KARNAVAL MERIAHKAN PERINGATAN HUT RI KE-68 DI TOBA SAMOSIR

IMG_9568Berbagai rangkaian kegiatan telah dilaksanakan untuk memeriahkan peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke-68 tingkat Kabupaten Toba Samosir. Setelah menggelar upacara bendera peringatan detik-detik proklamasi, Bupati Toba Samosir Pandapotan Kasmin Simanjuntak beserta isteri, Wakil Bupati Liberty Pasaribu beserta isteri bersama rombongan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, menerima rombongan karnaval peserta upacara di tribun kehormatan di Jl. SM Raja, Balige (17/08).

Berbagai kemeriahan dan atraksi diperlihatkan peserta selama karnaval berlangsung. Pemandangan ini berhasil menyita perhatian warga sekitar untuk turut menyaksikan jalannya karnaval. Bergantian kesatuan barisan pelajar SD/SMP/SMA/SMK, PNS/TNI/POLRI, Ormas/ Parpol dan kesatuan barisan lainnya diterima Bupati Pandapotan Kasmin Simanjuntak di tribun kehormatan. Atraksi marching band, atraksi kungfu dan pertunjukan para anak-anak PAUD/ TK menjadi salah satu bagian yang sangat menarik selama karnaval berlangsung.

IMG_9593Dalam karnal tersebut, juga tampak berbagai kendaraan hias para siswa/i yang dengan teratur melintas di tribun kehormatan. Berbagai hasil bumi dan identitas kebhinekaan suka, agama dan profesi juga diperlihatkan para peserta karnaval. Turut juga ditaampilkan dalam karnaval ini, atraksi uning-uningan dan gondang (alat musik khas Batak-red) yang dibawakan pelajar SMA/SMK di Balige.

IMG_9516Sebelumnya, sekitar pukul 10.00 Wib, bertempat di Lapangan Sisingamangaraja XII, Balige, rangkaian upacara detik-detik Proklamasi telah dilangsungkan dengan sederhana dan penuh hikmat. Pembacaan teks Proklamasi Kemerdekaan RI oleh Ketua DPRD Toba Samosir Sahat Panjaitan. Sebelum pembacaan teks Proklamasi, juga terdengar dentuman tembakan salvo ke udara dan raungan sirene untuk mengiringi pembacaan naskah yang menjadi tonggak kemerdekaan bagi Bangsa Indonesia. Sementara itu, tidak lupa untuk mengenang pengorbanan dan perjuangan para pendahulu bangsa ini dalam merebut kemerdekaan, Inspektur Upacara Pandapotan Kasmin Simanjuntak mengajak seluruh peserta upacara untuk mengheningkan cipta sejenak.

Dilanjutkan dengan pasukan pengibar bendera (Paskibra) yang terpilih dari siswa/i SMA/SMK di Kabupaten Toba Samosir mengisi acara dengan mengibarkan sang merah putih dipimpin langsung Komandan Upacara. Selama proses pengibaran bendera, terlihat para kesatuan upacara (barisan peserta upacara-red) sangat antusias mengikuti detik demi detik proses pengibaran bendera ini. Kesatuan upacara yang mengikuti upacara ini terdiri dari kesatuan upacara siswa/i TK/PAUD, SD, SLTP, SMA/SMK, Mahasiswa, TNI/Polri dan OKP/Ormas,

PEMBERIAN REMISI

RemisiSebelum upacara detik-detik Proklamasi berlangsung, Rabu (17/08) sekitar pukul 08.00 Wib, Bupati Toba Samosir Pandapotan Kasmin Simanjuntak dan Wakil Bupati Liberty Pasaribu beserta Forum Komunikasi Pimpinan Daerah dan rombongan lainnya melangsungkan upacara pemberian remisi kepada warga binaan Rumah Tahanan (Rutan) Kelas B Balige di halaman Rutan Balige, Sabtu (17/08). Melalui upacara singkat di Rutan Balige, Bupati Toba Samosir membacakan sambutan tertulis Menteri Hukum dan HAM RI atas pemberian remisi kepada warga binaan rutan, sekaligus menyerahkan secara simbolis Surat Keputusan Menteri Hukum dan HAM tentang pemberian remisi dalam rangka HUT RI.

UPACARA TAPTU dan RENUNGAN SUCI

TaptuSehari sebelumnya, Jumat (16/08), sekitar pukul 18.30 Wib, masih dalam rangkaian memeriahkan HUT RI Ke-68 tingkat Kabupaten Toba Samosir juga dilaksanakan upacara TAPTU dengan Kajari Balige Harly Siregar selaku inspektur upacara, yang selanjutnya melepas kesatuan-kesatuan peserta upacara untuk berpawai memutari Kota Balige.

Pelaksanaan Taptu ini diawali dengan penyalaan obor induk oleh inspektur upacara sebagai simbol semangat kemerdekaan yang dilanjutkan dengan penyalaan obor para peserta Taptu. Kemudian peserta Taptu diberangkatkan untuk mengelilingi kota Balige dengan rute start dari pelataran Kantor Bupati Toba Samosi  melalui Jl. Sutomo ke Jl. Patuan Nagari dilanjutkan menuju Terminal Mini hingga ke Jl. Raja Paindoan, Jl. Gereja, Jl. Sisingamangaraja, Jl. DI Panjaitan, Jl. Mulia Raja dan berakhir di Lapangan Sisingamangaraja XII, Balige.

Renungan Suci1Rangkaian acara lainnya pada perayaan HUT RI Ke-68 tingkat Kabupaten Toba Samosir, yakni pelaksanaan Apel Kehormatan dan Renungan Suci untuk memberikan penghormatan kepada arwah pejuang kemerdekaan RI di Taman Makam Bahagia, Soposurung, Balige, Sabtu (17/08) sekitar pukul 24.00 Wib. Dalam acara ini, inspektur upacara, Kapolres Toba Samosir AKBP M. Edy Faryadi membacakan renungan suci yang dilanjutkan dengan peletakan karangan bunga. Upacara diakhiri dengan memberikan penghormatan terakhir kepada para pahlawan oleh seluruh peserta upacara, diantaranya Bupati Pandapotan Kasmin Simanjuntak, Wabup Liberty Pasaribu, Kajari Balige Harly Siregar, para pimpinan SKPD dan pejabat lainnya.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Toba Samosir)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s