KOORDINATOR PROVINSI USAID : “TOBASA MEMILIKI KOMITMEN MEMAJUKAN DUNIA PENDIDIKAN”

USAID1Koordinator Provinsi United States Agency International Development/ USAID Prioritas Sumut, Agus Marwan, menilai Kabupaten Toba Samosir memiliki komitmen terhadap kemajuan dan pengembangan dunia pendidikan di wilayahnya. Hal inilah menurutnya, salah satu alasan yang melatarbelakangi pihaknya untuk memilih Kabupaten Toba Samosir sebagai salah satu kandidat mitra pelaksana program USAID Prioritas. “Kepedulian daerah ini terhadap Dunia Pendidikan merupakan indikator bagi kami dalam memilih mitra USAID Prioritas”, kata Agus di Aula Rumah Dinas Bupati Toba Samosir di Balige, Kamis (04/07).

Diterangkannya lagi, program USAID Prioritas merupakan program yang menekankan peningkatan kualitas pembelajaran, tata kelola dan manajemen, serta keterkaitan dan keselarasan kebijakan pendidikan. Karena itu, sebelum menetapkan daerah mitra pelaksana USAID Prioritas, pihaknya juga melakukan sosialisasi program dan meninjau lokasi sekolah-sekolah kandidat mitra.

Wakil Bupati Toba Samosir, Liberty Pasaribu, menyambut baik program USAID Prioritas ini, karena telah mendukung salah satu misi Pemkab Toba Samosir dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia. “Terima kasih atas perhatian USAID Prioritas, dan kami berharap program ini dapat berjalan di Toba Samosir”, ujar Liberty. Menurutnya lagi, sektor pendidikan merupakan salah satu sektor yang sangat penting dalam pembangunan Toba Samosir, karena melalui sektor pendidikan taraf hidup dapat terdongkrak. Untuk itu, Wabup Liberty Pasaribu langsung menginstruksikan jajarannya, khususnya Kadis Pendidikan dan para kepala sekolah agar benar-benar dapat menindaklanjuti program ini sehingga dapat terlaksana di Toba Samosir

Sementara Kadis Pendidikan, Dra Mariani menyatakan kesiapan pihaknya, apabila nantinya program ini dapat terealisasi di Toba Samosir. Sebelumnya, Mariani melakukan pemaparan seputar gambaran umum kondisi dan perkembangan dunia pendidikan di Toba Samosir yang menjadi tanggung jawab instansi yang dipimpinnya. Mariani meyakini dengan dukungan program USAID Prioritas, pengembangan dunia pendidikan, khususnya pada pengembangan mutu pendidikan di Toba Samosir dapat lebih maksimal dilakukan. Menurutnya lagi, dengan USAID Prioritas, kompetensi para tenaga pendidik juga dapat lebih ditingkatkan, sehingga sesuai dengan standart kapasitas tenaga pendidik yang diharapkan.

USAID2Selepas sosialisasi program USAID Prioritas oleh Tim Koordinator Provinsi, Wabup Liberty Pasaribu menyerahkan cenderamata berupa “ulos” kepada Tim dan selanjutnya memerintahkan Asisten Pemerintahan Wasir Simanjuntak dan Kadis Pendidikan Mariani, MPd, untuk mendampingi Tim tersebut dalam melakukan kunjungan ke beberapa sekolah SD, SMP dan SMA/SMK sederajat, untuk melihat dan mengetahui kondisi lingkungan sekolah dan proses belajar mengajar.

USAID3Dalam kunjungannya di SMP N 4 Balige, Tim Koordinasi USAID Prioritas, disamping meninjau lokasi ruangan belajar dan kondisi pekarangan sekolah, kondisi sarana dan prasarana pendidikan juga tidak luput dari amatan Tim. Tim yang dipimpin Agus Marwan didampingi Agus Prayitno sebagai World School Developement Specialist, juga melakukan dialog interaktif dengan para tenaga pendidik di sekolah tersebut dipimpin Kepala Sekolah SMPN 4 Marice Pardede.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Toba Samosir)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s