Berita Terbaru

BUPATI TOBASA AMBIL SUMPAH 4 (EMPAT) KEPALA DESA

“KEPALA DESA DIMINTA BERPERAN DALAM MEMPERCEPAT PROSES PEMBANGUNAN”

Pelantikan Kades2Saat ini, penyelenggaraan pemerintah sudah mengalami perubahan paradigma. Hal ini juga terjadi hingga ke level pemerintahan desa. Kepala desa dituntut untuk dapat memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakatnya. Disamping itu, sebagai penyelenggara pemerintah desa, juga memiliki peranan yang sangat strategis, khususnya dalam peningkatan pemberdayaan masyarakat.

Hal ini disampaikan Bupati Toba Samosir, Pandapotan Kasmin Simanjuntak dalam amanatnya ketika melantik dan mengambil sumpah 4 (empat) kepala desa pada 4 (empat) kecamatan di Toba Samosir, dengan mengambil tempat di Aula SMK Negeri 1, Balige, Selasa (08/10). “Dengan menjadi kepala desa, Saudara mengemban amanah rakyat dalam melaksanakan tugas-tugas pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan”, ujar Bupati dengan tegas.

Pelantikan Kades1Lebih lanjut diamanatkannya, untuk mempercepat proses pembangunan di desanya masing-masing, Bupati mengingatkan para kepala desa untuk dapat menggalang 3 (tiga) komponen penting yang saling mendukung, yakni unsur pemerintah, masyarakat dan dunia usaha. Menurutnya, ketiga komponen tersebut merupakan satu kesatuan yang utuh, yang diyakininya ketika membentuk sinergi, akan mampu meningkatkan kualitas hidup masyarakat desa dalam berbagai aspek kehidupan.

Untuk mewujudkan cita-cita mulia tersebut, Bupati memerintahkan para kepala desa tersebut, untuk memberikan perhatian yang sungguh-sungguh dalam melaksanakan tugas dan fungsinya, termasuk berperan aktif dalam mengantisipasi permasalahan yang muncul ditengah-tengah masyarakatnya.

Pelantikan Kades3Sementara, Kepala Badan PMD dan PP, Labinsar Sirait di sela-sela berlangsungnya acara menjelaskan, Pelantikan kepala desa untuk masa bhakti 2013-2019 ini, merupakan tindak lanjut dari amanat Peraturan Bupati Toba Samosir Nomor 8 Tahun 2013, yang menginstruksikan, agar sebelum melaksanakan tugas-tugasnya, kepala desa terlebih dahulu diambil sumpah/ janjinya. Dilanjutkannya, adapun para kepala desa yang dilantik tersebut merupakan para kepala desa yang baru-baru ini telah melewati tahapan pemilihan kepala desa sebagai perwujudan demokrasi di desanya masing-masing.

Para kepala desa yang dilantik tersebut, kata Labinsar, diantaranya, Arta Napitupulu sebagai Kepala Desa Balige II, Kecamatan Balige, Parasian Tampubolon sebagai Kepala Desa Lumban Dolok, Kecamatan Silaen, Sahrel Sitorus sebagai Kepala Desa Patane II, Kecamatan Porsea dan Dolok J. Manurung sebagai Kepala Desa Sionggang Tengah, Kecamatan Lumbanjulu.

Setelah melantik dan mengambil sumpah para  kepala desa tersebut, Bupati Pandapotan Kasmin Simanjuntak didampingi Kepala PMD dan PP serta para pejabat lainnya, juga memberikan ucapan selamat kepada para kepala desa yang dilantik. Pelantikan ini juga disaksikan para perangkat desa, BPD, tokoh masyarakat dan undangan lainnya dari masing-masing desa.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Toba Samosir)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s