BUPATI TOBASA: “KEPALA DESA HARUS MELAYANI SELURUH LAPISAN MASYARAKATNYA”

4kADES1“Seorang kepala desa bukan lagi untuk dilayani, melainkan untuk melayani seluruh lapisan masyarakat”, sebut Bupati Toba Samosir, Pandapotan Kasmin Simanjuntak dalam amanatnya kepada 4 (empat) kepala desa (kades) yang baru dilantik dan diambil sumpahnya di Aula SMK N 1 Balige, Kamis (15/08) di Balige.  Ke-4 kepala desa yang dilantik dan diambil sumpahnya tersebut, adalah Tunggul Sibuea sebagai Kades Pangombusan, Kecamatan Parmaksian, Israel Sitorus sebagai Kades Naga Timbul, Kecamatan Bonatua Lunasi, Ricardo Hasudungan Tampubolon sebagai Kades Sariburaja Janji Maria, Kecamatan Balige dan Tupan Hutagaol sebagai Kepala Desa Meranti Utara, Kecamatan Pintu Pohan Meranti.

Sebelum mengambil sumpah jabatan para kepala desa tersebut,  Bupati juga mengingatkan para pejabat tersebut, untuk dapat mengemban tugas dan tanggung jawabnya sebaik-baiknya, karena sumpah tersebut mengandung tanggung jawab terhadap bangsa dan negara Republik Indonesia, tanggung jawab memelihara dan menyelamatkan Pancasila dan UUD 1945 serta tanggung jawab secara khusus atas kesejahteraan dan pengayoman rakyat.

Lebih lanjut menurutnya, mengingat pemerintahan desa sebagai kesatuan pemerintahan yang terkecil dan yang terdekat, diharapkankannya dapat berperan secara maksimal dalam meningkatkan pelayanan dan pemberdayaan masyarakat. Sebagai ujung tombak penyelenggara pemerintahan, para kepala desa tersebut juga diingatkan untuk dapat menghayati dan mengamalkan sumpah dan janji jabatannya dengan melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Terkait dengan pemilihan legislatif dan pemilihan presiden dalam waktu dekat, Bupati mengingatkan para kepala desa tersebut untuk bersikap netral dan tidak terlibat dalam salah satu partai politik.

4kADES2Dijelaskannya, untuk mempercepat proses pembangunan, para kepala desa tersebut diharapkan dapat menggalang 3 (tiga) komponen utama, yakni unsur pemerintah, dunia usaha dan masyarakat. Sebagai satu kesatuan yang utuh, para kepala desa tersebut dapat mensinergikan ke-3 kompenen tersebut untuk meningkatkan kualitas berbagai aspek kehidupan masyarakat. “Cita-cita ini merupakan tekad dan komitmen kita bersama, sehingga Toba Samosir yang dilandasi kasih, perduli dan bermartabat dapat terwujud”, pungkas Bupati.

Sekedar informasi, para kepala desa yang dilantik ini merupakan kepala desa hasil pemilihan langsung yang diselenggarakan di masing-masing desa untuk masa bhakti 6 tahun ke depan, untuk menggantikan para kepala desa yang mengundurkan diri, karena mencalonkan sebaga calon legislatif pada berbagai partai politik.

4kADES3Masih di tempat yang sama, selepas acara pelantikan, beberapa tokoh masyarakat Desa Naga Timbul, Kecamatan Parmaksian diwakili JMP Sitorus,  menyerahkan secara simbolis sebidang tanah kepada Pemkab Toba Samosir yang diterima langsung oleh Bupati Pandapotan Kasmin Simanjuntak serta disaksikan Camat Parmaksian Tiarma Sinurat. JMP Sitorus menyebutkan, penyerahan tanah secara cuma-cuma ini, sebagai bukti partisipatif warga dalam mendukung suksesnya penyelenggaraan pemerintahan desa yang efektif. Diharapkan, tanah tersebut akan dapat dimanfaatkan untuk pembangunan sarana – prasarana pemerintahan desa, seperti kantor desa.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Toba Samosir)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s