Berita Terbaru

PERTAMBAHAN FISIK BANGUNAN PNPM-MP, DILAKUKAN BERKAT SWADAYA MASYARAKAT

PNPM Sigumpar2Agar pembangunan yang dilakukan semakin meluas, merata dan menyeluruh, peran serta segenap lapisan masyarakat sangat diperlukan. Salah satu program pemerintah yang dipandang mampu menggerakkan partisipasi masyarakat dengan berbasis pemberdayaan, yakni Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat – Mandiri Perdesaan (PNPM-MP). Hal ini diakui Kabag Humas dan Protokol Setdakab Toba Samosir, Elisber Tambunan di sela-sela kunjungan kerja Bupati Toba Samosir di Dusun Janji Maria, Desa Marsangap, Kecamatan Sigumpar Kabupaten Toba Samosir, Kamis (25/04).

Diterangkannya, dengan partisipasi warga tersebut dapat dibuktikan dengan penambahan fisik bangunan yang dibangun dengan mekanisme PNPM-MP. Salah satunya, pembangunan saluran irigasi TA 2012 di Desa Maju Kecamatan Sigumpar, yang awalnya sesuai rencana anggaran biaya hanya sepanjang 1000 meter, namun dengan dukungan partisipasi dan swadaya warga dapat direalisasikan menjadi 1080 meter. “alokasi dana BLM untuk irigasi ini sebesar Rp. 277.900.000,- namun swadaya masyarakat dapat diperoleh sebesar Rp. 18.308.500, dengan demikian dapat dilakukan pertambahan fisik”, beber juru bicara Pemkab Tobasa ini.

Untuk itulah, Elisber mengatakan, sebagaimana arahan Bupati Pandapotan Kasmin Simanjuntak, masyarakat terus didorong untuk terus memperkuat kelembagaan, sehingga tingkat koordinasi dan fasilitasi pemberdayaan masyarakat dapat lebih dimaksimalkan.

PNPM Sigumpar1Sementara itu, dalam kunjungan kerja kali ini, Bupati Pandapotan Kasmin Simanjuntak melakukan peresmian fisik PNPM-MP TA 2012, yang meliputi pembangunan irigasi Desa Maju. Kemudian meresmikan, pembangunan tembok penahan tanah masing-masing sepanjang 512 meter bernilai Rp. 117.865.300 di Desa Marsangap dan di Desa Situa-tua sepanjang 611 meter senilai Rp. 180.554.700. Peresmian ini ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Bupati Pandapotan Kasmin Simanjuntak, disaksikan Kepala Badan PM dan PD Labinsar Sirait, Camat Sigumpar Arifin Silaen dan Kabag Humas dan Protokol Elisber Tambunan serta masyarakat setempat.

Sehabis meresmikan kegiatan fisik tersebut, untuk keberlangsungan pelaksanaan PNPM-MP di Kecamatan Sigumpar, Bupati juga menyerahkan secara langsung surat keputusan pengangkatan Unit Pengelola Kegiatan (UPK) dan dilanjutkan dengan penyerahan secara simbolis alokasi BLM PNPM-MP TA 2013 untuk kecamatan Sigumpar sebesar Rp. 850.000.000 yang langsung diterima Tim Pengelola Kegiatan dari masing-masing desa yang akan didanai dengan didampingi para kepala desanya.

Dalam arahannya, disamping memberikan apresiasi atas keberhasilan pelaksanan PNPM-MP di tahun-tahun sebelumnya, Bupati Pandapotan Kasmin Simanjuntak kembali mengajak seluruh pelaku PNPM-MP di kecamatan tersebut untuk terus memberikan perhatian dalam mendorong kegiatan pembangunan di wilayah tersebut. “Dengan sikap yang sungguh-sungguh, niat yang tulus serta dengan terus memupuk kebersamaan, kita lakukan pembangunan di Toba Samosir”, ajak Bupati Pandapotan Kasmin Simanjuntak.

PNPM SigumparMomen kunjungan kerja ini, juga dimanfaatkan masyarakat setempat untuk beramah tamah dengan Bupati Pandapotan Kasmin Simanjuntak yang saat itu juga didampingi beberapa pimpinan SKPD. Dalam ramah tamah tersebut, Bupati memberikan kesempatan kepada warga setempat untuk berdialog serta memberikan masukan dan usulan pembangunan di daerah yang mayoritas masyarakatnya tersebut adalah petani. Kesempatan ini mendapat sambutan yang cukup antusias dari masyarakat, dan melalui tokoh masyarakat dan kepala desa, kemudian disampaikan berbagai usulan pembangunan dalam mendongkrak pembangunan di daerah tersebut untuk menjadi prioritas pemerintah daerah ke depannya.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Toba Samosir)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s