PERAYAAN HUT RI KE-68 TINGKAT KECAMATAN SILAEN DIMERIAHKAN TOR-TOR HIBURAN RAKYAT

IMG_4445Upacara peringatan detik-detik Proklamasi ke-68 tingkat kecamatan Silaen yang digelar beberapa waktu lalu di Lapangan Parbalean, Silaen, juga dimeriahkan dengan berbagai hiburan rakyat. Selepas menggelar upacara, kemeriahan perayaan ini diawali dengan pagelaran tor-tor (tarian Batak-red) dari berbagai SD/SMP/SMA di Kecamatan SIlaen. Berbagai pertunjukan tor-tor yang dibawakan mampu menarik simpati warga dan memberikan hiburan tersendiri. Yang paling menyita perhatian warga dan memberikan nuansa kelucuan adalah pagelaran tor-tor yang dipersembahkan anak-anak PAUD/TK dan SD.

Para orang tua yang mendampingi anak-anaknya, tampak begitu bangga dengan kemampuan yang dipertunjukkan anak-anaknya melalui tor-tor yang dibawakan. Kelucuan yang diperlihatkan lainnya, yakni ketika Camat Dimposma Sihombing, S.Sos, MAP bersama Uspika memberikan sumbangan bagi anak-anak tersebut, menyebabkan banyak anak yang kewalahan menyimpan sumbangan tersebut sehingga tor-tor yang dibawakan sering tidak serempak lagi dan tidak sesuai irama gondang yang mengiringi sehingga mengundang gelak tawa pengunjung yang hadir.

IMG_4484Sebelumnya, di tempat yang sama, Sabtu (17/08), dipimpin langsung oleh Camat Silaen, Dimposma Sihombing, S.Sos, MAP yang bertindak selaku inspektur upacara, peringatan Detik-Detik Proklamasi RI ditandai dengan bunyi lonceng gereja dan raungan sirene tepat pukul 10.00 wib, yang dilanjutkan dengan pembacaan naskah proklamasi oleh Robinson Sibarani, anggota DPRD Tobasa yang berasal dari daerah pemilihan Kecamatan Silaen.

Kemudian, dilanjutkan dengan pengibaran Bendera Merah Putih oleh Paskibra yang terdiri dari siswa/i SMA Silaen. Camat Silaen Dimposma Sihombing menyerahkan bendera merah putih kepada paskibra pembawa bendera, Novita V. br Siagian, siswi kelas XI SMA Negeri 1 Silaen untuk selanjutnya dikibarkan. Paskibra kecamatan Silaen ini dikomandoi Fanser Panjaitan, Siswa kelas XI dari sekolah yang sama, yang merupakan bimbingan Kepala Sekolah Hasiholan Silaen.

P. Panjaitan salah seorang warga yang ditemui di sela-sela hiburan peringatan HUT ini memberikan apresiasi atas keberhasilan Camat dan Panitia HUT tingkat Kecamatan Silaen menyelenggarakan hiburan rakyat sehabis menggelar upacara. “Hiburan rakyat ini sangat menarik dan sangat ramai dikunjungi warga, apalagi ketika lomba panjat pinang digelar, warga tumpah ruah menyaksikannya”, ujar Panjaitan, petani dari Desa Sibide yang khusus datang menyaksikan hiburan rakyat dan lomba panjat pinang yang berhasil memberikan daya tarik tersendiri .

Senada, hal serupa juga disebutkan R. Silaen, warga sekitar tanah lapang Parbalean. Menurutnya lagi, dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, sejak Camat Dimposma memimpin Kecamatan Silaen, kemeriahan peringatan HUT RI terasa penuh semarak. “Dari yang saya lihat, Camat dan Panitia HUT telah berhasil menggelar berbagai kegiatan dan perlombaan untuk memeriahkan HUT ini”, kata Silaen seraya menambahkan, kegiatan dan perlombaan tersebut, ternyata mampu memupuk kebersamaan dan semangat kemerdekaan di warga sekitar.

IMG_4453Selepas hiburan rakyat, Camat Silaen, DImposma Sihombing juga menyerahkan berbagai penghargaan dan hadiah kepada para pemenang lomba yang telah digelar sebelumnya, yakni lomba gerak jalan, marathon dan kompetisi sepak bola. Untuk perlombaan kompetisi sepakbola antar sekolah dasar, Camat Dimposma menyerahkan Piala Bergilir dan Piala Tetap dan dana pembinaan kepada SDN Hutanamora sebagai Juara I. Sedangkan juara kedua dan ketiga, secara berturut dimenangkan SDN Sitorang dan SDN Silaen.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Toba Samosir)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s