TOBASA SIAP SUKSESKAN SENSUS PERTANIAN 2013

Sensus PertanianTobasaPenyusunan rencana pembangunan yang tepat dan tepat sasaran sangat mempengaruhi keberhasilan pelaksanaan program pembangunan tersebut. Karena itu, diperlukan suatu perencanaan pembangunan dalam berbagai sektor dengan akurat dan terarah sesuai dengan kondisi lingkungan eksternal dan internal pada suatu daerah. Demikian menurut Kabag Humas dan Protokol Setdakab Toba Samosir, Elisber Tambunan, Selasa (09/04) di sela-sela berlangsungnya Sosialisasi Sensus Pertanian Tahun 2013 di Lingkungan Pemkab Toba Samosir di Balige.

Terkait dengan perencanaan pembangunan dimaksud, menurut Elisber lagi, hal ini juga perlu diperhatikan dalam memberhasilkan pembangunan sektor pertanian di Toba Samosir. Dalam penyusunan perencanaan pembangunan pertanian yang tepat sasaran diperlukan berbagai data dan informasi pendukung, sehingga program maupun rencana kerja yang dipersiapkan pemerintah daerah melalui satuan kerja terkait dapat menyentuh kebutuhan masyarakatnya. Karena itulah, untuk memperoleh data dan informasi pendukung sebagai indikator dalam penyusunan perencanaan pembangunan tersebut, dia menilai, Sensus Pertanian yang diselenggarakan Badan Pusat Statistik merupakan momentum yang tepat untuk meremajakan data dan informasi sektor pertanian yang dimiliki saat ini, mengingat sensus serupa sudah cukup lama dilaksanakan, terakhir kali pada Tahun 2003.

St2013
Bupati Toba Samosir, Pandapotan Kasmin Simanjuntak bersama para Camat se- Toba Samosir menghadiri Sosialisasi Sensus Pertanian 2013 di Wilayah Kabupaten Toba Samosir, Selasa (09/04) di Balige.

“Karena itu, untuk memberhasilkan perencanaan pembangunan pertanian di Toba Samosir, kita siap untuk mensukseskan agar Sensus Pertanian 2013 di Toba Samosir”, ujar Juru Bicara Pemkab Toba Samosir ini. Disamping itu menurutnya, melalui sensus ini, akan diperoleh gambaran struktur pertanian yang meliputi populasi usaha pertanian, komoditas pertanian dan penguasaan lahan pertanian di Toba Samosir. Data dan informasi yang berhasil dikumpulkan melalui sensus ini, selanjutnya dapat juga dipergunakan sebagai alat evaluasi pelaksanaan pembangunan sektor pertanian saat ini.

Disebutkannya, dengan luas wilayah daratan sekitar 2.021 km2, Toba Samosir memiliki potensi lahan kering seluas 66.884 Ha, artinya kata Elisber, secara umum, Toba Samosir sangat potensial untuk pengembangan dan peningkatan produktifitas usaha pertanian. Disamping itu, diutarakannya lagi, sebagian besar penduduk di kabupaten toba samosir menggantungkan hidupnya pada sektor pertanian. Karena itu, Pemerintah Kabupaten Toba Samosir terus berupaya mewujudkan pertanian yang maju dan berdaya saing sehingga kesejahteraan para petani tersebut dapat meningkat.

Karena itu,  agar sensus ini dapat berlangsung dengan baik , maka sesuai dengan arahan Bupati Toba Samosir, Pandapotan Kasmin Simanjuntak, dikatakan Elisber, pihaknya telah menginstruksikan para camat se-Kabupaten Toba Samosir untuk memfasilitasi para petugas sensus, dengan data dan informasi sektor pertanian yang meliputi data petani dan usaha pertanian di wilayahnya.

St2013a
Bupati Toba Samosir, Pandapotan Kasmin Simanjuntak bersama para Petugas Pencacah kegiatan Sensus Pertanian 2013 di Wilayah Kabupaten Toba Samosir, Selasa (09/04) di Balige.

Sensus Pertanian ini sendiri kata Elisber, dilaksanakan serentak secara Nasional, dari tanggal 1 Mei hingga 31Mei 2013, dimana para petugas sensus dari BPS, akan langsung mendatangi para petani dan usaha pertanian di tempatnya masing-masing. Untuk terkumpulnya data yang akurat, Elisber mengatakan, melalui para camat juga dihimbau agar warganya dapat memberikan data yang benar-benar dan apa adanya. Dikatakannya lagi, petani dan pemilik usaha pertanian yang dicacah, tidak perlu ragu memberikan data dan informasi yang dimilikinya, mengingat keterangan yang disampaikan tersebut sangat bersifat rahasia dan dilindungi undang-undang.

“Dan perlu diketahui, selama sensus berlangsung, masyarakat tidak dipungut biaya apapun”, tegas Elisber. Jadi, Elisber berharap, dengan penjelasannya tersebut, masyarakat khususnya petani dan pengusaha pertanian di Toba Samosir benar-benar dapat mengetahui maksud dan tujuan sensus tersebut, sehingga masyarakat akan secara sukarela berpartisipasi selama sensus dilakukan.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Toba Samosir)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s