LOMBA CIPTA MENU B2-SA WARNAI PERINGATAN HAR PANGAN SEDUNIA TINGKAT TOBASA

PanganSeduniaMengantisipasi kekurangan pangan pada musim paceklik, akibat gagal panen dan banjir, Pemerintah Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) mengembangkan Lumbung Pangan Desa dengan membangun sarana penyimpanan lumbung pangan sebanyak 12 unit dan menyalurkan cadangan pangan kepada kelompok lumbung pangan desa sebanyak 80 ton padi, dengan tujuan supaya cadangan pangan masyarakat tetap tersedia dikala terjadi situasi kekurangan pangan. Kabupaten Toba Samosir tercatat sebagai kabupaten dengan kategori swasembada, mengingat untuk Tahun 2011 saja, produksi padi mengalami kenaikan  sebesar 7,5 % dari tahun 2010, yakni mencapai 117.582 ton atau setara dengan 56.600 ton beras, sedangkan kebutuhan masih di kisaran 27.960 ton, yang berarti surplus 203 %.

“Untuk itu secara bertahap kita harus terus melanjutkan pembangunan lumbung pangan desa ini, agar seluruh desa memiliki lumbung pangan,” kata Bupati Tobasa Pandapotan Kasmin Simanjuntak melalui Wabup Liberty Pasaribu pada peringatan Hari pangan sedunia ke 32 di Aula SMK Negeri 1 Balige, Rabu (5/12).

Disamping itu, kata Bupati, kualitas pola konsumsi pangan juga harus ditingkatkan. Untuk mewujudkannya program percepatan penganekaragaman konsumsi pangan terus digalakkan, dengan memberdayakan kelompok wanita dan PKK Desa, agar ibu rumah tangga mau dan mampu mengolah jenis makanan dari bahan pangan lokal untuk kebutuhan keluarga seperti sayur-sayuran, telur, ikan dan daging.

“Pembinaan dan pemberian bantuan alat pengolahan pangan, bantuan bibit sayuran, ternak ayam dan ternak itik kepada masyarajat dalam peningkatan akses pangan ditingkat rumah tangga seperti yang dilakukan tahun ini hendaknya terus ditingkatkan,” pinta Bupati.

PanganSedunia2Ketua TP PKK Tobasa Ny. Netty Pandapotan Kasmin Simanjuntak melalui Ny. Agustina Liberty Pasaribu menyebutkan salah satu cara menciptakan sumber daya manusia berkualitas adalah dengan memperbaiki kualitas konsumsi masyarakat. Untuk mewujudkan hal itu, peran ibu dan anggota keluarga sangat besar. Karenanya Netty meminta supaya pengetahuan akan pentingnya konsumsi pangan beragam, bergizi, berimbang dan aman terus disosialisasikan.

Kepala Kantor Ketahanan Pangan Kabupaten Tobasa Marsarasi Simanjuntak SP mengatakan peringatan hari pangan sedunia tahun ini merupakan momen penting bagi masyarakat dalam mewujudkan ketahanan dan kemandirian pangan berbasis pada sumber daya lokal yang tersedia. Tujuannya meningkatkan kesadaran dan perhatian masyarakat akan pentingnya penanganan masalah pangan baik tingkat daerah maupun tingkat nasional.

PanganSedunia3Masih dalam rangkaian kegiatan ini, Ketua TP PPK Netty Pandapotan Kasmin Simanjuntak diwakili Ny Agustina Liberty Pasaribu didampingi Wabup Liberty Pasaribu, Kakan Ketapang Marsarasi Simanjuntak SP, Staf Ahli Bupati Arusdin Sagala, Asisten Pemerintahan Wasir Simanjuntak para Kepala Dinas, Kakan dan Camat se Tobasa membuka kegiatan lomba cipta menu beragam, bergizi, seimbang dan aman (B2-SA) yang diikuti 16 kecamatan. Pembukaan itu ditandai pengguntingan pita dan peninjauan jenis-jenis ragam makanan yang dipamerkan seluruh peserta. Setelah melalui proses penilaian oleh Dewan Juri, Tim PKK Kecamatan Pintu Pohan Meranti berhasil menggondol juara pertama lomba cipta menu B2-SA, disusul Kecamatan Nassau dan Kecamatan Bonatua Lunasi di tempat kedua dan ketiga. Sementara juara Harapan I diraih Kecamatan Silen dan Juara Harapan II oleh Kecamatan Parmaksian.

Selanjutnya penyerahan bantuan cadangan pangan berupa gabah/padi kepada 14 kelompok lumbung pangan desa dengan jumlah 70 ton gabah. Bantuan alat pengolahan pangan lokal berupa alat mesin penepungan basah sebanyak 2 unit, alat mesin penepungan kering 2 unit, alat mesin pengolah kerupuk 1 unit, alat pengolah krispy pora-pora 3 unit dan alat pengiris ubi 16 unit.

Kemudian penyerahan bantuan penguatan modal LDPM kepada Gapoktan Desa Nagatimbul Kecamatan Bonatua Lunasi Rp. 150 juta dan Gapoktan Desa Sintong Marnipi Kecamatan Laguboti Rp. 75 juta. Sementara bantuan modal Program Aksi Desa Mandiri Pangan kepada Desa Ombur Kecamatan Silaen sebesar Rp. 100 juta.

Selanjutnya penyerahan makanan tambahan berupa susu, telor dan kacang hijau kepada 101 balita gizi kurang melalui puskesmas dari 6 kecamatan di Tobasa. Penyerahan hadiah, piagam kepada kelompok dan PPL pendamping berprestasi. (LM/ES/DP/ED)

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Toba Samosir)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s