RAPAT KONSULTASI TP-PKK TOBASA :

5 DESA BINAAN TP PKK TOBASA SIAP BERSAING DI TINGKAT PROVINSI

IMG_6237Setelah melalui tahapan pembinaan yang meliputi pelatihan TPK3PKK, supervisi, monitoring dan evaluasi, TP-PKK Kabupaten Toba Samosir (Tobasa), menetapkan 5 (lima) desa binaan yang dianggap layak bersaing dengan desa lain se-Sumatera Utara dalam rangka Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK dan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) Tahun 2014 mendatang. Kelima desa tersebut, yakni Desa Sigodang Tua, Kecamatan Silaen sebagai Desa Hatinya PKK, Desa Narumonda II Kecamatan Siantar Narumonda sebagai Desa Pelaksana TOGA, Desa Simpang Sigura-gura Kecamatan Porsea sebagai Desa UP2K PKK, Desa Lumban Sitorus Kecamatan Parmaksian sebagai Desa Pencegahan KDRT, dan Desa Pardamean Ajibata sebagai Desa Tertib Administrasi PKK.

Hal ini disampaikan Ketua TP PKK Kabupaten Tobasa, Ny. Netty Pandapotan br Pardosi dalam sambutannya di tengah-tengah Rapat Konsultasi PKK se-Kabupaten Tobasa, Senin (02/12) yang dilangsungkan di Aula SMKN 1 Balige, Tobasa. “Kelima desa ini telah secara intensif dan terjadwal mendapat pembinaan dengan berbagai program dari TP PKK Tobasa, dan setelah melalui evaluasi akhir, kemudian diajukan kepada Bupati Tobasa untuk mendapat persetujuan dan ditetapkan melalui surat keputusan sebagai Desa Binaan Tahun 2014”, ujar Ny. Netty.

Maka, sebagai wujud kesiapan dan keseriusan dalam mengikuti kompetisi tingkat provinsi tersebut, disebutkannya, TP-PKK menggelar rapat konsultasi dengan satuan kerja terkait di lingkungan Pemkab Tobasa. Melalui rapat tersebut, Ny. Netty Pandapotan menambahkan, akan diperoleh sinkronisasi program TP PKK dengan SKPD untuk seirama dalam menjalankan program-programnya. Untuk itu, Ketua TP PKK berharap dukungan Bupati Tobasa sebagai Ketua Dewan Penyantun TP PKK untuk tak henti-henti memberikan perhatian sebagaimana yang telah berlangsung selama ini, sehingga prestasi-prestasi yang telah diraih PKK Tobasa dapat kembali dipertahankan dan ditingkatkan.

IMG_6239Ny Netty Pandapotan br Pardosi menilai kesepahaman dan kesepakatan yang disusun dalam berbagai program guna mendukung PKK, dapat lebih dimaksimalkan lagi pada SKPD terkait, dan selanjutnya secara bersama-sama dengan PKK dapat dilaksanakan dan dirasakan langsung manfaatnya oleh masyarakat. Program inti dalam upaya pemberdayaan masyarakat tepatnya berada pada SKPD sebagai “leading sector”, sedangkan PKK lebih berperan sebagai “motivator” dalam mendorong dan memaksimalkan pelaksanaannya. Karena itu, untuk Tahun 2014, disamping program penyediaan sarana dan prasarana, SKPD diharapkan juga untuk menyokong kegiatan berupa pelatihan dan ketrampilan.

Sebagai Ketua TP PKK Kabupaten, dia juga meminta agar seluruh pengurus PKK hingga ke tingkat kecamatan/ desa, untuk secara menyeluruh mempersiapkan program-program yang bermanfaat bagi warganya sesuai dengan kondisi dan perkembangan di wilayahnya. Dengan begitu, efektifitas pelaksanaan pembinaan pada awal tahun mendatang dapat berjalan sebagaimana mestinya.

Rapat konsultasi tersebut juga diharapkannya akan menciptakan koordinasi yang padu dan harmonis dengan pengurus TP PKK di masing-masing kecamatan untuk berperan aktif melakukan pembinaan di desanya. “Dengan keseriusan dan dukungan dari seluruh pihak terkait, upaya mewujudkan desa-desa tersebut sebagai “Pilot Project” di Kabupaten Tobasa dapat terwujud, dan mampu bersaing di tingkat provinsi” katanya lagi.

Bupati Tobasa Pandapotan Kasmin Simanjuntak sebagai Ketua Dewan Penyantun PKK mengapresiasi dan mendukung program PKK tersebut, mengingat PKK juga merupakan gerakan nasional yang tumbuh dan berkembang sebagai gerakan pembangunan dengan wanita sebagai pemeran utama. Karena itu, pihaknya berupaya proram ini dapat serasi dan terpadu dilaksanakan di Kabupaten Tobasa hingga ke desa-desa.

IMG_6256Karena itu, Bupati Pandapotan Kasmin Simanjuntak menginstruksikan seluruh SKPD di jajarannya khususnya yang bertindak sebagai pembina, untuk mengalokasikan anggaran pembinaan terkait PKK sesuai dengan tupoksi dan kewenangan sesuai ketentuan yang berlaku. Menjawab harapan Ketua TP PKK terkait sinkroniasi program kerja, Bupati secara khusus meminta perhatian seluruh kepala SKPD dan Camat untuk dengan sungguh-sungguh menyusunnya dengan baik dan tepat sasaran. Karena menurutnya, dengan demikian, menggelorakan pembangunan dengan pemberdayaan masyarakat maupun pengentasan kemiskinan sesuai tujuan pembangunan nasional dan MDGs dapat mencapai progress yang diharapkan

IMG_6213Rapat konsultasi ini diisi dengan pembahasan pelaksanaan 10 Program Pokok PKK serta pembahasan penyelarasan program PKK dengan SKPD penanggung jawab kategori lomba seperti Badan PM dan PD, Badan PPAKB, Dinas Perindagkop, Dinas Kesehatan, Dinas Pertanian, Peternakan dan Perikanan dan instansi lainnya. Selama diskusi dan pembahasan berlangsung, terlihat para peserta rapat, diantaranya TP PKK Kabupaten dan Kecamatan, para pimpinan SKPD, Camat dan Kasi PMD kecamatan serta undangan lainnya tampak berdiskusi dengan interaktif.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Tobasa)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s