PEMKAB TOBASA GELAR LATIHAN PENGELOLA PROGRAM DAN PENYULUH PEMBERDAYAAN KESEJAHTERAAN KELUARGA

IMG_2587Gerakan Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) adalah gerakan nasional dalam pembangunan masyarakat demi terwujudnya keluarga yang beriman, berbudi luhur, sehat sejahtera, maju dan mandiri, kesetaraan gender serta kesadaran hukum dan lingkungan, dan Tim Penggerak PKK adalah mitra kerja pemerintah dan organisasi kemasyarakatan, yang berfungsi sebagai fasilitator, perencana, pelaksana, pengendali dan penggerak untuk terlaksananya program pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga, sebut Netty Pardosi, Ketua Tim Penggerak PKK Kab. Toba Samosir, Selasa (24/9) saat menyampaikan sambutan pada pelaksanaan kegiatan Pelatihan Pengelola Program dan Penyuluh Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (LP3PKK) di SMK Negeri 1 Balige.

Untuk meningkatkan kualitas dan memantapkan gerakan PKK, perlu dilakukan pelatihan-pelatihan terhadap kader-kader PKK salah satunya adalah lewat LP3PKK, sebut Ketua TP-PKK menambahkan, seraya meminta peserta agar mengikuti kegiatan dengan baik, sehingga semua materi perlu kita pahami, dan pelaksanaan pembinaan di desa binaan dapat maksimal kita laksanakan.

Selanjutnya Bupati Toba Samosir Pandapotan Kasmin Simanjuntak menyampaikan bahwa kegiatan PKK merupakan bagian dari pembangunan nasional yang searah dan selaras dengan dinamika pembangunan dan merupakan kegiatan integral dari kegiatan PKK secara keseluruhan, sedangkan sasarannya adalah keluarga di perdesaan dan perkotaan yang perlu ditingkatkan dan dikembangkan kemampuan dan kepribadian dalam bidang mental spiritual meliputi sikap dan perilaku dan secara fisik material meliputi pangan, sandang, papan, kesehatan dan kesempatan kerja yang layak serta lingkungan hidup yang lestari melalui peningkatan pendidikan, pengetahuan dan ketrampilan, sebutnya.

IMG_2600Bupati juga meminta agar berbagai kegiatan yang diprogramkan oleh setiap SKPD untuk wanita diperdesaan, dalam pelaksanaan nya hendaknya dapat bekerjasama dengan PKK, agar kesejahteraan keluarga dan kemajuan desa dapat segera tercapai, dan banyak factor yang saling mempengaruhi keberhasilan program yakni: rencana kerja yang proporsional disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan, kerjasama diantara pengelola, sikap para pelaku, dan profesionalisme dan pengetahuan serta wawasan para pengelola program dan penyuluhan, ungkpa Bupati.

Sebelumnya Ketua Panitia Pelaksana Labinsar Sirait, S.Sos. MSi dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kepedulian dan peran aktif masyarakat khususnya wanita berdasarkan semangat kebersamaan, kekeluargaan dalam melaksanakan kegiatan melalui 10 program pokok PKK untuk mencapai masyarakat yang adil dan makmur menuju keluarga sejahtera, sebutnya dihadapan peserta yang berasal dari TP-PKK Kab Tobasa sebanyak 28 orang, Ketua TP-PKK Kecamatan se-Kabupaten sebanyak 16 orang, sekretaris PKK Kecamatan, Ketua Pokja TP-PKK Kecamatan, para camat dan jajaran SKPD di lingkungan Pemkab Tobasa.

Serta meningkatkan pengetahuan serta wawasan para pengelola program dan penyuluh PKK Kab. Tobasa, dan menyamakan pemahaman dan persepsi serta gerak langkah yang sama bagi tim penggerak PKK Kab Tobasa dengan TP-PKK Kecamatan selaku pengelola dan penyuluh program PKK.

Sedangkan hasil yang diharapkan pada kegiatan ini adalah adanya persamaan persepsi dan meningkatkan pemahaman para penyuluh dan pengelola program PKK di Kab. Tobasa, sesuai Rakernas VII PKK Tahun 2010 di Tobasa, dan peserta diharapkan dapat memahami dengan benar cara pengisian data khususnya secretariat, pokja I, II, III dan IV, serta memahami tertib administrasi dan adanya pembinaan kepada tim penggerak PKK secara berjenjang.

IMG_2566Narasumber dalam kegiatan ini dari instansi di lingkungan Pemkab Toba Samosir yakni Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (Bappemas) untuk topic tertib administrasi PKK, Badan Pemberdayaan Perempuan, Anak dan KB untuk topic pencegahan Kekerasan Dalam Rumah Tangga, Dinas Perindagkop untuk topik usaha peningkatan pendapatan keluarga (UP2K), Dinas Pertanian, Perikanan dan Peternakan untuk topic pemanfaatan halaman pekarangan (hatinya PKK), Dinas Kesehatan untuk topic pemanfaatan hasil tanaman obat keluarga (Toga).

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Toba Samosir)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s