MENKES RI DR. NAFSIAH MBOI SP.A MPH BERI VAKSIN POLIO DI PUSKESMAS SOPOSURUNG BALIGE

Menkes1

Menteri Kesehatan Republik Indonesia dr. Nafsiah Mboi Sp.A MPH didampingi mantan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara Letjen TNI (Purn) DR. T. B. Silalahi, Gubernur Sulawesi Selatan Drs. Sinyo Harry Sarundajang mengunjungi Puskesmas Soposurung Kecamatan Balige Kabupaten Tobasa, Jumat (5/7).

Pada kunjungan tersebut, Menteri Kesehatan menyerahkan bantuan peralatan secara simbolis kepada Wakil Bupati Liberty Pasaribu didampingi Sekda Liberty Manurung dan Kepala Dinas Kesehatan dr. Rajaipan Sinurat untuk mendukung pelayanan kesehatan di wilayah Pemerintah setempat. Bantuan itu berupa Posbindu Kit 1 set, Keramik Filter 5 set, Jumantik Kit dan Media KIE 1 set, Pusling double gradan untuk 4 Puskesmas, Pusling Darat Single Gandan untuk 8 Puskesmas, Dental Kit untuk 5 Puskesmas, Alat Laboratorium untuk 8 Puskesmas, Poliklinik Set untuk 19 Puskesmas, Pnonet Set untuk 3 Puskesmas, Pembangunan Pustu, Posbindu dan Poskesdes serta Rehab Rumah Dinas Tenaga Medis.

Menkes2Sebelumnya Menteri Kesehatan dr. Nafsiah Mboi Sp.A MPH bersama rombongan tiba di Bandara Silangit Kabupaten Tapanuli Utara (Taput) sekitar pukul 11.00 Wib. Disana Menteri langsung disambut Wakil Bupati Tobasa Liberty Pasaribu SH M.Si, Sekda Liberty Manurung MM Biztel, Kepala Dinas Kesehatan dr. Rajaipan Sinurat dan sejumlah Tobasa lainnya. Turut juga menyambut Bupati Kabupaten Taput Torang Lumban Tobing bersama Ibu. Dari Silangit rombongan langsung menuju objek wisata Hutaginjang Kecamatan Siborong-Borong Kabupaten Taput untuk menikmati sejenak keindahan panorama alam lingkungan Danau Toba yang dipandu langsung Bupati Taput Torang Lumban Tobing.

Menkes3Usai dari Hutaginjang, Menteri Kesehatan mengunjungi Museum Batak TB Silalahi Center di Pagarbatu, dipandu Letjen TNI (Purn) TB Silalahi dan disana mereka rehat dan makan siang bersama. Selanjutnya Menteri mengunjungi Puskesmas Soposurung Balige dan disambut para Kepala Puskesmas, dokter dan tenaga medis lainnya dilingkungan Dinas Kesehatan Tobasa yang ditandai penyerahan bunga pangku oleh 2 orang tenaga medis.

Menkes4Kunjungan Menteri Kesehatan dr. Nafsiah Mboi Sp.A MPH di Puskemas Soposurung hanya sekitar 45 menit, begitu penyambutan, Menteri langsung menyerahkan bantuan peralatan kesehatan secara simbolik kepada Wakil Bupati Liberty Pasaribu, dan sebagai ucapan terimakasih pemerintah setempat, Liberty Pasaribu didampingi Sekda Liberty Manurung dan Kepala Dinas Kesehatan dr. Rajaipan Sinurat memberikan cendramata berupa ulos kepada Menteri Kesehatan dr. Nafsiah Mboi Sp.A MPH.

Setelah itu, TB Silalahi memaparkan secara singkat sejarah Puskesmas Soposurung. Dikatakannya Puskesmas itu dibangun tahun 1993, dengan dana pribadinya. Waktu itu Tobasa masih wilayah Kabupaten Tapanuli Utara. Karenanya sebut TB, Kepala Puskesmas pertama ditempatkan disana adalah dr. Herty Silalahi. “Dan puskesmas ini sudah pernah mendapat award sebagai puskesmas terbaik di Indonesia, pada masa pemerintah Presiden Soeharto. Namun setelah diserahkan ke Pemerintah Kabupaten Tobasa, beginilah keadaannya,” ujar TB Silalahi.

Menkes5Selain menyerahkan peralatan, dr. Nafsiah Mboi Sp.A MPH juga melakukan vaksinasi polio kepada sejumlah balita, menyaksikan pemeriksaan kesehatan Wakil Bupati dan TB Silalahi oleh Kader Posyandu dan memberikan penjelasan akan dampak dari tensi, kadar gula, klosterol dan asam urat yang tinggi terhadap kesehatan seseorang serta berat badan yang berlebih.

Terpisah, Kepala Dinas Kesehatan dr Rajaipan Sinurat menyatakan pihaknya sangat bangga dan berterimakasih kepada Menteri Kesehatan karena telah bersedia mengunjungi dan memberikan bantuan peralatan kesehatan kepada Tobasa.“Kami sangat berterimakasih kepada Menteri karena telah bersedia mengunjungi serta memberi bantuan peralatan kesehatan kepada Tobasa dan ini adalah suatu bukti bahwa pemerintah Pusat peduli terhadap Tobasa. Bukan saja itu, kehadiran ini juga akan menjadi motivasi bagi kami untuk meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat,” ujarnya singkat.

(#Eduard Sibuea, Hr. Sumut24 – Humas dan Protokol Tobasa)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s