PEMKAB TOBASA SALURKAN KEPEDULIAN UNTUK 3 KK KORBAN KEBAKARAN LUMBAN TALA

Lbn Tala1Untuk mengantisipasi kondisi cuaca dan perubahan iklim yang rentan mengakibatkan musibah kebakaran, Kabag Humas dan Protokol Elisber Tambunan menyampaikan harapannya akan partisipasi aktif masyarakat sehingga musibah serupa dapat diminimalisir. Elisber mengatakan, pihaknya melalui instansi terkait maupun camat/ kades setempat telah mensosialisasikan upaya upaya pencegahan musibah kebakaran hingga ke desa-desa. Menurutnya, penggunaan kompor minyak maupun kompor gas di rumah-rumah penduduk harus benar-benar diperhatikan dengan baik dan benar. Disamping itu katanya, aktivitas pembukaan lahan pertanian dengan pembakaran maupun pembakaran sampah atau rumpun bambu di perkampungan warga harus benar-benar diawasi.

Demikian disampaikannya di sela-sela penyerahan bantuan terhadap 3 (tiga) kepala keluarga korban musibah kebakaran di Lumban Tala, Desa Siantar Dangsina, Kecamatan Siantar Narumonda, Rabu (16/01). Untuk bantuan para korban, Elisber menerangkan bahwa penyerahan bantuan melalui Dinas Sosial tersebut, merupakan wujud kepedulian Pemerintah Kabupaten Toba Samosir akan warganya yang ditimpa musibah. Adapun bantuan yang diserahkan tersebut berupa bahan-bahan sembako, pakaian dan peralatan rumah tangga lainnya.

Sementara, berdasarkan keterangan Kepala Desa Siantar Dangsina, Manutur Marpaung, musibah kebakaran ini terjadi pada hari Jumat (11/01) sekitar pukul 17.30 Wib dan mengakibatkan 3 (tiga) unit rumah milik warga habis terbakar beserta harta benda di dalamnya. Kerugian lainnya akibat kebakaran ini, sekitar 1000 kaleng padi yang disimpan di salah satu rumah juga hangus terbakar. Disebutkannya, rumah warga yang terbakar tersebut, masing-masing milik Cyrus Marpaung/ Elperia br Panjaitan, Op. Parlin br. Silalahi dan rumah milik Rizal Marpaung. Diantara rumah yang terbakar tersebut, terdapat 1 (satu) unit rumah adat Batak yang sudah berusia ratusan tahun.  Manutur juga menambahkan, untuk penyebab terjadinya kebakaran ini masih dalam penyelidikan pihak yang berwajib dari Polres Toba Samosir.

Lbn TalaCamat Siantar Narumonda, Janji Situngkir memberikan pujian atas kesigapan Kades setempat yang secara cepat mengambil langkah-langkah penanganan terhadap para korban dengan membentuk posko dan mengumpulkan bantuan untuk para korban. Janji Situngkir juga mengapresiasi sikap tanggap petugas pemadam kebakaran Pemkab Tobasa yang tiba dengan cepat di lokasi kejadian, sehingga kebakaran yang lebih besar dapat dihindari di perkampungan tersebut. Kepada para korban, seraya berjanji akan mengupayakan bantuan lainnya kepada para warganya yang menjadi korban, Janji Situngkir berharap para korban dapat memanfaatkan tali kasih pemerintah tersebut dengan baik untuk meringankan beban yang harus ditanggung.

Lbn TalaMewakili Kepala Dinas Sosial, Sekretaris Dinas Sosial Jansen Siahaan melalui Kabid Bina Sosial Antoni Dolok Saribu berharap, agar para korban dapat dengan tabah dan sabar menghadapi musibah ini, dan untuk senantiasa tetap berserah diri kepada Tuhan, sehingga cobaan ini akan lebih mudah dihadapi. Para korban yang diwakili N. Marsauli br Panjaitan, mengucapkan terima kasih atas tali kasih dan kepedulian yang diberikan pihak pemerintah kepada korban, karena dengan demikian menurutnya, beban para korban yang sangat berat atas musibah ini terasa lebih mudah untuk dijalani.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Toba Samosir)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s