Berita Terbaru

TOBASA JUARA UMUM KEJURDA KKI SE-SUMUT

potoKontingen Kabupaten Toba Samosir keluar sebagai juara umum pada Kejuaraan Daerah (kejurda) Sumatera Utara Khushin Ryu Karate-do Indonesia (KKI) dan mendapat piala bergilir Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara (Kejatisu) 2013, serta piala tetap Kajari Balige dan piala tetap Bupati Tobasa yang diselenggarakan di Balai Desa, Kecamatan Balige, Minggu (1/12). Sebanyak 600 karateka  putra dan putri andalan dari kabupaten, kota se-Sumatera Utara  yang mengikuti Kejurda Khushin Ryu Karate-do Indonesia (KKI) berlangsung selama dua hari.

Kontingen KKI Toba Samosir (Tobasa) berhasil keluar sebagai juara umum setelah mengumpulkan 33 medali, yang terdiri dari 13 emas, 8 perak dan 12 perunggu. Sementara itu, untuk juara kedua adalah kontingen Tapanuli Utara (Taput) dengan perolehan 18 medali, diantaranya 9 emas, 3 perak dan 6 perunggu. Sedangkan untuk juara ketiga ditempati oleh kontingen Tebing Tinggi dengan perolehan 17 medali, diantaranya 3 emas, 8 perak dan 6 perunggu.

Pada hari terakhir Kejurda, atlet-atlet KKI Se-Sumut mendominasikan kategori Best Of The Best tercatat tiga atlet Kabupaten Tobasa menjadi yang terbaik. Diantaranya, Daniel Hutapea (Kumite Senior Putra), Adi Putra (Kumite Junior Putra), Hotma (Kumite Junior Putri) sedangkan (Kumite Cadet Putri) direbut oleh Edhea dari kotingen Tebing Tinggi.

Menurut Ketua panitia penyelenggara, Drs. Biduan Siahaan mengatakan, penyelenggaraan Kejurda Khushin Ryu Karate-do Indonesia (KKI) berjalan dengan lancar dan mulus tanpa ada halangan dengan hasilnya memuaskan, banyak atlet yang menonjol, utamanya kadet dan junior,” terang Biduan.

Ketua Pengcab KKI Tobasa, Harly Siregar dalam sambutaanya mengatakan, kejuaraan ini membentuk dan menjaring karateka berprestasi di Sumatera Utara dalam berbagai pertandingan. Hasil ini juga merupakan keberhasilan pembinaan yang dilakukan masing masing kabupaten atau kota dan dojo di Provinsi Sumatera Utara selama ini.

Kemudian, pertandingan ini meningkatkan jam terbang karateka agara mampu bertanding di even lain etika menghadapi kejuaraan di luar provinsi serta membantu Pengprov untuk menentukan atlet binaan yang berkwalitas baik. “Kami berharap para karateka menjadi generasi penerus para seniornya yang berprestasi samapai ke tingkat nasional,” harap Harly.

Harly juga menyampaikan, bagi atlet yang berprestasi akan mendapat tropi juara umum merupakan penghargaan piala bergilir Kejatisu. Sebanyak 120 medali emas,perak, perunggu dan piagam bagi peserta yang berhasil mendapatkan penghargaan dari panitia pelaksana. “Kalah menang itu hal biasa dan kalah menang bukanlah segala-galanya. Akan tetapi kita telah menjunjung tinggi nilai sportifitas,’ ujarnya.

Bupati Toba Samosir Pandapotan Simanjutkan mengatakan “Dikepemimpinan awal ketua Pengcab KKI Toba Samosir ada kejuaraan Daerah (Kejurda) Tingkat Sumatera Utara sudah membawa prestasi, untuk kedepan kami harapkan semoga akan menambah segudang prestasi lagi di Kabupaten Tobasa,” Bupati juga mengucapkan selamat kepada ketua Pengcab KKI Tobasa dan juga kepada para alet-atlet KKI Tobasa atas keberhasilan kabupaten Toba Samosir sebagai juara umum pada Kejurda KKI se-Sumut pada tahun ini, sebutnya.

(David H. Purba # Hr. Analisa)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s