CAMAT SILAEN HIMBAU WARGANYA TANGGAP MUSIBAH KEBAKARAN

Marbulang1
Camat Silaen, Dimposma Sihombing ketika memberikan “boras sipir ni tondi” kepada warganya yang tertimpa musibah kebakaran di Desa Marbulang, Silaen, Selasa (04/06)

Musibah kebakaran yang terjadi baru-baru ini di wilayahnya, menjadi perhatian tersendiri bagi Camat Silaen, Dimposma Sihombing, S.Sos, MAP. Untuk menghindari terjadinya musibah serupa, dia menghimbau warganya untuk tanggap musibah kebakaran yang mungkin terjadi. Dengan prinsip kehati-hatian, khususnya bagi warga yang menggunakan bahan bakar minyak tanah dan gas, diyakini akan mampu meminimalisir terjadinya musibah kebakaran. Demikian disampaikannya ketika berkunjung ke Bagian Humas dan Protokol Setdakab Toba Samosir, Rabu (05/06) di Komplek Perkantoran Simanjalo, Balige.

Penggunaan bahan bakar minyak dan gas untuk kepentingan rumah tangga saat ini, diingatkannya harus dengan kehati-hatian. Sebagai bahan bakar yang mudah terbakar, tentunya cara penggunaannya untuk kebutuhan rumah tangga harus benar-benar dipahami. “misalnya, regulator pipa gas harus benar-benar terpasang dengan benar, sedangkan untuk kompor minyak, harus benar-benar dipadamkan setelah dipergunakan, sehingga tidak sampai meleduk”, ujar Dimposma.

Disamping itu, kata dia, pada beberapa desa di wilayah Kecamatan Silaen, memang masih banyak warganya yang menggunakan kayu bakar untuk kegiatan rumah tangga. Hal ini juga menurutnya untuk tidak luput dari perhatian, karena sisa-sisa penggunaan kayu bakar harus benar-benar dipadamkan. Kondisi iklim saat ini, menurutnya juga sangat berpotensi menyebabkan terjadinya musibah tersebut. Karena itu, kembali dia menghimbau, agar pembukaan lahan-lahan pertanian dan perkebunan melalui pembakaran lahan sebisa mungkin untuk dihindari.

Marbulang2
Para korban kebakaran warga Desa Marbulang, Silaen ditampung sementara di Tenda Darurat BNPB.

Sebagaimana disebutkannya, baru-baru ini telah terjadi musibah kebakaran menimpa 3 (tiga) KK warga Desa Marbulang, Kecamatan Silaen. Penyebab kebakaran yang masih dalam penyelidikan tersebut, menyebabkan 2 (dua) unit rumah warga milik Marojahan Sitorus (45) dan Ny. Midian Sitorus br Aritonang (76) hangus terbakar, sedangkan 1 (satu) unit milik St. Nahason Sitorus (68) harus dirusak untuk menghindari merembetnya kebakaran ke rumah penduduk lainnya. Musibah ini sendiri terjadi tanggal 31 Mei 2013 yang lalu, sekitar pukul 03.00 Wib dinihari. “Setelah mendapat laporan atas musibah ini, saya meminta kepala desa setempat untuk melakukan penanganan langsung untuk membantu para korban”, ujarnya.

Marbulang3
Ketua TP PKK Toba Samosir, Ny. Netty Pandapotan Kasmin Simanjuntak saat memberikan bantuan secara pribadi secara langsung bagi 3 KK korban kebakaran di Desa Marbulang, Kecamatan Silaen, Selasa (04/06)

Dijelaskannya, sebagai langkah awal untuk membantu para korban, kemudian pihaknya mendirikan tenda darurat bagi para korban dibantu Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Toba Samosir. Selanjutnya, Selasa (04/06), Pemkab Tobasa melalui Dinas Sosial telah menyalurkan bantuan kepada para korban. Bantuan yang diserahkan, berupa bahan-bahan sembako, pakaian sekolah dan kain serta barang-barang perlengkapan rumah tangga. Kemudian kata Dimposma, untuk meringankan beban atas musibah yang terjadi, para korban juga mendapat bantuan langsung secara pribadi dari Ketua TP PKK Kabupaten Tobasa, Ny. Netty Pandapotan Kasmin Simanjuntak. “Bantuan tersebut, diserahkan langsung oleh Ketua TP PKK Kabupaten Tobasa kepada para korban”, pungkasnya.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Toba Samosir)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s