Berita Terbaru

TAHUN 2013, PNPM-MPd BANGUN IRIGASI SEPANJANG HAMPIR 2 KM DI LAGUBOTI

PNPM Laguboti1Dengan areal panen padi sawah dan ladang seluas 3.863 Ha dan produksi sekitar 20.391 ton berdasarkan data BPS Toba Samosir tahun 2011, Kecamatan Laguboti memiliki areal pertanian terluas kedua di Kabupaten Toba Samosir (Tobasa). Untuk terus meningkatkan produktifitas komoditi tersebut serta untuk mendorong peningkatan luas areal pertanian, pembenahan infrastruktur di sektor ini terus mendapat perhatian Pemkab Toba Samosir  sebagaimana salah satu misi yang menjadi pilar pembangunan di Tobasa yakni terciptanya pertanian yang maju.

Sesuai skala prioritas kebutuhan masyarakat setempat, setelah melalui mekanisme musyawarah antar desa penetapan usulan (MAD III) sesuai Petunjuk Teknis Operasional Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat-Mandiri Perdesaan (PNPM-MPd), untuk Tahun 2013, pelaku-pelaku PNPM-MP di Kecamatan Laguboti telah menyepakati pembangunan saluran irigasi sepanjang hampir 2 km di wilayah Kecamatan Laguboti. Hal ini disebutkan Camat Robert Gono Hutajulu, S.Sos dalam laporannya kepada Bupati Toba Samosir, Pandapotan Kasmin Simanjuntak, pada peresmian kegiatan fisik PNPM-MP di Kecamatan Laguboti, yang dipusatkan di Lumban Hariara, Desa Sitoluama, Kecamatan Laguboti, Selasa (14/04).

Disebutkannya, irigasi yang akan  dan sedang dibanguntersebut akan tersebar di 3 (tiga) desa, yakni di Desa Ujung Tanduk sepanjang 886 m dengan alokasi dana sebesar Rp. 245.555.000, irigasi di Desa Sibarani Nasampulu sepanjang 500 m senilai Rp, 149.721.000,- dan irigasi sepanjang 600 m berbiaya Rp. 204.363.000,- di Desa Sitoluama. Selain itu, juga akan dibangun tembok penahan tanah sepanjang 500 m di Desa Sibarani Nasampulu senilai Rp. 262.383.000,-. Alokasi dana BLM PNPM-MP untuk Kecamatan Laguboti, sebahagian juga akan dipergunakan untuk pengembangan Simpan Pinjam Perempuan (SPP) sebesar Rp. 159.998.000,-

Dalam kunjungan kerjanya kali ini, Bupati Toba Samosir, Pandapotan Kasmin Simanjuntak, disamping meresmikan kegiatan fisik PNPM-MP Tahun 2012 di Kecamatan Laguboti, juga menyerahkan Surat Keputusan pengangkatan pengurus Unit Pengelola Kegiatan (UPK), yang nantinya diharapkan akan menjadi motor penggerak pemberdayaan masyarakat, sehingga partisipasi warga terus meningkat dalam mensukseskan PNPM-MP di daerah tersebut. Bupati juga memberikan apresiasi, atas kerja keras seluruh pelaku-pelaku PNPM-MP di wilayah tersebut, karena jerih payah yang diwujudkan tersebut telah berkontribusi dalam peningkatan pembangunan di Toba Samosir. “PNPM-MP dapat terlaksana dengan baik di Kecamatan Laguboti, adalah hasil kerjasama dan partisipasi masyarakat, sejak tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengawasan hingga penggunaannya”, ujar Bupati disambut tepuk tangan meriah dari warga setempat.

PNPM LagubotiPada kesempatan itu, Bupati Pandapotan Kasmin Simanjuntak dengan disaksikan Ketua DPRD Tobasa Sahat Panjaitan melakukan penandatanganan prasasti sebagai pertanda diresmikannya kegiatan fisik PNPM-MP Tahun 2012. Kegiatan fisik yang diresmikan tersebut, merupakan pembangunan saluran irigasi pada 4 (empat) desa yakni irigasi Losung Aek, Desa Oppu Raja Hutapea Timur sepanjang 986 m, irigasi Pargiragiraan sepanjang 367 m di Desa Haunatas I, irigasi Losung Batu Desa Sintong Marnipi sepanjang 179 m dan irigasi Lumban Hariara sepanjang 950 m di Desa Sitoluama.

Selanjutnya, secara simbolis, Bupati Pandapotan Kasmin Simanjuntak didampingi Ketua TP PKK Ny. Netty Pandapotan Kasmin br Pardosi dan juga menyerahkan alokasi dana PNPM-MP TA 2013 yang diterima para Tim Pengelola Kegiatan (TPK) didamping para kepala desa masing-masing desa yang mendapat alokasi dana BLM PNPM-MP.

PNPM Laguboti2Dalam amanatnya, Bupati mengingatkan agar dalam pengelolaan dan pelaksanaan PNPM-MP, agar terus meningkatkan tata kelola yang baik sehingga dapat terhindar dari kemungkinan terjadinya penyelewengan pemanfaatan dana BLM yang dialokasikan. Bupati juga mengajak, agar seluruh warga bersama seluruh pelaku-pelaku PNPM-MP di Kecamatan Laguboti, untuk senantiasa memantapkan sistem pengelolaan dan pemeliharaan sarana dan prasarana hasil kegiatan fisik yang telah dilaksanakan, sehingga hasil pembangunan tersebut dapat dimanfaatkan untuk jangka waktu yang lama.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Toba Samosir)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s