HARKITNAS KE 105 TAHUN 2013, MOMENTUM MENGGELORAKAN RASA BANGGA DAN CINTA TANAH AIR

Harkitnas 105Memahami sejarah sama halnya menanamkan etos perjuangan bagi generasi berikutnya. Perjuangan bangsa menjadi negara maju, modern, adil dan sejahtera adalah cita-cita bersama yang mesti diwujudkan. “Untuk itu melalui Harkitnas, mari kita kenang semangat perjuangan the founding fathers. Perjuangan tanpa pamrih mereka yang penuh pengorbanan, kesabaran dan keberanian mengusir penjajah dari bumi pertiwi harus kita pedomani atau teladani,” kata Menteri Komunikasi dan Informatika RI Tifatul Sembiring dalam sambutan tertulisya yang dibacakan Bupati Tobasa Pandapotan Kasmin Simanjuntak pada peringatan puncak Harkitnas Ke 105 tingkat Kabupaten Tobasa, di Lapangan Sisingamangaraja XII Balige, Selasa (21/5).

Menteri menyebutkan, tantangan yang dihadapi abad 21 ini bukan lagi bentuk penjajahan, tapi globalisasi, dimana daya saing dan keunggulan ditengah-tengah ajang kompetisi antar bangsa diuji. karenanya disebutkan momentum Harkitnas harus mampu melecut kembali nilai-nilai kebersamaan sebagai bangsa dalam menghadapi globalisasi, dengan menggelorakan rasa bangsa dan cinta tanah air.

Harkitnas 105b“Generasi muda harus menjadi pejuang dan petarung yang tangguh bagi kejayaan bangsa, karena sesungguhnya kita semua telah mewarisi darah dan jantung para pejuang yang gagah berani melawan musuh penjajah. Tidak ada bangsa yang bisa maju tanpa perjuangan keras. Tidak ada bangsa yang maju tanpa pengorbanan dan Tuhan tidak akan merubah nasib suatu bangsa, kecuali mereka berusaha merubah diri mereka masing-masing,” sebutnya.

Peringatan Harkitnas kali ini berlangsung hikmad. Seluruh pimpinan SKPD, instansi vertikal, BUMN dan BUMD serta utusan siswa-siswi SD/SMP/SMA/SMK, Politeknik DEL dan Yayasan TP Arjuna hadir mengikuti acara tersebut.

Harkitnas 105cSebelum upacara digelar, Bupati Pandapotan Kasmin Simanjuntak, Wakil Bupati Liberty Pasaribu, Ketua TP PKK Ny. Netty Pandapotan boru Pardosi, Wakil Ketua TP PKK Ny. Agustina Liberty br Sibuea beserta Uspida melakukan ziarah Nasional di Taman Makam Pahlawan Bahagia Soposurung Balige. Dalam ziarah yang dipimpin Wakapolres Tobasa Kompol Bernad Panjaitan melakukan peletakan karangan bunga dan penaburan bunga di pusara para pahlawan.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Toba Samosir/ edu)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s