3 SALURAN IRIGASI BERBIAYA HAMPIR 800 JUTA AKAN DIBANGUN DI BALIGE

PNPM Balige2Untuk mendukung tahapan pelaksanaan kegiatan PNPM-MP TA 2013 di Kecamatan Balige, dalam kunjungan kerjanya di Desa Sibuntuon, Kecamatan Balige, Kamis (11/04), Bupati Toba Samosir, Pandapotan Kasmin Simanjuntak, menyerahkan secara langsung Surat Keputusan Pengangkatan Pengurus Unit Pengelola Kegiatan (UPK) Kecamatan Balige, yang terdiri dari  Jonson D. Siahaan sebagai Ketua, Dian Asry Panjaitan sebagai Sekretaris, dan Hotni J. Simanjuntak selaku Bendahara.

Dalam amanatnya, Bupati Pandapotan Kasmin Simanjuntak mengingatkan, agar UPK dan pelaku PNPM-MP lainnya, untuk melaksanakan tugas dan fungsinya, baik sebagai narasumber dan sebagai penggerak sehingga tanggung jawab dalam memberdayakan dan memandirikan masyarakat dapat berhasil guna mengingat PNPM-MP menganut konsep pemberdayaan dalam pengentasan kemiskinan.

Disebutkannya lagi, bahwa selama pelaksanaan PNPM-MP di Kabupaten Toba Samosir telah memberikan dampak yang positif terhadap pembangunan infrastruktur perdesaan. Diakuinya, akses ke desa-desa teriosilir telah banyak dibuka dan pembangunan irigasi telah berhasil meningkatkan produksi hasil pertanian. “PNPM-MP telah meningkatkan kualitas dan kuantitas sarana prasarana sosial dasar dan ekonomi masyarakat desa”, terang Bupati Pandapotan Kasmin Simanjuntak.

PNPM Balige1 (1)Camat Balige, Sahala Siahaan dalam laporannya menyebutkan, sesuai dengan usulan dan prioritas kebutuhan yang disampaikan masyarakat pada Musyawarah Antar Desa (MAD) Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat – Mandiri Perdesaan (PNPM-MP) tingkat Kecamatan Balige, akhirnya alokasi dana BLM (Bantuan Langsung Masyarakat) TA 2013, disepakati akan diperuntukkan untuk membangun saluran irigasi pada 3 (tiga) desa yang berbiaya hampir 800 juta, yakni irigasi Desa Paindoan berbiaya Rp. 257.959.000,-, Desa Lumban Bulbul berbiaya Rp. 213.248.000,- dan Desa Sibuntuon sebesar  Rp. 321.424.000,-.

Disamping itu, menurut Ketua UPK Kecamatan Balige, Jonson D. Siahaan, alokasi BLM tersebut juga akan dipergunakan untuk mendukung permodalan kelompok Simpan Pinjam Perempuan (SPP), yakni SPP Kamboja di Desa Lumban Gaol, SPP Marsiurupan dan SPP Strobery di Kelurahan Pardede Onan.

PNPM BaligeDisamping menyerahkan secara simbolis alokasi dana BLM PNPM-MP TA 20 13, Bupati Pandapotan Kasmin Simanjuntak juga meresmikan beberapa kegiatan fisik PNPM-MP TA 2011 dan TA. 2012. Kegiatan fisik yang diresmikan tersebut, diantaranya pembangunan saluran irigasi Desa Sibuntuon berbiaya Rp. 348.867.000 sepanjang 598 meter dan saluran irigasi Desa Paindoan berbiaya Rp. 251.133.000 sepanjang 701 meter. Sementara kegiatan fisik TA 2012 yang diresmikan meliputi, kegiatan pelebaran jalan sepanjang 1.130 meter di Desa Siboruan berbiaya Rp. 137.527.000,- pembangunan TPT sepanjang 60 meter dan rabat beton sepanjang 120 meter di Desa Siboruon berbiaya Rp. 229.335.000,- pembangunan saluran irigasi sepanjang 950 meter berbiaya Rp. 329.824.000,- di Desa Hutanamora dan pembangunan saluran irigasi sepanjang 456 meter dengan biaya sebesar Rp. 179.630.000,- di Desa Lumban Bulbul.

Disamping dihadiri anggota DPRD Toba Samosir Tony Sakkan Siahaan dan tokoh masyarakat setempat St. Viktor Siahaan, turut mendampingi Bupati dalam kunjungan kerjanya ini, antara lain Kepala Bappeda James Silaban, Inspektur Kabupaten Agus Simanjuntak, Kepala BPMPD Labinsar Sirait, Kadis Tarukim Darlin Sagala, Kakan Ketapang Marsarasi Simanjuntak, Kabag Humas dan Protokol Elisber Tambunan dan Kakan Satpol PP Timbul Sihombing. Juga hadir beberapa kepala desa dan sekretaris desa se-Kecamatan Balige dan warga Desa Sibuntuon, Desa Siboruon dan Desa Lumban Gorat.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Toba Samosir)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s