MENINGKATKAN KOMPETENSI APARATUR PEMERINTAH DESA

169 SEKDES TOBASA IKUTI DIKLAT PENINGKATAN KOMPETENSI

IMG_3690Dalam pengelolaan administrasi dan keuangan desa bisa saja terjadi setiap saat, karena keterbatasan kemampuan dan penguasaan ketentuan peraturan perundang-undangan. Menyikapi hal tersebut Pemerintah Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) melalui Badan Kepegawaian Daerah (BKD) memberikan pembekalan kepada 169 Sekretaris Desa (Sekdes) di daerah tersebut.

Pembekalannya direncanakan berlangsung selama 5 minggu, dan pembukaannya dilaksanakan di Gedung TB Silalahi Center Balige oleh Bupati Pandapotan kasmin Simanjuntak, Senin (21/10). Pembukaannya ditandai dengan pemukulan gong dan penyematan tanda peserta kepada dua orang Sekdes.

Bupati Pandapotan Kasmin Simanjuntak dalam sambutannya menyatakan diklat ini merupakan tindaklanjut Surat Edaran Mendagri. Seluruh Sekdes wajib diberikan pembekalan pengetahuan tentang pengelolaan administrasi desa.

“Karena itu Pemkab Tobasa bekerjasama dengan Badan Diklat Provsu mengadakan Diklat Peningkatan Kompetensi Sekdes ini. Narasumber yang dihadirkan pada diklat dari Widyaswara, antara lain Prof. DR Tan Kamelo SH MH dan Jusmadi Sikumbang SH MS dari Faktultas Hukum Universitas Sumatera Utara,” sebut Kasmin.

IMG_3695Pengangkatan Sekdes menjadi PNS terbilang istimewa karena diangkat langsung tanpa melalui proses seleksi dan percobaan sebagai CPNS untuk masa satu tahun dan dua tahun. Menurut Bupati pengangkatan ini merupakan wujud keseriusan pemerintah memajukan masyarakat desa dan meningkatkan kualitas pelayanan, apalagi Sekdes diketahui memiliki tanggungjawab besar  dalam menata administrasi pemerintahan di tingkat desa.

Ditambahkannya, posisi Sekdes ini tidak dijabat seumur hidup. Bisa saja suatu saat mengalami mutasi menjadi Sekdes di desa lain atau di salah satu SKPD. Artinya Sekdes kedudukannya sama dengan PNS lainnya. Karenanya dikatakan langkah langkah peningkatan kompetensi aparatur pemerintah khususnya pemerintah desa secara terencana diprogramkan.

“Ini dimaksudkan supaya Sekdes mampu bekerja professional sesuai kapasitasnya dalam meningkatkan pelayanan publik serta pengelolaan administrasi dan keuangan desa,” ujar Bupati.

IMG_3702Sebelumnya, Kepala BKD Budianto Tambunan SE menyebutkan diklat peningkatan kompetensi Sekdes ini dilaksanakan mulai tanggal 21 Oktober 2013 hingga 16 Nopember 2013 di Hotel Mareda Tambunan Balige. Pesertanya dibagi dalam lima angkatan. Angkatan  I sampai dengan IV masing-masing 34 orang, sementara angkatan  V sebanyak 33 orang, dengan total keseluruhan peserta 169 orang.

Selama diklat, para Sekdes akan dibekali dengan materi diantaranya tentang Manajemen pelayanan publik, Manajemen kepegawaian, Wawasan kebangsaan dalam kerangka NKRI, Manajemen pemerintahan desa, Teknik penyusunan dan produk hukum desa, Pengelolaan keuangan dan kekayaan desa, Administrasi pemerintahan desa dan Perencanaan pembangunan desa.

“Kita berharap, Diklat akan memantapkan semangat pengabdian para Sekdes yang berorientasi kepada pelayanan prima, pengayoman dan pengembangan partisipasi masyarakat desa,” pungkasnya.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Toba Samosir/ edu)

One thought on “MENINGKATKAN KOMPETENSI APARATUR PEMERINTAH DESA”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s