BKD TOBASA CIPTAKAN LINGKUNGAN KERJA YANG ASRI DAN NYAMAN UNTUK PACU KINERJA

Gotroy BKDKondisi lingkungan pekerjaan pada suatu kantor/ instansi sangat mempengaruhi dalam mendorong kinerja dan mampu mendorong peningkatan kreatifitas dan produktifitas. Lingkungan pekerjaan yang asri dan bersih, dapat juga mempengaruhi suasana dan hubungan pekerjaan seluruh staf yang bekerja pada suatu kantor. Hal ini, ternyata tidak luput dari perhatian Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Toba Samosir, Budiyanto Tambunan untuk memacu kinerja para staf di satuan kerja yang dipimpinnya. Demikian disampaikannya, melalui Sekretaris BKD, Hasmar Silaban di sela-sela pelaksanaan gotong royong yang dipimpinnya di pelataran Kantor Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Toba Samosir, di Kompleks Perkantoran Simanjalo, Jl. AB Silalahi, Balige, Kamis (13/12).

Dalam gotong royong tersebut, tampak seluruh pegawai BKD Toba Samosir yang berjumlah sekitar 30 orang bahu membahu membersihkan pekarangan kantor dan ruangan kerja mereka sehingga lebih bersih dan nyaman dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Seluruh saluran air disekitar kantor tersebut juga menjadi perhatian untuk dibersihkan, untuk menghindari adanya genangan air yang dapat menjadi sarang nyamuk dan mampu menimbulkan bau yang tidak sedap.

Menurut Hasmar, selaku satuan kerja yang memberikan pelayanan kepada para pegawai di lingkungan Pemerintah Kabupaten Toba Samosir, kondisi interior kantor maupun pekarangan sekitar,harus dapat memberikan kenyamanan bagi seluruh PNS yang akan berurusan di kantornya. Tanpa diperintah, para kepala bidang, kepala sub bidang dan seluruh staf dengan dukungan peralatan kebersihan, selepas apel pagi telah menjadwalkan pelaksanaan kebersihan kantor ini setiap harinya.  “Kita secara rutin akan menggalakkan kegiatan kebersihan lingkungan kantor ini”, tambah Hasmar. Dikatakannya lagi, kondisi lingkungan pekerjaan yang kondusif juga akan mempengaruhi disiplin kerja dan hubungan antar rekan kerja. Karena itu, menurutnya, dalam memberikan pelayanan khususnya layanan kepegawaian, tingkat kualitas layanan yang diberikan juga akan semakin membaik, salah satunya dari aspek tangibles (aspek fisik dan perlengkapan-red).

Di tempat terpisah, Kabag Humas dan Protokol, Elisber Tambunan, menanggapi aktivitas pelaksanaan kebersihan lingkungan kantor ini mengatakan, BKD sudah memberikan contoh bagi SKPD lainnya untuk senantiasa dapat menciptakan lingkungan pekerjaan yang aman, nyaman, asri dan bersih. “Jangan hanya pada momen tertentu saja kebersihan kantor dilakukan, namun harus dilakukan secara terjadwal sehingga capain kinerja dapat lebih berhasil guna”, pungkasnya.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Toba Samosir)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s