TP-PKK TOBASA BINA 9 DESA PERCONTOHAN DENGAN 9 KATEGORI

TP PKK SupervisiSetelah melalui tahapan pembinaan/ supervisi, monitoring dan evaluasi, Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Toba Samosir, telah menetapkan 9 (sembilan) desa binaan dengan 9 kategori sebagaimana keputusan dalam rapat koordinasi TP PKK tingkat Provinsi Sumatera Utara beberapa waktu lalu. Hal ini disampaikan Ketua TP-PKK Kabupaten Toba Samosir, Ny. Netty Pandapotan br. Pardosi, Rabu (24/04) di hadapan Tim Supervisi Desa Binaan TP PKK Provinsi Sumatera Utara, di Aula SMKN 1 Balige.

Kepada tim yang hadir, Ny. Netty Pandapotan br Pardosi menerangkan, seluruh desa binaan tadi telah mendapat pembinaan dan pembekalan berupa sosialisasi kriteria dan jenis desa binaan oleh TP PKK Kabupaten bersama instansi terkait. Namun demikian, dengan kehadiran Tim Supervisi tersebut di Toba Samosir, diharapkannya akan dapat memberikan pembinaan dan petunjuk lebih lanjut kepada seluruh desa binaan tersebut, sehingga sasaran yang diharapkan akan tercapai. Tim Supervisi dari tingkat Provinsi Sumatera Utara ini, dipimpin Wakil Ketua IV TP PKK Provsu Ny. Vega Syarifuddin, dengan anggota Ny. Azizah dari Pokja III TP PKK Provsu, Ny. Siti Nurhaida dari Pokja II TP PKK, Provsu, Wakil Sekretaris TP PKK Provsu Nirman Subhan dan Robinson Hutagaol dari Bapemmas Provsu.

Lebih lanjut diuraikannya, kesembilan desa binaan  hasil pembinaan/ supervisi dan evaluasi yang dilakukan TP PKK Kabupaten Toba Samosir bersama Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Kabupaten Toba Samosir, yakni Desa Sionggang Utara Kecamatan Lumban Julu sebagai desa dengan kategori Pelaksana Tertib Administrasi PKK, Desa Parsuratan Kecamatan Balige sebagai Desa Pelaksana Pencegahan Kekerasan dalam Rumah Tangga (PKDRT), dan kategori Pelaksana Kelompok Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) PKK diraih Desa Silamosik I Kecamatan Porsea.

Kemudian, untuk kategori Pelaksana Pemanfaatan Halaman Pekarangan (Hatinya PKK) diraih Desa Naga Timbul Kecamatan Bonatua Lunasi, kategori Pelaksana Pemanfaatan Hasil Tanaman Obat Keluarga (TOGA) diraih Desa Narumonda IV, Kecamatan Siantar Narumonda, dan Desa Pardamean Sibisa Kecamatan Ajibata untuk desa kategori Pelaksana Kesatuan Gerak PKK-KB-Kes. Selanjutnya kategori Desa Pelaksana Posyandu diperoleh Desa Taon Marisi Kecamatan Habinsaran, kategori desa Pelaksana Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) diraih Desa Meranti Utara Kecamatan Pintu Pohan Meranti dan terakhir kategori desa Pelaksana Lingkungan Bersih dan Sehat diraih Desa Tangga Batu Barat Kecamatan Tampahan.

TP PKK Supervisi1Bupati Toba Samosir Pandapotan Kasmin Simanjuntak dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Kepala Badan PM dan PD, Labinsar Sirait mengakui, bahwa pihaknya bersama-sama dengan TP PKK tingkat kabupaten, kecamatan hingga tingkat desa/ kelurahan, telah berusaha dengan sunguh-sungguh dalam mewujudkan kesejahteraan keluarga dan masyarakat dengan gencar melakukan pembinaan di desa-desa. Hal ini, mengingat gerakan PKK merupakan upaya memandirikan masyarakat yang menekankan aspek pemberdayaan melalui 10 Program Pokok PKK yang selaras dengan visi dan misi pemerintah.

Untuk itulah, demi suksesnya program PKK di Toba Samosir, Bupati juga mengamanatkan, agar seluruh instansi terkait, para camat, kepala desa dan seluruh pengurus TP PKK tingkat kabupaten hingga tingkat desa/ kelurahan, untuk terus berupaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang dimiliki melalui berbagai pembekalan dan bimbingan serta dapat mempedomani arahan dan petunjuk sebagaimana disampaikan Tim Supervisi TP-PKK Provinsi Sumatera Utara.

TP PKK Supervisi2Dalam supervisi tersebut, Ny. Vega Syarifuddin menyebutkan, supervisi ini merupakan bagian yang penting dari pembinaan berjenjang yang dilakukan sehingga tercipta kesatuan persepsi dan langkah dalam mencapai tujuan untuk kesuksesan 10 Program Pokok PKK. Maka, diharapkannya, keseluruhan bagian yang tergabung dalam Tim Penggerak PKK dapat bersatu padu dalam menjalankan program kerjanya sebagai mitra pemerintah. Kegiatan supervisi yang dihadiri pengurus dan kader TP PKK tingkat kabupaten, kecamatan, dan desa/ kelurahan ini, juga diisi dengan sesi tanya jawab yang berlangsung dengan interaktif.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Toba Samosir)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s