BONATUA LUNASI TERIMA DANA PNPM-MP SEBESAR 750 JUTA

IMG_4048Bertempat di Desa Lumban Sangkalan Kecamatan Bonatua Lunasi, Jumat (12/04), Bupati Toba Samosir Pandapotan Kasmin Simanjuntak, kembali meresmikan beberapa kegiatan fisik PNPM Mandiri Perdesaan Tahun Anggaran 2012. Yang ditandai dengan pengguntingan pita dan penandatanganan prasasti, dengan disaksikan para Kepala Desa, Tokoh Masyarakat dan para pelaku PNPM Mandiri Perdesaan tingkat Kecamatan Bonatua Lunasi. Pada kesempatan ini secara simbolis Bupati juga menyerahkan Alokasi Anggaran PNPM-MP untuk Tahun Anggaran 2013, untuk selanjutnya dapat dipergunakan.

IMG_4069Adapun kegiatan fisik yang diresmikan diantaranya pembangunan  tembok penahan tanah (TPT) Jalan Desa Lumban Sangkalan sepanjang 992 meter, pembangunan TPT Jalan Desa Nagatimbul Timur sepanjang 1.005 meter selanjutnya pembangunan Irigasi di Desa Silamosik II sepanjang 751 meter, pembangunan Irigasi Desa Nagatimbul sepanjang 350 meter dan pembangunan TPT Jalan Desa Sibadihon sepanjang 954 meter. Dengan total pendanaan sebesar Rp. 1.750.000.000,-.

Dalam amanatnya, Bupati Pandapotan Kasmin Simanjuntak mengatakan peran aktif segenap lapisan masyarakat dalam pembangunan harus diusahakan semakin meluas dan merata baik dalam memikul beban pembangunan, pertanggung jawaban atas pelaksanaan maupun dalam menerima hasil pembangunan. Bupati menambahkan bahwa pembangunan yang dilaksanakan lewat program PNPM-MP telah dengan nyata memberikan perubahan aatara lain : meningkatnya kapasitas masyarakat dan lembaga desa, meningkatnya kualitas dan kuantitas sarana prasarana dan terlembaganya jaringan kemitraaan dalam pembangunan.

Dalam kesempatan ini, Bupati menghimbau agar para pelaku PNPM-MP dalam melaksanakan kegiatan di lapangan agar meningkatkan kerjasama dan dikerjakan dengan sungguh-sungguh, sehingga program ini berhasil memberdayakan masyarakat di Kecamatan Bonatua Lunasi.

IMG_4076Sementara itu Camat Bonatua Lunasi, Tiarma Sinurat, S.Sos dalam laporannya menyebutkan, pada Tahun Anggaran 2012, Kecamatan Bonatua Lunasi mendapat Alokasi Dana PNPM-MP sebesar Rp. 1.750.000.000,- untuk mendanai Kegiatan Fisik (Sarana Prasarana) dan Kegiatan Simpan Pinjam Kelompok Perempuan (SPP). Sedangkan untuk Tahun Anggaran 2013, Camat menambahkan bahwa Kecamatan Bonatua Lunasi mendapat Alokasi Dana PNPM-MP sebesar Rp. 750.000.000,-. Alokasi dana ini dipergunakan untuk pembangunan antara lain : jembatan 1 unit di Desa Partoruan Lumban Lobu, saluran irigasi sepanjang 600 meter di desa Partoruan Lumban Lobu dan TPT Jalan Desa Lumban Sangkalan sepanjang 600 meter. Dengan alokasi dana sekitar enam ratus juta rupiah. Sementara sisanya dialokasikan untuk kegiatan SPP sekitar delapan puluh juta rupiah.

Disamping dihadiri anggota DPRD Toba Samosir Monang Naipospos, turut mendampingi Bupati dalam kunjungan kerjanya ini, antara lain Inspektur Kabupaten Agus Simanjuntak, Kadis PPKKD Thamrin Simanjuntak, Kepala BPMPD Labinsar Sirait, Kadis Tarukim Darlin Sagala, Kakan Ketapang Marsarasi Simanjuntak, Kabag Humas dan Protokol Elisber Tambunan.

(Bagian Humas dan Protokol Setdakab Toba Samosir)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s