HARDIKNAS TAHUN 2013 TINGKAT KABUPATEN TOBASA DIWARNAI PENYERAHAN BERBAGAI PENGHARGAAN

Hardiknas1Ribuan siswa/i SD/SMP/SMA/SMK se-Kabupaten Toba Samosir serta mahasiswa/i Politeknik Del, Akper Arjuna dan lainnya, membanjiri Lapangan Sisingamangaraja XII Balige untuk mengikuti peringatan Hari Pendidikan Nasional (HARDIKNAS) Tahun 2013 tingkat Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) yang dipimpin Bupati Toba Samosir, Pandapotan Kasmin Simanjuntak, Kamis (02/05) di Balige. Hadir juga para tenaga pengajar, kepala sekolah, pengawas sekolah, UPTD Diknas se Tobasa, para pimpinan SKPD, para Camat se-Tobasa dan undangan lainnya.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Bupati Pandapotan Kasmin Simanjuntak, dalam perspektif sosial kemasyarakatan, ada tiga penyakit sosial yang sangat besar dampak negatifnya, yakni kemiskinan, ketidaktahuan dan keterbelakangan peradaban. Agar terhindar dari penyakit tersebut, menurut Mendiknas dapat diatasi dengan pendidikan. Dalam perspektif sosial kemasyarakatan tersebut, pendidikan diibaratkan sebagai vaksin sosial dan elevator sosial yang berpengaruh pada peningkatan status sosial.

Hardiknas2Peringatan yang diawali dengan pelaksanaan upacara bendera ini, kemudian dirangkai dengan penyerahan berbagai piagam penghargaan kepada para siswa/i berprestasi pada Olimpiade Sains Nasiona tingkat Kabupaten Toba Samosir. “Selamat !. Terus tingkatkan minat belajarnya, agar kelak menjadi orang sukses,” kata Bupati Toba Samosir (Tobasa) Pandapotan Kasmin Simanjuntak kepada 45 orang siswa siswi SD, SMP dan SMA penerima piagam penghargaan dan dana pembinaan atas prestasinya pada Lomba Olimpiade Sains Nasional Tingkat Kabupaten Tobasa diberbagai mata pelajaran.

Saat menyerahkan piagam, Ketua DPRD Sahat Panjaitan, Ketua PN Balige Agus Widodo, Ketua TP PKK Ny. Netti Pandapotan Kasmin Simanjuntak boru Pardosi, Sekda Liberty Manurung, Kepala Dinas Pendidikan Mariani MPd,  Kasdim 0210/TU-TS Risa Wilsi, Kapolres diwakili Kapolsek Balige AKP Gibson Siagian, Ketua Dewan Pendidikan Lambaik Manalu, dan beberapa pelaku pendidikan lainnya turut mendampingi Bupati.

Hardiknas4 (2)Siswa-siswi SD Negeri/Swasta penerima piagam penghargaan dan dana pembinaan tersebut sebanyak 6 orang antara lain, untuk Bidang study Matematika, Dionisius T Miando (SD Swt Katolik), Daniel Sihombing, SDN 173524 Balige dan Seven Lumbangaol (SD Swt HKPB). Bidang IPA, Audrey Pardede SDN 173524 Balige, Simon Siboro SD Swt Bonapasogit Sejahtera dan Pernando Panjaitan SDN 173569 Hutanamora. Untuk tingkat SMP, sebanyak 12 orang, untuk 4 bidang studi antara lain Matematika, Fisika, Biologi dan IPS. Sementara siswa siswi tingkat SMA sebanyak 27 orang dengan 9 bidang studi, yakni Matematika, Fisika, Biologi, Kimia, Astronomi, Komputer, Kebumian, Ekonomi dan Geografi.

Hardiknas4Selain kepada siswa-siswa berpretasi, Bupati juga menyerahkan piagam penghargaan bagi 33 lembaga swasta/ pemerintah maupun perorangan yang telah memberikan sumbangsih dalam peningkatan pembangunan pendidikan di daerah itu. Diantaranya, Jenderal (Purn) Luhut B. Panjaitan, Letjen (Purn) DR. TB Silalahi, Prof DR KP Tarnama Sinambela Kusumanagoro, Rekson Sitorus, SH, IKBH Jakarta dan lainnya.

Hardiknas4 (1)Sebelumnya, juga dilakukan penyematan Satya Lencana Karya Satya kepada 209 PNS yang telah mengabdi puluhan tahun kepada negara, terdiri dari 58 penerima Satya Lencana X tahun, 98 orang penerima Satya Lencana XX tahun dan 53 PNS penerima Satya Lencana XXX tahun. Penyerahan ini secara simbolis, disematkan kepada Budiman Siahaan SPd, Harapan Napitupulu, Augus Simanjuntak, Pasno Lingga, Mangitua Sihombing dan Nikson Siringoringo.

Untuk menyemarakkan Peringatan Hari Pendidikan Nasional itu, siswa-siswi SMA Negeri 1 Balige menampilkan tarian tortor, Paduan suara dari SMA Negeri 2 Balige dan marching band dari siswa siswi Yayasan Bonapasogit Sejahtera.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Toba Samosir/ ed)

3 thoughts on “HARDIKNAS TAHUN 2013 TINGKAT KABUPATEN TOBASA DIWARNAI PENYERAHAN BERBAGAI PENGHARGAAN”

  1. Hanya seremonial saja
    Buat Kabag Humas yang baru…tolong perhatikan bantuan sarana dan prasarana untuk jardiknas yang telah ditandatangani oleh beberapa sekolah belum cair sudah hampir 6 bulan…kontraktornya marga siahaan..tolong diperhatikan kalau tidak saya akan beberkan ke pers atau lsm…trima kasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s