BUPATI TOBASA LANTIK 6 KADES DI KECAMATAN PARMAKSIAN DAN PINTUPOHAN MERANTI TOBASA

Kepala Desa diminta mampu menghayati dan mengamalkan sumpah dan janji yang telah diucapkan, serta melaksanakan tugas serta tanggung jawab dengan benar dan sungguh-sungguh sesuai dengan peraturan, mengemban amanat rakyat dalam rangka tugas pelayanan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan, berdayakanlah masyarakat, untuk senantiasa berperan aktif dalam perencanaan, pelaksanaan dan memelihara serta melestarikan hasil pembangunan, serta kembangkan dan bangun gotong royong masyarakat untuk meningkatkan kebersamaan dan kerukunan, kemudian berikan perhatian dengan sungguh-sungguh terhadap permasalahan yang muncul ditengah-tengah masyarakat dan berusaha sedini mungkin untuk mengatasinya sebelum permasalahan tersebut semakin besar.

Demikian instruksi yang disampaikan Bupati Tobasa Pandapotan Kasmin Simanjuntak, Senin (18/11) terhadap 6 (enam) Kepala Desa dari Kecamatan Parmaksian dan Kecamatan Pintupohan Meranti Kabupaten Tobasa yang baru saja dilantik di 2 kecamatan berbeda dengan harapan Kepala Desa ini akan mampu semakin meningkatkan kinerjanya.

Saat ini, penyelenggaraan pemerintah sudah mengalami perubahan paradigm, hal ini juga terjadi hingga ke level pemerintahan desa, kepala desa bukan untuk dilayani tetapi untuk melayani masyarakat, karena itu kepala desa dituntut untuk dapat memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakatnya. Disamping itu, sebagai penyelenggara pemerintah desa, juga memiliki peranan yang sangat strategis, khususnya dalam peningkatan pemberdayaan masyarakat.

Ditambahkan “dengan menjadi kepala desa, Saudara mengemban amanah rakyat dalam melaksanakan tugas-tugas pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan”, ujar Bupati dengan tegas. Lebih lanjut diamanatkannya, untuk mempercepat proses pembangunan di desanya masing-masing, Bupati mengingatkan para kepala desa untuk dapat menggalang 3 (tiga) komponen penting yang saling mendukung, yakni unsur pemerintah, masyarakat dan dunia usaha. Menurutnya, ketiga komponen tersebut merupakan satu kesatuan yang utuh, yang diyakininya ketika membentuk sinergi, akan mampu meningkatkan kualitas hidup masyarakat desa dalam berbagai aspek kehidupan.

Untuk mewujudkan cita-cita mulia tersebut, Bupati memerintahkan para kepala desa tersebut, untuk memberikan perhatian yang sungguh-sungguh dalam melaksanakan tugas dan fungsinya, termasuk berperan aktif dalam mengantisipasi permasalahan yang muncul ditengah-tengah masyarakatnya.

Kedua kepala desa di Kecamatan Parmaksian Kab. Toba Samosir yang ditetapkan dengan Keputusan Bupati Toba Samosir Nomor 253 Tahun 2013 tentang Pengesahan Pengangkatan Kepala Desa Terpilih Periode 2013-2019 di Kecamatan Parmaksian Kabupaten Toba Samosir yakni Kepala Desa Bius Gu Barat Martahan Sirait dan Kepala Desa Banjar Ganjang yakni Safri Manurung.

Sedangkan di Kecamatan Pintupohan Meranti ditetapkan dengan Keputusan Bupati Toba Samosir Nomor 261 Tahun 2013 tentang Pengesahan Pengangkatan Kepala Desa Terpilih Periode 2013-2019 di Kecamatan Pintupohan Meranti Kabupaten Toba Samosir yakni Kepala Desa Meranti Tengah Jhon Raffles Panjaitan, Kepala Desa Halado Risfan Marpaung, Kepala Desa Ambar Halim yakni Wesli Tambunan, Kepala Desa Pintupohan Meranti Hotlan Tambunan.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Tobasa)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s