Berita Terbaru

KEMENPAREKRAF RI HUNJUK KAB TOBA SAMOSIR TUAN RUMAH FESTIVAL DANAU TOBA TAHUN 2014

FDTSetelah Kabupaten Samosir sukses melaksanakan Festival Danau Toba Tahun 2013, akhirnya Kabupaten Toba Samosir atau biasa disebut Tobasa ditunjuk oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI menjadi tuan rumah pelaksanaan Festival Danau Toba Tahun 2014, Bupati Tobasa Pandapotan Kasmin Simanjuntak di Samosir, Jumat (13/9), mengatakan, sebenarnya pihaknya belum siap untuk menggelar kegiatan yang melibatkan Suku Batak dari lima puak atau kategori itu.

“Sebenarnya kami belum sanggup. Tapi karena mendapatkan dukungan dari sesepuh masyarakat Batak TB Silalahi akhirnya kami menerima penunjukan itu,” katanya usai bertemu Wamenparkekraf Sapta Nirwandar di Festival Danau Toba 2013 di Samosir.

Menurut dia, dengan adanya penunjukan ini pihaknya langsung bergerak cepat untuk mempersiapkan festival termasuk melakukan koordinasi dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga.

Bahkan, kata dia, Menteri Pemuda dan Olahraga Roy Suryo akan mengucurkan dana yang cukup besar yaitu sekitar Rp20 miliar. Dana ini salah satunya untuk membangun infrastruktur untuk sarana dan prasarana olahraga.

“Kami akan bangun tribun di Lapangan Sisingamangaraja. Ada dua tribun yang akan kami bangun. Untuk dana lainnya akan dicarikan dari sponsor,” katanya menambahkan.

Selain menyiapkan tim, pihaknya juga telah mempersiapkan waktu pelaksanaan Festival Danau Toba 2014 yaitu medio Juni hingga Juli. Hal ini dilakukan bertepatan dengan hasil libur sekolah yang salah satu tujuannya untuk mendorong hadirnya masyarakat pada festival tersebut. “Itulah waktu yang tepat. Yang jelas tidak bersamaan dengan bulan puasa,” kata orang nomor satu di Kabupaten Tobasa.

Ditanya apa yang akan diandalkan pada Festival Danau Toba 2014, Pandapotan Kasmin Simanjuntak mengaku akan mengandalkan ulos sebagai ikon.

Rencananya pihaknya akan membuat ulos terpanjang. Hanya saja untuk ukuran detailnya masih dalam pengkajian. Sedangkan untuk kegiatan olahraga, kata dia, di Kabupaten Tobasa akan mengandalkan arung jeram menyusuri sungai Asahan. Bahkan saat ini mulai dikenal hingga tingkat internasional.

“Sudah banyak turis yang mencoba arung jeram di Asahan. Makanya, lokasi ini akan kami andalkan di festival nanti,” katanya menegaskan. Sementara itu untuk akomodasi telah dibangun beberapa hotel yang nantinya dipersiapkan untuk menyambut tamu lokal maupun asing. Selain itu juga akan terus memperbaiki infrastruktur lainnya seperti jalan, sarana dan prasarana lainnya.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Toba Samosir)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s