BUPATI TOBASA LANTIK 10 KADES SE-KECAMATAN LAGUBOTI

BUPATI INGATKAN KEPALA DESA BUKAN UNTUK DILAYANITETAPI UNTUK MELAYANI MASYARAKAT

 Kepala Desa sebagai penyelenggara pemerintah desa yang terdepan dan terdekat kepada masyarakat memiliki posisi yang strategis untuk memberikan pelayanan serta sekaligus diharapkan mampu meningkatkan keberdayaan masyarakat, bahkan pemerintah desa harus mampu menggali dan memanfaatkan potensi yang ada untuk percepatan pembangunan demi kesejahteraan masyarakat.

Saat ini, penyelenggaraan pemerintah sudah mengalami perubahan paradigma. Hal ini juga terjadi hingga ke level pemerintahan desa. Kepala desa bukan untuk dilayani tetapi untuk melayani masyarakat, karena itu Kepala Desa dituntut untuk dapat memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakatnya. Disamping itu, sebagai penyelenggara pemerintah desa, juga memiliki peranan yang sangat strategis, khususnya dalam peningkatan pemberdayaan masyarakat.

Hal ini disampaikan Bupati Toba Samosir, Pandapotan Kasmin Simanjuntak dalam amanatnya ketika melantik dan mengambil sumpah 10(sepuluh) kepala desa se-kecamatan Laguboti Kab. Toba Samosir yang ditetapkan dengan Keputusan Bupati Toba Samosir Nomor 265 Tahun 2013 tentang Pengesahan Pengangkatan Kepala Desa Terpilih Periode 2013-2019 di Kecamatan Laguboti Kab. Toba Samosir, dengan mengambil tempat di Gedung Serba Guna Laguboti, Jumat (15/11). “Dengan menjadi kepala desa, Saudara mengemban amanah rakyat dalam melaksanakan tugas-tugas pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan”, ujar Bupati dengan tegas.

Lebih lanjut diamanatkannya, untuk mempercepat proses pembangunan di desanya masing-masing, Bupati mengingatkan para kepala desa untuk dapat menggalang 3 (tiga) komponen penting yang saling mendukung, yakni unsur pemerintah, masyarakat dan dunia usaha. Menurutnya, ketiga komponen tersebut merupakan satu kesatuan yang utuh, yang diyakininya ketika membentuk sinergi, akan mampu meningkatkan kualitas hidup masyarakat desa dalam berbagai aspek kehidupan.

Untuk mewujudkan cita-cita mulia tersebut, Bupati memerintahkan para kepala desa tersebut, untuk memberikan perhatian yang sungguh-sungguh dalam melaksanakan tugas dan fungsinya, termasuk berperan aktif dalam mengantisipasi permasalahan yang muncul ditengah-tengah masyarakatnya. Uniknya, sekedar tambahan hampir semua Kepala Desa yang dilantik saat ini adalah pejabat yang baru dan terlihat keluarga para kepala desa sangat antusias hadir memadati lokasi pelantikan

Para kepala desa yang dilantik tersebut, Jhonson Hutahaean sebagai Kepala Desa Simatibung, Fernando Hutapea sebagai Kepala Desa Ompu Raja Hutapea, Mompo Tua Pangaribuan Kepala Desa Sitoluama, Binsar Gultom Kepala Desa Sintong Marnipi, Piatur Sibarani sebagai Kepala Desa Sibarni Nasampulu, Bobby Hutajulu sebagai Kepala Desa Lumban Binanga. R Engkut Sibuea sebagai Kepala Desa Sibuea, Marusaha Hutajulu sebagai Kepala Desa Tinggir Nipasir, Robbi Barrel Sibarani Kepala Desa Sitakkola, Bintang Aruan Kepala Desa Aruan.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Tobasa)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s