20 KK WARGA LANJUT USIA DI SILAEN TERIMA BANTUAN UEP

UEP Silaen3Bupati Tobasa Pandapotan Kasmin Simanjuntak menyerahkan bantuan Usaha Ekonomi Produktif (UEP) lanjut usia di Kantor Camat Silaen, Selasa (9/4). Bantuan tersebut diberikan kepada warga lanjut usia yang masih aktif dan mempunyai keinginan usaha dan dilaksanakan dalam bentuk bantuan. Bupati Tobasa Pandapotan Kasmin Simanjuntak didampingi Camat Silaen Dimposma Sihombing menghimbau kepada penerima bantuan agar memanfaatkannya dan dipertanggungjawabkan dengan baik. “Kepada para Camat saya perintahkan agar memonitoring pemanfaatan bantuan tersebut,” ujar Kasmin.

Kepada pendamping yang telah dihunjuk diharapkan memberikan perhatian penuh untuk mendampingi lansia penerima bantuan. Agar mendayagunakan berbagai sumber dan potensi sebagai upaya pemenuhan kebutuhan mereka. “Saya mengharapkan agar bantuan ini tidak sia-sia, sehingga tidak hanya bermanfaat bagi lanjut usia saja tetapi bermanfaat bagi keluarga dan masyarakat,” kata Kasmin.

Kepala Dinas Sosial Tobasa dr Pontas Batubara dalam laporannya mengatakan tujuan bantuan tersebut adalah untuk menggali dan mengembangkan kemampuan usia lanjut berusia 60 tahun keatas. Usia lanjut yang kurang mampu secara ekonomi namun secara fisik dan psikis masih produktif dan kreatif serta memiliki keinginan dan kemampuan untuk memenuhi kegutuhan hidupnya. Hal itu juga dilakukan sebagai dorongan kepada usia lanjut untuk hidup sehat, kreatif, mengekspresikan diri serta mampu memenuhi kebutuhan hidup. Meningkatkan taraf hidupnya serta menciptakan rasa kebersamaan, mengutamakan kepentingan bersama dalam kelompok usaha.

UEP Silaen1 (1)Bantuan dari Dinas Kesejahteraan Sosial Provinsi Sumut itu diberikan kepada 20 Kepala Keluarga lanjut usia dari Desa Sitorang dan Desa Natolu Tali Kecamatan Silaen. Menurut Pontas, data terakhir yang dilakukan Dinas Sosial Tobasa, jumlah lanjut usia di Tobasa sebanyak 11.039 orang. Kondisi ini berimplikasi terhadap pemenuhan hak-hak dasar lanjut usia bidang sosial, ekonomi, kesehatan dan lainnya. Bantuan yang diberikan berupa dana sebesar Rp 1.500.000,- yang dikirim langsung ke rekening penerima dan harus dibelanjakan dalam bentuk alat-alat pertanian. Bantuan juga diberikan berupa handsprayer (penyemprot hama) backho, parang, cangkul dan pupuk ponska.

UEP Silaen1 (2)Sementara Camat Silaen, Dimposma Sihombing menyebutkan, pihakya menyambut baik adanya program bantuan untuk warga lanjut usia ini, dengan harapan program ini akan mampu mendorong kreatifitas para lanjut usia untuk memenuhi kebutuhan yang mendasar. “Dengan bantuan ini, para orang tua lanjut usia di wilayahnya dapat tetap mandiri dan taraf hidupnya tetap terjaga”, kata Dimposma.

Salah seorang penerima bantuan, Undur br Panjaitan menyampaikan terimakasih kepada Bupati Tobasa dan minta agar tetap perhatian kepada warganya secara khusus yang lanjut usia. “Semoga Tuhan memberkati dan ditahun mendatang tetap mendapat perhatian pemerintah,” ujar Udur br Panjaitan

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Toba Samosir/ LAM)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s