FORUM DIALOG PEMBAURAN KEBANGSAAN KAB. TOBASA TAHUN 2013

DALAM KONTEKS KEBANGSAAN PERBEDAAN  ITU BUKAN MENJADI HAMBATAN TETAPI KEKUATAN

IMG_0958Kalau kita melihat dari beberapa aspek, perbedaan adalah hambatan tetapi kalau kita memandang dari konteks kebangsaan dan keindonesiaan, perbedaan bukan menjadi hambatan tetapi menjadi kekuatan, apalagi Kabupaten Toba Samosir yang homogen sebagai daerah asalnya atau kampung halamannya orang Batak, karena itu melalui forum diskusi ini kita harus sepakat bagaimana kita melakukan pengelolaan atau memenage perbedaan menjadi kekuatan melalui toleransi tanpa memaksakan kehendak, sebut Harli Siregar, SH. MH Kamis (29/8) sebagai pembicara yang juga Kepala Kejaksaan Negeri Balige pada acara Forum Dialog Pimpinan Organisasi Pembauran Kebangsaan, Pemuka Adat, suku dan Masyarakat oleh Forum Pembaruan Kebangsaan Kab. Toba Samosir bekerja sama dengan Badan Kesbang Linmas Kab. Toba Samosir.

Dialog pembaruan kebangsaan Kabupateb Toba Samosir Tahun 2013 ini dengan Thema : etnis dan budaya yang beraneka ragam, patut dipelihara demi terjalinnya kerukunan, kesatuan dan persatuan bangsa Indonesia diikuti peserta diskusi dari 11 (sebelas) suku/etnis yang berdomisili di Kabupaten Toba Samosir termasuk diantaranya selain Suku Batak Toba ada juga suku etnis Karo, Simalungun, Jawa, Pakpak, Nias dan Tionghoa, Angkola dan suku etnis lainnya.

Sementara Harli Siregar sendiri dalam paparannya lebih jauh menjelaskan bagaimana kita mengelola perbedaan menjadi toleransi kesukuan dan keagaaman yang harus kita bangun bersama, karena itulah peran dan fungsi para tokoh agama dan adat untuk melakukan pembinaan dan keanekaragaman subkultural.

Sebagai contoh tidak mungkin kita mewujudkan idelogi Batak di negeri ini, akan tetapi kita kalau kita mau mewujudkan persamaan cara pandang terhadap nilai-nilai Kebatakan atau dalihan natolu, itu bisa saja, saya pikir toleransi dan tidak memaksakan kehendak sangat kita butuhkan saat ini didalam mengatasi keanekaragaman, sebutnya.

IMG_0969Sebelumnya Bupati Toba Samosir Pandapotan Kasmin Simanjuntak, dalam sambutannya saat membuka acara ini menyatakan bahwa mengingat Negara kita Negara Kesatuan Republik Indonesia memiliki ciri khas kebhinekaan Ras, Suku, Budaya dan Agama yang menghuni dan tersebar disuluruh wilayah nusantara, dan bertekad untuk menjadi satu bangsa dan satu tanah air dan satu bahasa yaitu Indonesia, khusus di Kabupaten Toba Samosir terdapat kurang lebih 11 (sebelas) suku/etnis yang tersebar di seluruh wilayah Toba Samosir, sebutnya.

Kebhinekaan tersebut sangat berpengaruh terhadap perkembangan kehidupan berbangsa dan bernegara Indonesia di masa lalu, sekarang, dan yang akan datang sebut Bupati yang dikenal akrab dengan tokoh-tokoh adat dan agama ini, dan saat ini Bangsa Indonesia menghadapi berbagai tantangan konflik baik yang bersifat horizontal dan vertical disebabkan oleh berbagai latar belakang permasalahan ras, budaya, suku dan agama yang dapat mengancam integritas nasional, sambungnya.

Lebih jauh disebutkannya, dalam rangka menjaga dan memelihara keutuhan  persatuan dan kesatuan bangsa serta tetap tegaknya kedaulatan NKRI diperlukan adanya komitmen seluruh bangsa, termasuk warga Toba Samosir dan upaya-upaya yang dapat meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa.

IMG_0964Pembaruan kebangsaan merupakan bagian penting dari kerukunan nasional dalam rangka mendorong terwujudnya pembaruan kebangsaan, guna memperkokok integritas nasional, serta menegakkan kedaulatan NKRI maka perlu diselenggarakan forum pembaruan kebangsaan. Oleh Karena itu, Bupati mengajak semua kita agar kembali meningkatkan kesadaran kita akan nilai2 budaya bangsa, marilah kita terus meningkatkan rasa toleransi antar sesame, dan saling menghargai perbedaan yang ada, pada masyarakat kita  dengan demikian persatuan dan kesatuan serta keamanan dan ketentraman di lingkungan kita masing-masing akan tetap terjamin dan kondusif.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Toba Samosir)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s