RKPD TOBA SAMOSIR MENITIKBERATKAN PADA PERTUMBUHAN EKONOMI KERAKYATAN

Konsultasi Publik1Salah satu indikator utama keberhasilan suatu proses pembangunan di daerah, ditentukan oleh tingkat kemandirian masyarakat.Untuk mewujudkan hal ini, Bupati Toba Samosir, Pandapotan Kasmin Simanjuntak menegaskan, perencanaan pembangunan daerah Toba Samosir di tahun mendatang, akan menitikberatkan pada upaya tumbuhnya ekonomi kerakyatan dan peningkatan infrastruktur. Dikatakannya juga, perencanaan pembangunan Toba Samosir, juga mengusung agenda “pro poor”, “pro job”, “pro growth” dan “pro environment”, yang diharapkan akan dapat mempercepat penanggulangan kemiskinan, pembukaan lapangan pekerjaan dan bertumbuhnya perekonomian serta berwawasan lingkungan.

Hal ini disampaikan dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Sekretaris Daerah Kabupaten, Liberty Manurung saat membuka secara resmi Konsultasi Publik Rancangan Awal Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Kabupaten Toba Samosir Tahun 2014, yang diselenggarakan di Aula SMK N 1, Soposurung, Balige, Selasa (26/02).

Konsultasi PublikKepala Bappeda Toba Samosir, James Silaban menyebutkan, penyusunan Rencana Kerja Pembangunan Daerah sebagai dokumen rencana pembangunan tahunan daerah  merupakan salah satu upaya dalam mewujudkan penyelenggaraan tata kelola Pemerintahan yang baik. Sedangkan dalam hal pelaksanaan konsultasi publik tersebut, James berharap, akan diperoleh berbagai buah pikiran, masukan dan saran dari berbagai elemen masyarakat dalam penyempurnaan RKPD 2014 di Kabupaten Toba Samosir.

Sementara, menurut Kabag Humas dan Protokol, Elisber Tambunan, konsultasi publik dilakukan disamping sebagai bagian dari tahapan perencanaan pembangunan setelah sebelumnya melalui musyawarah perencanaan pembangunan tingkat kecamatan, kegiatan ini juga dimaksudkan sebagai upaya pemerintah daerah dalam melibatkan seluruh elemen masyarakat untuk berpartisipasi dalam merancang dan menetapkan arah pembangunan yang akan ditempuh sehingga benar-benar menyentuh seluruh sendi-sendi kehidupan masyarakat.

Setelah penyampaian paparan seputar rancangan awal RKPD oleh Kepala Bappeda, dilanjutkan dengan sesi diskusi dan tanya jawab secara interaktif antara peserta dengan narasumber. Sesi ini dipandu Staf Ahli  Bupati bidang Pembangunan, Arusdin Sagala dengan narasumber dari pimpinan BUMN/ BUMD di Toba Samosir.

Konsultasi Publik RKPD Toba Samosir kali ini, antara lain dihadiri Ketua DPRD Toba Samosir Sahat Panjaitan, Praeses Distrik XI, Toba Hasundutan, Pdt. Midian KH Sirait, M.Th, Pimpinan Bank Sumut Cabang Balige Nelson Hutapea, para tokoh agama/tokoh adat/ masyarakat, para pimpinan SKPD, camat se-Kabupaten Toba Samosir, Pimpinan Perguruan Tinggi Negeri /Swasta, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM)/Organisasi Pemuda dan dari berbagai ikatan Profesi di Bidang Pendidikan, Kesehatan dan infrastruktur di Kabupaten Toba Samosir, para insan pers dan undangan lainnya.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Tobasa)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s