PERINGATAN HKG PKK KE 41 TAHUN 2013 TINGKAT KAB. TOBASA DAN PENUTUPAN BBGRM KE 10 BERLANGSUNG MERIAH

  • PKK DITUNTUT WUJUDKAN KELUARGA MANDIRI DAN SEJAHTERA

IMG_3751Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK Ke 41 Tahun 2013 Tingkat Kabupaten Toba Samosir, di peringati di Aula Gema Daud, Desa Lintong Julu, Kecamatan Lumban Julu, Selasa (22/10). Ratusan Pengurus PKK Kecamatan, PKK Desa/Kelurahan, Staf Ahli, Asisten, Kepala Dinas, Camat se-Tobasa, Kapolsek Lumban Julu, Koramil dan masyarakat sekitar hadir mengikuti acara itu.

Bupati Pandapotan Kasmin Simanjuntak mengatakan, dua program penting yang dilaksanakan hari itu, yakni Peringatan HKG PKK Ke 41 dan Penutupan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) Ke 10 Kabupaten Tobasa Tahun 2013. Kedua program ini dilaksanakan bersamaan karena tidak terpisahkan satu sama lain, artinya gotong royong adalah bagian dari 10 Program Pokok PKK.

Menurut Bupati, BBGRM adalah program pemerintah. Selain menggelorakan semangat gotong royong masyarakat dalam pembangunan dan pelestarian lingkungan program ini juga bertujuan menciptakan interaksi sosial, keharmonisan ditengah-tengah masyarakat yang bermuara pada penguatan persatuan dan kesatuan bangsa sesuai semboyan Kabupaten Tobasa “Tampakna do rantosna rim ni tahi do gogona”.

Oleh sebab itu, Bupati menegaskan gotong royong harus tetap dipertahankan sebagai sistim nilai sosial budaya dalam kehidupan masyarakat agar setiap anggota masyarakat terlibat dan punya andil dalam pembangunan.

IMG_3766Sementara itu menurut Bupati, PKK merupakan mitra professional pemerintah yang strategis dalam membina dan memberdayakan masyarakat. Alasannya 10 program pokok PKK dinilai menyentuh sendi-sendi kehidupan masyarakat. Karenanya Bupati sebagai Dewan Pembina mengingatkan seluruh Kepala SKPD di daerah itu agar serius memberikan perhatiannya dengan berpartisipasi aktif membantu PKK dalam menjalankan kegiatannya.

“Saya ingatkan, seluruh Kepala SKPD supaya serius memberikan perhatian dan berpatisipasi aktif membantu PKK. Begitu juga Camat agar sungguh-sungguh membina PKK Desa, dengan melibatkan seluruh UPTD, Bindes, Guru, tokoh agama, tokoh masyarakat, pemuda dan komponen lainnya untuk memajukan dan meningkatkan pemberdayaan masyarakat,” tegasnya.

IMG_3783Sementara Ketua Umum TP PKK Ny. HJ Vita Gamawan Fauzi SH dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Ketua TP PKK Tobasa Netti Pardosi berharap peringatan HKG Ke 41 itu dapat memberikan motivasi dan semangat bagi kader PKK, agar terus giat melaksanakan tugas dan fungsi utamanya yaitu memberdayakan dan mensejahterakan keluarga. Kemudian menjadi momen bagi PKK untuk intropeksi diri serta mengevaluasi apa saja yang telah dilakukan selama setahun ini.

Untuk itu, Vita Gamawan Fauzi mengajak PKK sebagai mitra pemerintah melakukan beberapa hal penting antara lain memahami hakekat pemberdayaan masyarakat, memahami program sosial dasar masyarakat, manajemen partisipatif sebagai salah satu strategis pemberdayaan masyarkat dan memahami kedudukan, peran dan fungsi berbagai dinas/instansi atau lembaga pemerintah yang mempunyai tupoksi dalam pemberdayaan masyarakat, agar kehidupan keluarga yang lebih maju, bahagia, sehat dan sejahtera dapat diwujudkan.

“Tema HKG PKK Ke 41 Tahun 2013 Mari Kita Wujudkan Keluarga yang mandiri dan sejahtera melalui Hari Kesatuan Gerak PKK harus menjadi pedoman bagi kita untuk terus berupaya mewujudkan keluarga yang mandiri dan sejahtera melalui pelaksanaan 10 program pokok PKK,” ujarnya.

Kepala Badan Pemas dan Pemdes Tobasa Labinsar Sirait yang juga Ketua Panitia mengatakan maksud dan tujuan peringatan HKG Ke 41 dan Penutupan BBGRM Tahun 2013 Kabupaten Tobasa adalah memberikan pencerahan sekaligus meningkatkan peran aktif PKK dalam pelaksanaan pembangunan di desa. Menumbuhkembangkan dan sekaligus mendukung pelestarian nilai-nilai kegotong royongan masyarakat dalam percepatan pembangunan serta memberikan dorongan, motivasi serta penghargaan terhadap gotong royong masyarakat dan PKK Desa.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Tobasa/ edu)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s