BUPATI TOBASA : “PERS SANGAT BERPERAN DALAM MENDUKUNG KEBERHASILAN PEMBANGUNAN”

LWI1 (1)Bupati Toba Samosir (Tobasa), Pandapotan Kasmin Simanjuntak mengatakan, insan pers sangat berperan dalam mendukung keberhasilan pembangunan melalui informasi yang disajikan. Menurutnya, hal ini disebabkan kualitas informasi yang diperoleh masyarakat sebagaimana disajikan insan pers, sangat mempengaruhi opini dan sikap masyarakat terhadap gerakan pembangunan. Hal ini disampaikan dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Asisten Pemerintahan, Wasir Simanjuntak, pada Pelantikan Pengurus Dewan Pimpinan Cabang Lembaga Wartawan Indonesia (DPC-LWI) Kabupaten Toba Samosir di Gedung Serbaguna Mini HKBP, Balige, Rabu (11/07).

Karena itu, lebih lanjut disebutkan, untuk mendukung peranan insan pers tersebut, Pemerintah Kabupaten Toba Samosir berusaha memenuhi amanat Undang-Undang Nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik, dengan berusaha lebih terbuka melayani permintaan informasi, baik oleh insan pers maupun publik.

Khusus kepada pengurus dan anggota DPC LWI Tobasa yang baru dilantik, Bupati mengajak agar para jurnalis yang tergabung didalamnya, dapat menyajikan informasi yang berkualitas yang mampu mencerdaskan masyarakat Tobasa. Namun demikian, para insan pers tersebut tetap diharapkan dapat menjunjung tanggung jawab profesi, netralitas, etika dan norma yang berlaku tanpa meninggalkan jiwa kritis yang membangun.

Kajari Balige, Harly Siregar, sekaligus salah satu Dewan Pelindung DPC LWI Tobasa, meminta  DPC LWI Tobasa untuk mampu membangun jati diri insan pers yang memiliki kapabilitas dengan memberikan kontribusi yang positif terhadap pembangunan di Tobasa. Diingatkannya juga, agar DPC LWI Tobasa mampu menjungjung tinggi kebebasan pers yang bertanggung jawab.

LWI1 (2)Selepas melantik pengurus DPC LWI Tobasa, Ketua DPD LWI Provinsi Sumatera Utara, Osriel Limbong, mengamanatkan, agar insan pers yang tergabung pada DPC LWI Tobasa untuk terus mengedepankan independensi dan profesionalitas. DPC LWI Tobasa juga diinstruksikan untuk memberi kebenaran terhadap pemberitaan dengan menjadi pewarta yang benar. “DPC LWI Toba Samosir, hari ini dan kedepan menjadi pewarta yang beretika dan profesional dan membela kepentingan masyarakat”, urai Osriel.

Ketua DPC LWI Toba Samosir, Maruli Sinaga dalam pidatonya menyebutkan, DPC LWI Toba Samosir akan mendukung program pembangunan yang diusung Pemkab Toba Samosir. Karena itu, kepada seluruh anggota DPC LWI Toba Samosir diamanatkan untuk terus memupuk kebersamaan dan keterbukaan. “Mari bekerja secara profesional, tanpa menyakiti dan bekerja sesuai aturan”, ajak Maruli.

LWI3Sebelum dilantik, pengurus DPC LWI Tobasa juga menggelar kegiatan Bhakti Sosial di Panti Karya Hephata, Laguboti. Pengurus DPD dan DPC LWI Tobasa menyerahkan bantuan berupa bahan-bahan kebutuhan pokok, seperti beras, mie instan, minyak goreng dan sejenisnya. Sekretaris DPC LWI Tobasa, Dedy Tambunan menyebutkan, kegiatan ini dilakukan, karena pihaknya berupaya memberikan nuansa yang baru akan peranan insan pers, yakni berupaya berbagi kasih dengan pihak-pihak yang kurang beruntung, salah satunya dengan mengunjungi panti tersebut.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Toba Samosir)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s