PEMKAB TOBASA JALIN MoU DENGAN PT AHM dan CV INDAKO TRADING, Co

SMK N 1 BALIGE MILIKI FASILITAS BENGKEL SEPEDA MOTOR

04Program “Link and Match” SMK N 1 Balige salah satunya diwujudkan dengan keberadaan bengkel sepeda motor sebagai sarana bagi siswa didik untuk meningkatkan ketrampilannya. Keberadaan bengkel sepeda motor ini merupakan hasil kesepakatan Pemkab Toba Samosir dengan CV Indako Trading Co, yang dituangkan dalam “Memorandum of Understanding” (MoU).

Penandatanganan MoU sekaligus peresmian bengkel sepeda motor Honda ini berlangsung di Komplek SMK N 1 Balige, Rabu (04/12). Dari pihak Pemkab Tobasa, nota kesepahaman ini ditandatangani Bupati Tobasa diwakili Sekdakab Liberty Manurung, Kadis Pendidikan Dra Mariani, Kasek SMK N 1 Bosi Sianipar. Sedangkan dari pihak CV Indako Trading Co, diwakili Armayadi dan Gunadi mewakili PT Astra Honda Motor.

02Bupati dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Sekdakab Liberty Manurung menyebutkan, Pemkab Tobasa telah menempatkan sektor pendidikan sebagai salah satu pilar utama pembangunan. Karena itu, Pemkab Tobasa sangat berterima kasih atas atas terwujudnya keberadaan bengkel ini. Disebutkan, dalam mewujudkan pembangunan di sektor pendidikan ini, dukungan pihak swasta sangat dibutuhkan. “Untuk itu, kami menyampaikan terima kasih dan penghargaan atas kontribusi pihak PT Astra Honda Motor dan CV Indako Trading”, kata Liberty.

Disebutkan, saat ini, pemerintah daerah telah melakukan berbagai upaya di bidang pembangunan sektor pendidikan. Upaya tersebut meliputi berbagai pembinaan kepada tenaga pendidik berupa penyelenggaraan dan pengiriman mengikuti diklat. Juga dilakukan pembenahan dan pembangunan sarana prasarana pendidikan. Bagi siswa/i berprestasi, Pemkab Tobasa juga menyediakan program beasiswa.

Hal senada juga disampaikan Kasek SMKN 1 Balige Bosi Sianipar. Menurutnya, dengan keberadaan bengkel ini, siswa didik akan dengan mudah mempraktekkan teori yang diperoleh di ruangan kelas. “Dengan fasilitas ini, wawasan dan kompetensi siswa didik akan semakin bertambah, dan kami sangat berterima kasih atas fasilitas ini”, ujar Bosi.

03Sementara Gunadi menyebutkan, disamping sebagai kepedulian pada peningkatan sektor pendidikan, keberadaan bengkel ini akan mampu meningkatkan ketrampilan para siswa didik. Diyakininya, dengan keterampilan yang dimiliki, selepas pendidikan di tingkat SMK dapat langsung menjadi tenaga kerja yang berdaya saing dengan “skill” di bidang otomotif, khususnya sepeda motor. “Siswa didik nantinya diyakini akan mampu untuk membuka lapangan pekerjaan, apalagi ditunjang dengan jiwa entrepreneur, pasti akan berhasil”, ujarnya.

Selepas penandatangan MoU, Sekdakab Tobasa Liberty Manurung kemudian meresmikan bengkel sepeda motor ini, diawali dengan pembukaan selubung dan pengguntingan pita. Setelah diresmikan, Liberty Manurung beserta rombongan juga melakukan peninjauan fasilitas bengkel tersebut. Juga diperagakan proses servis kendaraan roda dua oleh para siswa didik yang telah dibekali pengetahuan di bidang otomotif.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Tobasa)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s