MENEG BUMN, DAHLAN ISKAN : “BANDARA UDARA SILANGIT HARUS BERTARAF INTERNASIONAL”

Meneg BUMNUntuk mendorong pertumbuhan pembangunan di kawasan Tapanuli, salah satu infrastruktur yang perlu dibenahi adalah sarana tranportasi utara, seperti Bandara Udara Silangit. Menurut Meneg BUMN Dahlan Iskan, Bandara Udara Silangit sebagai salah satu sarana penghubung ke wilayah Tapanuli harus ditingkatkan menjadi bandara udara bertaraf Internasional dan dikelola dengan lebih baik

Untuk mewujudkan ini, Kementerian BUMN melalui PT Angkasa Pura II, akan melakukan pembangunan fasilitas-fasilitas pendukung Bandara Udara Silangit. Fasilitas yang akan dibenahi tersebut antara lain landasan pacu dan terminal penumpang. Disamping itu dikatakannya, bandara udara Silangit juga harus dilengkapi fasilitas pengisian bahan bakar sehingga pesawat-pesawat dapat transit di bandara tersebut. Untuk fasilitas ini, nantinya diharapkan akan dibangun pihak Pertamina.

Hal ini disampaikannya, pada acara pengalihan secara resmi pengelolaan operasional Bandara Udara Silangit dari Kementerian Perhubungan kepada PT Angkasa Pura II (Persero), di Bandara Udara Silangit, Siborong-borong, Jumat (11/01).

Bandara Udara Silangit sebelumnya merupakan salah satu unit pelaksana teknis Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan dengan kategori sebagai bandara udara kelas IV. Penyerahan pengelolaan bandara ini ditandai dengan penandatanganan prasasti penyerahan oleh Dirjen Perhubungan Udara mewakili Kementerian Perhubungan kepada Dirut PT Angkasa Pura II.

Setelah pengelolaan oleh PT Angkasa Pura II, bandara udara Silangit diharapkan akan menjadi ujung tombak peningakatan perekonomian masyarakat sekitar dan sebagai sarana pendukung promosi pariwisata di kawasan Danau Toba. Selain itu, bandara ini juga akan melayani penerbangan komersil ke berbagai penjuru di Indonesia.

Kedepan, Bandara Udara Silangit direncanakan akan dilengkapi Instrument Landing System yakni fasilitas bantu pendaratan sebagaimana standard bandara udara internasional lainnya, sehingga penerbangan yang akan dilakukan dapat lebih aman dan nyaman.

Meneg BUMN1Di sela-sela peresmian operasional bandara udara ini, Meneg BUMN Dahlan Iskan juga dibulang-bulangi (diberi restu-red) oleh tokoh masyarakat dan pemerintah se-kawasan Danau Toba, dengan ditandai dengan penyematan pakaian adat Batak dan perangkat lainnya seperti tunggal panaluan dan juga piso gaja dompak.

Disamping para pejabat dari jajaran Kementerian BUMN dan Kementerian Perhubungan, juga hadir pada kesempatan tersebut, Letjen TNI (purn), DR. TB Silalahi, anggota DPD RI Parlindungan Purba, Ketua Asosisasi Bupati se-Indonesia Isnan Noor yang juga Bupati Kutai Timur. Wakil Bupati Toba Samosir Liberty Pasaribu, Ketua DPRD Toba Samosir Sahat Panjaitan, Bupati Tapanuli Utara Torang Lumban Tobing, Bupati Samosir Mangindar Simbolon, Walikota Pematang Siantar Hulman Sitorus, Dirut PT Angkasa Pura II, para Forum Komunikasi Pimpinan Daerah se- Kawasan Danau Toba, para tokoh masyarakat/ agama/ adat setempat dan undangan lainnya.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Toba Samosir)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s