD Tobasa yang diwakili anggota DPRD Komisi C Mangapul Siahaan, Kadis Pendidikan yang diwakili Sekretaris Dinas Eston Sihotang, Ketua MUI Tobasa H. Jauhari Efendi Samosir dan undangan lainnya.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Toba Samosir)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s