KEPALA SEKOLAH DITUNTUT SEMAKIN MAMPU MEMBERIKAN PELAYANAN TERHADAP ANAK DIDIK DAN MASYARAKAT

Diknas 02Dalam alam yang lebih demokratis yang menjanjikan kebebasan setiap individu masyarakat untuk melakukan tugas control social atau yang lazim kita sebut dengan istilah social control terhadap kinerja kita sebagai Pegawai Negeri Sipil, karena itu Kepala Sekolah dituntut senantiasa untuk mampu memberikan pelayanan prima yang berorientasi dan bermuara kepada kepuasan anak didik  atau dalam hal ini masyarakat dan disinilah letak tantangan yang harus segera kita jawab bersama, sebut Kepala Dinas Pendidikan Nasional Kab. Toba Samosir Dra Mariani Simorangkir, M.Pd, Senin (26/8) diruang Pengawas Dinas Pendidikan dalam sambutannya saat melantik 19 (Sembilan belas) pejabat Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah di Lingkungan Dinas Pendidikan Kab. Toba Samosir.

Sebelumnya Mariani Simorangkir menyampaikan beberapa hal  diantaranya menyebutkan bahwa pendidikan mempunyai tugas menyiapkan Sumber Daya Manusia untuk pembangunan, derap langkah pembangunan selalu diupayakan seirama dengan tuntutan zaman yang selalu memunculkan persoalan-persoalan baru yang tidak pernah terpikirkan sebelumnya, hal ini merupakan permasalahan pokok pendidikan, sebutnya

Diknas 01Ditambahkannya, saat ini merupakan era yang menuntut perubahan paradigm pelayanan, masih ada sebagian  personil PNS yang masih setia dengan mengenakan atribut pelayanan gaya lama, praktik mental yang tercermin dari penggunaan jam kerja yang tidak sesuai dengan aturan, serta filosopy pelayanan gaya lama yang lebih menekankan kepuasan si pemberi layanan daripada yang diberi layanan masih sering dilakukan oleh sebagian PNS.

Karena itu, Pemerintah Kabupaten Toba Samosir mengharapkan Kepala Sekolah yang baru dilantik  dapat lebih banyak berinovasi dan melakukan rekayasa untuk menggerakkan seluruh proses belajar mengajar sesuai dengan metodologi yang telah ada serta member peran yang lebih besar lagi kepada komite sekolah untuk melakukan perubahan di bidang pendidikan di sekolahnya tanpa terputus khususnya perubahan fisik sekolah sesuai standard sarana prasarana

Diharapkan para Pengawas Sekolah dan Cabang Dinas Pendidikan untuk sering melakukan pembinaan dan peninjauan yang intens ke sekolah-sekolah di wilayah kerjanya dan kepada sleuruh Kepala Sekolah yang mendapatkan Program Bantuan Pendidikan dan Bantuan Operasional Sekolah (BOS)  untuk lebih mempelajari manajemen pengelolaan keuangan, karena masih banyak kepala sekolah yang kurang memahami pengelolaan keuangan sekolah dan pelaporannya, karena itu hal pertama yang dilakukan oleh dilakukan adalah memahami sepenuhnya tugas, fungsi dan tanggungjawab pada jabatan yang dipercayakan kepada saudara, sebut pejabat yang dikenal akrab dengan pers ini.

Diknas 03Sebelumnya telah dibacakan Keputusan Bupati Toba Samosir Nomor 154 Tahun 2013 tentang Pengangkatan Pengawas Sekolah dan Guru yang diberi tugas tambahan sebagai Kepala Sekolah di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Toba Samosir, diantaranya Aldon Samosir, SPd jadi Kepala SMA Negeri 2 Balige,  Ungkap Manurung, SPd, menjadi Kepala SMP Negeri 3 Lumban Lintong Kec. Habinsaran, Darmen Simanjuntak, SPd menjadi Kepala SMP Negeri 4 Satu Atap Siria-ria Kec. Silaen, Nommer Pane, SPd.SD menjadi Kepala SD Negeri 173529 Tampahan, Pendi Manurung, A.Ma.PD menjadi Kepala SD Negeri Nomor 173684 Lumbanjulu, Esti Sinaga Kepala TK Pembina Satu Atap Lumbanjulu, selanjutnya Pamili Simanjuntak, SPd Kepala SD Negeri Nomor 173574 Sianipar Kec Silaen.

Sedangkan untuk tingkat Sekolah Dasar yakni Donna Pangaribuan, Kepala SD Negeri Nomor 173575 Simanobak Kec. Silaen, dan Mahrani Lubis, Kepala SD Negeri 173535 Siboruan Kec Balige, termasuk Rosintan Pasaribu, AMa.Pd, Kepala SD Negeri 173538 Tampubolon Kec. Balige, Lagang Simatupang, Kepala SD Negeri Nomor 173628 Saroha Lumban Pinas Kec. Habinsaran, Ajim Rajagukguk, Ama.Pd, Kepala SD Negeri Nomor 173644 Pardomuan Kec. Porsea, Herlina Pardosi, AMa.Pd  Kepala SD Negeri Nomor 177073 Lumban Sirait Kec. Parmaksian. Sementara itu diangkat Drs Harapan Pasaribu,  Danjor Nababan, SPd., James Sirait, S.Pd, Edward Hutahaean, SPd, menjadi pengawas SMP/SMA/SMK sedangkan Hamonangan Sipahutar, S.Pd, Tumpan Munthe menjadi Pengawas TK/SD.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Toba Samosir)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s