BUPATI MINTA KNPI TOBASA MAMPU MEMBANGKITKAN KEPEDULIAN DALAM MEMBANGUN TOBASA

knpi 02Sejarah perjuangan Bangsa Indonesia telah membuktikan bahwa pemuda mempunyai peranan yang sangat strategis dalam proses perjuangan, pembaharuan dan pembangunan bangsa. Sebagai kekuatan moral dan sebagai agen perubahan, pemuda juga harus memiliki semangat kejuangan yang bersifat inovatif dan berwawasan jauh ke depan. Demikian disampaikan Bupati Toba Samosir, Pandapotan Kasmin Simanjuntak dalam sambutannya saat menghadiri pelantikan pengurus Dewan Pimpinan Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPD KNPI) Toba Samosir, di Komplek Tugu DI Panjaitan, Sabtu (24/08) di Balige.

Memperhatikan historis tersebut, menurutnya, KNPI Toba Samosir harus terus berupaya melakukan pembaharuan dalam segala hal guna mewujudkan cita-cita bangsa. DPD KNPI Toba Samosir juga diharapkannya dapat menumbuhkan semangat dan membangkitkan motivasi, kepedulian dan memberikan sumbangsih dalam pelaksanaan pembangunan di Toba Samosir. “Saya berharap, ini menjadi momentum baru bagi kebangkitan organisasi pemuda di Toba Samosir”, ujar Bupati seraya mendorong agar organisasi pemuda untuk terus memupuk persatuan dan kesatuan.

knpi 03Sebelumnya, Sekretaris DPD KNPI Sumut Dedi Iskandar Batubara menyebutkan KNPI merupakan wadah berhimpun para Organisasi Kemasyarakatan Pemuda (OKP) di Indonesia, dalam mewujudkan persatuan dan kesatuan, menciptakan pemuda Indonesia yang memiliki intelektual, integritas dan moralitas yang tinggi sehingga dapat dengan cerdas menjalankan peranannya sebagai generasi penerus, mendukung pemerintah dalam mewujudkan kehidupan masyarakat yang lebih baik. Untuk itu diharapkannya, segala potensi positif yang dimiliki generasi muda Toba Samosir dapat terus digali, dibina dan dikembangkan sesuai dengan arah dan tujuan yang baik.

Ketua MPI DPD KNPI Tobasa Herbert Sibuea SE menyebutkan harapan serupa. Sebab dari pengalamannya selama menjabat Ketua DPD KNPI 2 periode, pemuda di daerah itu, diakuinya masih belum optimal menjalankan peranannya sebagai generasi muda. Oleh karenanya, pelantikan itu diharapkan tidak dijadikan sebagai seremonial, tetapi hendaknya menjadi awal pergerakan DPD KNPI Tobasa periode 2013-2017 dalam menjalankan perjuangannya.

Pelantikan pengurus DPD KNPI Kabupaten Toba Samosir ini ditandai dengan penyerahan pataka dan SK Kepengurusan oleh Wakil Ketua DPD KNPI Sumut, Osril Limbong kepada Ketua DPD KNPI Kabupaten Tobasa Periode 2013-2017, David O Hutabarat, disaksikan Sekretarisnya Martin F Butarbutar, Bendahara Jimmy Sitinjak serta pengurus lainnya.

knpi 01Sementara itu, Ketua DPD KNPI Tobasa yang baru David O Hutabarat mengakui, untuk memberhasilkan pembangunan pemuda punya peranan yang sangat strategis. Untuk itu, dia mengajak seluruh OKP di daerah itu menjadikan KNPI sebagai forum komunikasi, kaderisasi, partisipasi dan dinamisasi pemuda yang konsisten menjadi sebagai agen pembangunan. “Tema : Mari mewujudkan generasi muda yang berkarakter dan memiliki moralitas membangun, mari kita jadikan sebagai pondasi bagi pemuda untuk berkarya mengisi pembangunan di Tobasam” ujar David.

Pada acara itu hadir juga Ketua DPD IPK Tobasa Jonhal Tambunan, Ketua Pemuda Pancasila Tahan Tambunan, Parade Manurung, Ketua DPD AMD Tobasa Uli Tanjung Simanjuntak SH, Kapolsek Balige AKP Gibson Siagian, Danramil Balige Kapten M Simanjuntak, Ketua DPD KNPI Pematang Siantar Parlaungan Purba, Sekda Tobasa Liberty Manurung dan sejumlah pimpinan SKPD di lingkungan Pemkab Tobasa.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Toba Samosir # ES)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s