BUPATI TOBASA : “INFORMASI BERKUALITAS AKAN MENCERDASKAN MASYARAKAT”

HIPSI1Bupati Toba Samosir, Pandapotan Kasmin Simanjuntak menyebutkan, opini dan sikap masyarakat terhadap gerakan pembangunan, sangat dipengaruhi oleh kualitas informasi yang disajikan para jurnalis. Hal ini menurutnya, telah menempatkan insan pers dalam posisi yang sangat strategis, yakni sebagai sosial kontrol. Disamping itu,  katanya, insan pers berperan melaksanakan fungsi informatif, pendidikan dan hiburan kepada masyarakat. Memperhatikan peranan dan fungsi mulia ini, Bupati mengatakan pihaknya, menyambut baik kehadiran para insan pers yang meliput di wilayah Kabupaten Toba Samosir.

“Menyajikan informasi yang berkualitas dan seimbang, akan mencerdaskan masyarakat Toba Samosir”, ujar Bupati Kasmin Simanjuntak.  Ini diutarakan dalam sambutannya pada pelantikan Pengurus Dewan Pimpinan Cabang Himpunan Insan Pers Seluruh Indonesia (DPC HIPSI) Kabupaten Toba Samosir di Gedung Mini Aula Serbaguna HKBP Balige, Jumat (02/08) di Balige. Lebih lanjut dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Kepala Badan Kesatuan Bangsa, Politik dan Perlindungan Masyarakat, Edward R. Tampubolon, SE tersebut, Bupati juga mengharapkan agar insan pers bersama pemerintah dapat berkomitmen untuk mendukung pembangunan dengan semangat jurnalis yang bertanggung jawab.

Selain menyambut baik kehadiran DPC HIPSI Tobasa di tengah-tengah berbagai organisasi wartawan lainnya, Bupati juga mengajak DPC HIPSI Tobasa untuk dapat bersama-sama pemerintah daerah menyajikan informasi yang berkualitas, berimbang dan bertanggung jawab. Bupati juga berpesan, kiranya dalam menjalankan tanggung jawab profesinya, agar insan pers tetap memperhatikan Kode Etik Jurnalis dan UU Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers.

HIPSI3Senada dengan Bupati, Ketua Dewan Penasehat DPP HIPSI Pusat, B. Panjaitan dalam amanatnya menghimbau, agar insan pers yang tergabung dalam DPC HIPSI Tobasa, dapat bekerja secara profesional sesuai Kode Etik Jurnalistik yang ditetapkan Dewan Pers. Panjaitan sebelumnya juga memaparkan latar belakang terbentuknya HIPSI. Mewakili Tokoh Masyarakat, Sahala Tampubolon yang  juga Bupati Pertama Tobasa mengharapkan, keberadaan DPC HIPSI Tobasa akan menjadi wadah saling bertukar pikiran sesama insan pers sehingga peningkatan kapasitas dapat terwujud, dan agar dalam menjalankan tugas jurnalistik untuk senantiasa mengedepankan pemberitaan yang aktual.

Pelantikan DPC HIPSI Tobasa ditandai dengan pembacaan Surat Keputusan DPD HIPSI Sumut tentang Pengangkatan Susunan Pengurus DPC HIPSI Tobasa oleh Sekretaris DPD HIPSI Ir. Haris Sipahutar, dan dilanjutkan dengan penyerahan pataka HIPSI oleh Ketua DPD HIPSI Syafruddin kepada Ketua DPC HIPSI Tobasa Mangarti Galingging. Susunan Pengurus ini, diantaranya terdiri dari  Mangarti Galingging selaku Ketua DPC HIPSI Tobasa, Jimmi Sitinjak sebagai Sekretaris dan Abdi Saragi sebagai Bendahara.

HIPSI2Dalam pidatonya, Ketua DPC HIPSI Tobasa, Mangarti Galingging menyebutkan, keberadaan DPC HIPSI Tobasa diharapkan akan dapat memupuk kebersamaan dan solidaritas seluruh wartawan. Menurutnya, dengan kebersamaan tersebut, integritas profesi wartawan dapat terpelihara dengan baik. Dikatakannya juga, pihaknya akan berupaya menjalin kemitraan dengan pihak pemerintah, dengan mendukung program pemerintah untuk mengelola dan memberdayakan sumber daya yang cukup potensial tersebar di wilayah Tobasa. Pihaknya juga berjanji akan berupaya untuk memberikan pencerahan kepada publik

Kedepan, Mangarti menyebutkan, DPC HIPSI Tobasa juga tengah menyiapkan berbagai program jangka pendek dan jangka panjang, salah satunya dengan merencanakan pelatihan kapasitas jurnalistik terhadap pengurus dan anggota guna memperkaya pengetahuan dan ketrampilan dalam penyajian berita secara aktual dan berimbang.

Acara pelantikan ini diakhir dengan acara ramah tamah pengurus dan anggota DPC, DPD dan DPP HIPSI dengan seluruh undangan dan hadirin yang hadir. Selama ramah tamah berlangsung, panitia juga menyediakan hidangan santap bersama serta hiburan.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Tobasa)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s