Berita Terbaru

850 JUTA DANA PNPM-MP DIKUCURKAN UNTUK KECAMATAN LUMBAN JULU

PNPM Lumban JULU1Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat – Mandiri Perdesaan (PNPM-MP) dinilai telah berhasil memberdayakan masyarakat pedesaan di Kabupaten Toba Samosir untuk menunjukkan partisipasi aktifnya dalam melaksanakan pembangunan yang digagas, dilaksanakan dan diawasi oleh masyarakat itu sendiri. Karena itu, Bupati Toba Samosir, melalui Kabag Humas dan Protokol, Elisber Tambunan menyatakan program ini sangat pantas untuk terus dijaga kesinambungannya. Hal ini diutarakannya di sela-sela kunjungan kerja Bupati Toba Samosir di Desa Hatinggian, Kecamatan Lumban Julu, Selasa (09/04).

PNPM Lumban JULU2Lebih lanjut, dengan memperhatikan manfaat menyeluruh program ini juga, Bupati Pandapotan Kasmin Simanjuntak kembali menyalurkan alokasi anggaran untuk kelanjutan PNPM-MP di kecamatan tersebut. Sebesar 850 juta rupiah dana BLM dan sudah termasuk 5 % dana co-sharing yang dialokasikan pemerintah daerah, secara simbolis diterima langsung oleh Unit Pengelola Kegiatan (UPK) Kecamatan Lumban Julu, untuk selanjutnya dapat dimanfaatkan untuk kelangsungan PNPM-MP di wilayah tersebut untuk Tahun 2013.

Setelah menyerahkan alokasi anggaran tersebut, Bupati Pandapotan Kasmin Simanjuntak juga mengingatkan pelaku-pelaku PNPM-MP tingkat Kecamatan Lumban Julu, yang terdiri dari UPK, Pendamping Lokal dan Badan Kerjasama Antar Desa, untuk lebih giat melaksanakan tugas dan fungsinya sesuai ketentuan peraturan yang berlaku, sehingga kembali manfaat pelaksanaan program tersebut dapat benar-benar dinikmati warga setempat.

PNPM Lumban JULUDisamping menyerahkan alokasi anggaran tersebut, Bupati Pandapotan Kasmin Simanjuntak juga meresmikan pembangunan kegiatan fisik PNPM-MP TA 2012 di kecamatan tersebut, diantaranya kegiatan pengaspalan jalan di Desa Sionggang Selatan berbiaya Rp. 348.697.500,- kegiatan perkerasan jalan di Desa Jonggi Ni Huta berbiaya Rp. 295.849.500,- kegiatan perkerasan jalan sepanjang 1.800 meter di Desa Lintong Julu berbiaya Rp. 349.927.300 dan pembangunan saluran irigasi senilai Rp. 298.354.100,- di Desa Sionggang Utara. Bupati juga meresmikan pembangunan sumur bor sebanyak 3 unit di Desa Hatinggian yang berbiaya Rp. 226.392.600,-.

Dalam kunjungan kerjanya kali ini, Bupati hadir bersama Ketua DPRD Toba Samosir Sahat Panjaitan dan beberapa anggota DPRD Toba Samosir, diantaranya Monang Naiposos dan Togar Manurung. Turut hadir beberapa pimpinan SKPD terkait, diantaranya Kepala Bappeda James Silaban, Kepala BPMPD Labinsar Sirait, Kadis PU Jhon Piter Silalahi, Kadis Tarukim Darlin Sagala, Inspektur Kabupaten Augus Simanjuntak, Camat Lumban Julu Alfaret Manurung dan Kabag Humas dan Protokol Elisber Tambunan. Beberapa tokoh masyarakat setempat juga hadir, seperti Unsal Sirait, WM Manurung dan RW Sinaga.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Toba Samosir)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s