Berita Terbaru

23 KEPALA DESA DI KECAMATAN BALIGE DAN TAMPAHAN DILANTIK

BUPATI TOBASA : “KEPALA DESA HARUS MENJADI PAMONG YANG MENGAYOMI”

Pelantikan Kades2Penyelenggaraan pemerintahan di era saat ini telah mengalami perubahan paradigma, dimana pemerintah dituntut sudah harus memberikan pelayanan prima kepada warga masyarakat. Selain itu, Pemerintah Desa juga harus mampu menggali dan memanfaatkan sumber daya yang ada di desanya. “Ini terjadi karena tidak zamannya lagi Kepala Desa dilayani, melainkan untuk melayani, sehingga pemerintahan desa lebih kuat dan mandiri serta tidak sepenuhnya tergantung kepada pemerintah yang lebih tinggi,” ujar Bupati Kasmin Simanjuntak dihadapan 23 Kepala Desa (Kades) yang baru dilantik, Jumat (15/11) di Aula SMK Negeri 1 Balige.

Ini diutarakan Bupati Pandapotan Kasmin Simanjuntak, karena Kades memiliki posisi yang sangat strategis dan berada dibarisan terdepan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Oleh sebab itu seluruh Kades yang baru dilantik diminta meningkatkan pemberdayaan masyarakat dalam upaya percepatan pembangunan demi kesejahteraan desa.

“Secara optimal, Kades juga harus mampu memanfaatkan potensi alam yang ada, meningkatkan swadaya masyarakat serta mengembangkan budaya gotong royong, sehingga motto Tobasa ‘Tampak na do rantos na rim ni tahi do gogona’ tercapai,” kata Kasmin.

Pelantikan Kades3Menurut Kasmin, untuk mewujudkan harapan masyarakat selaku pemberi amanah, Kades harus menghayati dan mengamalkan sumpah/janji yang diucapkan, mengemban amanah rakyat dengan penuh tanggungjawab, memberdayakan masyarakat untuk senantiasa berperan aktif dalam perencanaan, pelaksanaan dan pemeliharan hasil pembangunan, mengembangkan budaya gotong royong dan aspiratif terhadap masalah yang muncul ditengah tengah masyarakat.

“Artinya Kades harus mampu menjadi pamong yang mampu mengayomi masyarakat, tanpa membeda-bedakan latar belakang dan asal usulnya. Kades harus menjadi pelayan dan pemersatu,” sebut Kasmin seraya berpesan untuk mempercepat pembangunan di wilayah masing-masing, Kades merangkul komponen utama pembangunan antara lain unsur pemerintah, investor atau dunia usaha dan masyarakat termasuk didalamnya anak rantau. Karena ketiga komponen ini kata Kasmin merupakan satu kesatuan yang tidak terpisahkan dan harus didorong untuk dapat bersinergi dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat, pada bidang kesehatan, pendidikan, pendapatan, sehingga memiliki daya saing yang kuat dalam berbagai aspek.

“Ini cita-cita, tekad dan komitmen kita bersama sebagaimana tertuang dalam visi misi Kabupaten Tobasa. Upaya untuk  peningkatan mutu pelayanan publik berbasis peningkatan disiplin dan kerja aparatur, tata kelola pemerintahan yang baik, pengembangan potensi SDM dan menggerakkan roda perekonomian masyarakat desa harus terus dilakukan,” ujarnya.

Pelantikan Kades1Ke-23 kepala desa yang dilantik terdiri dari 20 kepala desa pada Kecamatan Balige dan 3 kepala desa pada Kecamatan Tampahan, yaitu : Patar Sabungan Nadapdap (Kades Silalahi Pagarbatu), Andi J Siahaan (Kades Hinalang bagasan), Jasman Simangunsong (Kades Lumban bulbul), Adel Tampubolon (Kades Sibolahotang SAS), Turman Simanjuntak (Kades Parsuratan), Lingkana M Siagian (Kades Bonandolok II), Bintang Tambunan (Kades Lumban Pea), Mariani V Gultom (Kades Aekbolon Jae), Jumarar Sianipar (Kades Sianipar Sihailhail), Edison D Siahaan (Kades Lumban Gorat), Orion Simanjuntak (Kades Hutadame).

Kemudian, Edison Hutagaol (Kades Hutagaol Peatalun), Edward Tambunan (Kades Lumban Gaol), Libert TP Siahaan (Kades Siboruon), Viktor Tambunan (Kades Baruara), Haposan Simanjuntak (Kades Hutabulu Mejan), Budiman Siahaan (Kades Paindoan), Rabin Panjaitan (Kades Matio), Liefson Siahaan (Kades Lumban Silintong), Eben Siagian (Kades Bonandolok III), Darto Siahaan (Kades Tarabunga), Janri Simanjuntak (Kades Meat), dan Anggiat P Siahaan (Kades Gurgur Aek Raja),.

Dalam pelantikan mendampingi Bupati, hadir Kepala Badan Pemas dan Pemdes Labinsar  Sirait S.Sos, Camat Balige Sahala Siahaan, Camat Tampahan Ridolf Simanjuntak, Kabag Humas dan Protokol Lukman Siagian, Kasubbag Pemberitaan Robintang Sitepu SAP, Kasubbag Protokol dan Acara Tulus HO Hutabarat, S.Sos, para undangan, dan istri/suami para Kepala Desa terlantik.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Tobasa)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s