Berita Terbaru

PEREKAMAN DATA PNS TOBASA UNTUK PENERBITAN KPE HAMPIR RAMPUNG

KPE1Untuk memaksimalkan pelayanan administrasi kepegawaian di Lingkungan Pemkab Toba Samosir, Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Toba Samosir melakukan pengumpulan data dan validasi data biometrik yang meliputi photo dan sidik jari para pegawai negeri sipil yang nantinya akan dipergunakan pada penerapan Kartu Pegawai Elektronik (KPE). “KPE ini akan memberikan kemudahan bagi PNS dalam mendapat pelayanan pembayaran gaji, layanan asuransi kesehatan (Askes) dan pensiun”, ujar Kabag Humas dan Protokol melalui Kasubbag Pemberitaan, Robintang Sitepu, SAP di sela-sela berlangsungnya perekaman data tersebut, di  Aula SMKN 1 Balige, di Soposurung, Rabu (03/07).

Disamping sebagai pengganti Kartu Pegawai, menurutnya, KPE juga akan bermanfaat untuk memperoleh layanan tabungan perumahan (Taperum), tabungan hari tua dan layanan lainnya. Kemudahan lainnya, KPE juga dapat dipergunakan pada transaksi keuangan/ perbankan. Sementara, untuk layanan pembayaran gaji dan transaksi perbankan, aplikasi penerapan KPE didukung pihak Bank Sumut.

KPE2 (1)Sejak dimulai perekaman biometrik dan pemberkasan aplikasi perbankan melalui Bank Sumut dilakukan, Robintang menyebutkan, pihaknya telah merampungkan proses ini hingga 65 % dari seluruh jumlah PNS yang akan didata. “Sesuai data yang kita peroleh, sejak dimulai pada 27 Juni yang lalu, sudah hampir 3000 PNS yang sudah direkam datanya dan sudah melengkapi formulir bank dari 4.728 orang jumlah PNS di Tobasa,”, ujar Robintang. Proses pengambilan dan validasi biometrik ini sendiri akan berakhir pada 5 Juli mendatang, dah pihaknya optimis proses ini akan rampung pada saat itu.

Diterangkannya lagi, untuk mempermudah proses perekaman data PNS hingga ke seluruh kecamatan, sebelumnya sudah disampaikan Surat Edaran Bupati Toba Samosir pada tanggal 29 Mei lalu tentang penerapan KPE dan jadwal pengambilan dan validasi biometrik.  Untuk SKPD Kecamatan dan UPTD di kecamatan di luar Kota Balige, disebutkannya, tim pengambilan data dan validasi biometrik yang dibagi dalam beberapa tim langsung turun ke lokasi sesuai jadwal yang telah ditentukan. “Tim ini terdiri dari BKD Tobasa, pihak PT Sucofindo dan pihak PT Bank Sumut”, urainya.

Selama perekaman berlangsung, Robintang menyebutkan, para PNS diminta untuk membawa kelengkapan berkas berupa photo copy SK CPNS, SK Konversi NIP dan KTP yang berlaku. Disamping itu katanya, untuk pengambilan photo, PNS diwajibkan mengenakan Pakaian Dinas Harian lengkap dengan atributnya.

KPE2 (2)Lebih lanjut ditambahkannya, selama proses perekaman tersebut, agar tidak mengganggu tugas-tugas pelayanan kepada masyarakat maupun tugas pokok dan fungsi lainnya, disebutkan, Bupati telah menginstruksikan kepada seluruh pimpinan SKPD untuk mengatur sedemikian rupa waktu para PNS yang ditugaskan mengikuti proses ini secara bergiliran pada masing-masing jajarannya, sehingga pelaksanaan tugas dan tanggung jawab satuan kerja tersebut tidak terbengkalai. “Selama perekaman berlangsung, kita suda antisipasi agar tidak sampai menggangu pelayanan publik yang diselenggarakan”, pungkasnya.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Toba Samosir)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s