HARI PERTAMA UN TINGKAT SMA/ SMK, BUPATI TOBASA LAKUKAN MONITORING

Monitoring UN SMA 02Hari pertama pelaksanaan Ujian Nasional/ UN tingkat SMA/ SMK TP 2012/2013, tidak luput dari perhatian Bupati Toba Samosir, Pandapotan Kasmin Simanjuntak. Karena itu, dengan harapan agar UN tersebut berlangsung dengan baik dan sukses, untuk mengetahui situasi dan kondisi pelaksanaannya, Bupati Pandapotan Kasmin Simanjuntak bersama Uspida Kabupaten Toba Samosir, diantaranya Ketua DPRD Toba Samosir Sahat Panjaitan, Kapolres Toba Samosir AKBP Budi Suherman dan Sekdakab Toba Samosir Liberty Manurung, melakukan peninjauan dan monitoring  pelaksanaan UN tingkat SMA/ SMK, yang sedang berlangsung pada beberapa sekolah di Balige, Senin (15/04).

Selama monitoring berlangsung, Bupati beserta Uspida yang didampingi Kadis Pendidikan Dra. Mariani, MPd, dengan seksama memperhatikan kondisi dan suasana lokasi ujian. Tidak terlepas dari amatan Bupati, kesiapan dan kesigapan para petugas pengawas ujian di setiap lokasi ujian. Hasil monitoring pelaksanaan UN, yang dilaksanakan pada beberapa SMA/ SMK Negeri maupun Swasta di Balige, diantaranya SMA N 1, SMA N 2, dan SMK N 2,  relatif berlangsung dengan baik.

Monitoring UN SMA 04Untuk peserta UN sendiri, Kadis Pendidikan melalui Kabid Kurikulum, Baktiar Sirait menyebutkan, penetapan peserta ujian nasional,  mengacu pada data usulan pengikut ujian nasional yang diajukan oleh sekolah negeri/ swasta yang telah memenuhi syarat ke Dinas Pendidikan Kabupaten Toba Samosir, yang dituangkan dalam Daftar Peserta Ujian Nasional (DPUN). Selanjutnya, dijelaskannya, data tersebut akan diverifikasi oleh Dinas Pendidikan dan hasil verifikasi tersebut akan ditetapkan dan dituangkan dalam Daftar Nominatif Sementara (DNS) peserta Ujian Nasional yang selanjutnya dikirim ke Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara untuk ditetapkan sebagai Daftar Nominasi Tetap (DNT) peserta ujian nasional. “Jadi, peserta UN ini sesuai dengan DNT yang kita peroleh dari Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara”, pungkasnya.

Kabag Humas dan Protokol, Elisber Tambunan di sela-sela berlangsungnya monitoring menyebutkan, UN tingkat SMA/ SMK di Toba Samosir, berlangsung pada 15 SMA Negeri/ swasta dan 18 SMK Negeri/ Swasta. Sementara, untuk jumlah peserta UN, Elisber memaparkan, berdasarkan data yang diperoleh dari Dinas Pendidikan Kabupaten Toba Samosir, untuk peserta UN tingkat SMA sebanyak 2.113 siswa/i, sedangkan peserta UN tingkat SMK berjumlah 1.791 siswa/i. Sedangkan jadwal UN untuk tingkat SMA, disebutkannya, akan berlangsung pada 15 April hingga 18 April 2013, dan untuk tingkat SMK akan dilaksanakan pada 15 April hingga 17 April 2013.

Monitoring UN SMA 07Disebutkannya lagi, untuk teknis pengawasan pelaksanaan ujian, disamping diawasi dari pengawas ujian yang telah dihunjuk, untuk pengamanan naskah soal ujian, lembar jawaban dan lokasi ujian pelaksanaan, juga melibatkan pihak berwajib dari unsur Kepolisian Negara Republik Indonesia Resort Toba Samosir. “Sesuai dengan hasil pengamatan di lapangan, hari pertama UN SMA/SMK TP 2012/2013 di wilayah Toba Samosir, relatif berlangsung tertib dan aman”, pungkas Elisber seraya berharap hingga akhir perlaksanaan, UN tersebut juga akan berlangsung baik.

Di tempat terpisah pada hari yang sama, Tim Monitoring dan Evaluasi Ujian Nasional yang dibentuk Dinas Pendidikan Kabupaten Toba Samosir, juga melakukan hal serupa, dengan meninjau pelaksanaan UN di beberapa sekolah di Kecamatan Porsea, Silaen dan sekitarnya. Tim ini terdiri dari Staf Ahli Bupati dan para Asisten Setdakab Toba Samosir serta para pejabat di lingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Toba Samosir.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Toba Samosir)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s