BUPATI TOBASA MINTA PARA KADES MEMAHAMI KONSEP PEMERINTAHAN DENGAN PARADIGMA “MELAYANI”

UluanBupati Toba Samosir (Tobasa) Pandapotan Kasmin Simanjuntak yang akrab dengan para Kepala Desa (Kades) nya dan kerap menyebut para Kades sebagai “rekan”, senantiasa mengingatkan untuk benar-benar memahami paradigma baru pemerintahan, khususnya pemerintah desa yang melayani. Ini dimaksudkan agar dalam pelaksanaan tugas pokok dan fungsinya dapat diemban dengan baik, sehingga masyarakatnya dapat terlayani dengan baik.

“Hal ini selalu Bupati sampaikan mengingatkan para Kades, khususnya pada setiap pelantikan para Kades yang dilakukan belakangan ini. Ini dimaksudkan agar mereka benar-benar dapat mengemban amanah tersebut”, ujar Plt. Kabag Humas dan Protokol Lukman J. Siagian, di ruang kerjanya beberapa waktu lalu.

Lebih lanjut, disampaikan, sebagaimana dalam setiap amanatnya, Bupati Pandapotan Kasmin Simanjuntak mengingatkan, sebagai penyelenggara pemerintah desa, Kades harus menjadi pemimpin yang terdekat dan terdepan bagi masyarakatnya. Karena itu, dengan posisi yang sangat strategis tersebut, Kades harus mampu menggali dan memanfaatkan potensi di wilayahnya, sehingga dengan percepatan pembangunan tersebut, tingkat kesejahteraan warganya dapat tercapai.

SilaenDitambahkannya, setelah melantik Kades beberapa waktu lalu di Kecamatan Uluan, Siantar Narumonda dan Kecamatan Silaen, Bupati dalam amanatnya kembali mengingatkan, upaya dan langkah strategis yang diharus ditempuh, secara khusus dalam peningkatan mutu layanan publik yang berbasis pada peningkatan disiplin dan kinerja aparatur. Menurut Lukman, hal ini senantiasa digaungkan, agar prinsip-prinsip pemerintah dalam melayani masyarakat dapat terlaksana secara menyeluruh.

“Pada prinsipnya, Bupati selalu menekankan kepada seluruh Kades, untuk berpegang teguh pada kepercayaan warganya, yang telah memberikan amanah sebagai pemimpin dan pengayom di wilayah tersebut”, ujarnya.

Dalam kunjungan kerja di 3 (tiga) kecamatan tersebut, Lukman mengatakan, Bupati telah melantik 20 (dua puluh) Kades. Para Kades yang dilantik untuk Kecamatan Uluan, terdiri dari Hasiholan Doloksaribu sebagai Kades Doloksaribu Janji Matogu, Liat Butar-Butar menjadi Kades Marom, Togar Manurung menjadi Kades Dolok Nagodang, Haposan Hasibuan sebagai Kades Sigaol Timur, Pangibulan Sinurat sebagai Kades Partor Janji Matogu, Jumari Sirait sebagai Kades Parit, Maju Manurung sebagai Kades Sibuntuon, Poltak Sitorus sebagai Kades Lumban Binanga, dan Hotlan M. Manurung sebagai Kades Parbagasan Janjimatogu.

SinarKemudian, di Kecamatan Silaen, Bupati melantik 5 (lima) Kades, yakni Mangajak Siagian sebagai Kades Hutagurgur, Gosen Panjaitan sebagai Kades Sitorang, Timbul Sitorus sebagai Kades Sinta Dame, Doharman Siagian sebagai Kades Sibide Barat, dan Parasian Tampubolon sebagai Kades Lumban Dolok. Selanjutnya di Kecamatan Siantar Narumonda, para Kades yang dilantik, yakni Tarigan Marpaung sebagai Kades Narumonda I, Donron Marpaung sebagai Kades Narumonda VI, Hinsa Gurning sebagai Kades Narumonda VII, Sangapan Marpaung sebagai Kades Siantar Tonga-tonga I, Rusman Marpaung sebagai Kades Siantar Tonga-tonga II, dan Donny Marpaung sebagai Kades Siantar Sigordang.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Tobasa)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s