Berita Terbaru

DENGAN PENUH KEAKRABAN, JAJARAN POLRES TOBASA GELAR BUKA PUASA BERSAMA

Buka Puasa1Melalui ibadah puasa, dapat menjaga kesehatan dan menyucikan jiwa dan raga karena menjauhkan diri dari perbuatan yang jahat. Kerena itu,  selama bulan suci Ramadhan, kaum muslimin dan muslimat yang menunaikan ibadah puasa dapat melakukannya dengan tekun. “Berpuasalah bukan karena ikut-ikutan, tapi benar-benar karena didasari ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa”, ujar Bupati Toba Samosir (Tobasa), Pandapotan Kasmin Simanjuntak.

Hal ini disampaikannya saat menghadiri Buka Puasa bersama jajaran Polres Tobasa, di Aula Harungguan, Mapolres Tobasa, Kamis (25/07) di Porsea. Buka puasa bersama yang diselenggarakan Keluarga Besar Polres Tobasa ini, juga dihadiri Forum Komunikasi Pimpinan Daera Toba Samosir, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda dan masyarakat setempat.

Selanjutnya, kepada umat yang berpuasa, Bupati menghimbau agar dapat menghadapi setiap godaan dan tantangan yang ada dengan penuh kesabaran, karena keberhasilan melewati hambatan akan membawa kemenangan. Sementara, bagi masyarakat yang tidak menjalankan ibadah puasa, dihimbaunya, untuk dapat membatasi diri, dengan tidak melakukan hal-hal yang dapat menghalangi atau menggangu niat baik umat yang sedang berpuasa. “Toleransi umat beragama yang selama ini terjaga dengan baik, hendaklah dipertahankan dan ditingkatkan”, kata Bupati Pandapotan Kasmin Simanjuntak.

Buka Puasa2Sebagaimana tema “Melalui Buka Puasa Bersama, Polres Tobasa menjalin kemitraan dengan masyarakat untuk mewujudkan Sinergitas dan Pelayanan Prima”, Kapolres Tobasa, M. Edy Faryadi, SH, Sik, MH mengatakan, pihaknya berharap momentum tersebut akan dapat memupuk keakraban dan kebersamaan dengan seluruh elemen masyarakat. “Tidak ada batasan bagi kami untuk semua masyarakat kami yang ada di Tobasa”, imbuh Kapolres yang baru menjabat Kapolres Tobasa selama hampir dua bulan ini.

Sementara, Ketua MUI Tobasa, Ustad Drs. Johari Samosir dalam tausiahnya sebelum berbuka puasa, menyebutkan agar para kaum muslimin dan muslimat yang menjalankan ibada puasa dapat menghadapai tantangan selama bulan suci Ramadhan yang disebutnya dengan istilah Pelita (Peduli Lima Tantangan). Kelima tantangan yang harus dapat dihadapi tersebut menurutnya, manusia yang mampu merubah sifat serakah, sifat angkuh, sifat dendam, iri dan berburuk sangka.

Buka Puasa3Acara buka puasa ini juga diisi dengan pembacaan kitab suci Al-Quran, juga dihadiri Wabup Tobasa, Liberty Pasaribu, Kajari Balige Harly Siregar, Sekdakab Tobasa Liberty Manurung, para pimpinan SKPD dan para camat serta para pihak swasta. Acara diakhiri dengan makan bersama dengan seluruh hadirin dan undangan yang hadir serta anak-anak dari panti asuhan.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Toba Samosir)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s