KAPOLRES TOBASA BERTINDAK SEBAGAI INSPEKTUR UPACARA PERINGATAN HARI KESAKTIAN PANCASILA DI KOMPLEKS MONUMEN DI PANJAITAN BALIGE

IMG_2898Kepala Polisi Resor Tobasa AKBP Edi Fariadi memimpin upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila untuk tingkat Kabupaten Toba Samosir di Komplek Tugu Monumen Jenderal DI Panjaitan Balige, Selasa (1/10) dihadiri Bupati Toba Samosir Pandapotan Kasmin Simanjuntak dan didampingi Ketua TP-PKK Kabupaten Toba Samosir Netty Pardosi serta unsur pimpinan daerah lainnya, termasuk Kejari Balige Harli Siregar, SH, Ketua PN Balige Agus Widodo, diawali dengan Pembacaan Naskah Ikrar Peringatan Hari Kesaktian Pancasila oleh Ketua DPRD Tobasa Sahat Panjaitan.

Peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang diselenggarakan setiap tahun itu ditetapkan pemerintah sebagai bagian dari bentuk pengakuan atas keberhasilan Bangsa Indonesia mempertahankan Pancasila sebagai ideologi bangsa di era 1960an. Tema peringatan kali ini adalah Mewujudkan Nilai-Nilai Pancasila sebagai Kepribadian Bangsa.

IMG_2907Pada upacara pada Selasa (10/1), bertindak sebagai Perwira Upacara AKP Gibson Siagian (Kapolsek Balige), sedangkan Komandan Upacara Ipda Devan Raga Utama, Kapolres Tobasa membacakan naskah Pancasila sekaligus peletakan krans bunga di Monumen Pahlawan Revolusi Jenderal DI Panjaitan dan Budi Marpaung dari PNS membacakan naskah Pembukaan UUD 1945. Pembacaan dan penandatanganan Ikrar Kesaktian Pancasila dilakukan oleh Ketua DPRD Sahat Panjaitan.

Peringatan kali ini dirayakan cukup khidmat dan sederhana dengan melibatkan hampir seluruh instansi yang ada di Kabupaten Tobasa dan perayaan ini juga sebagai wujud penghargaan pada Setiap tanggal 1 Oktober merupakan peringatan Hari Kesaktian Pancasila sekaligus mengenang korban peristiwa G30S/PKI khususnya Tujuh Pahlawan Revolusi yang telah gugur.

IMG_2920Turut mendampingi Bupati Pandapotan Kasmin Simanjuntak dalam kesempatan itu adalah Ibu Netty Pardosi yang mengenakan seragam TP-PKK, Wakil Bupati Liberty Pasaribu, SH MSi, jajaran Kepala SKPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Toba Samosir, Kepala Unit Kerja, BUMN, BUMD, pejabat Kepolisian/TNI, PNS, guru dan ratusan pelajar sekolah. Seusai upacara diperdengarkan lagu-lagu nasional dari Paduan Suara SMA Negeri 1 Balige.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Toba Samosir)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s