WARTAWAN/TI SE-TOBASA RAYAKAN NATAL, SEDERHANA NAMUN PENUH SUKACITA DAN KEAKRABAN

Natal11Seratusan wartawan/ti dari berbagai media cetak/elektronik se-Toba Samosir (Tobasa) memadati Aula Serbaguna HKBP Balige, Selasa malam (10/12), untuk mengikuti Perayaan Natal Wartawan/ti (Jurnalis) se-Toba Samosir Tahun 2013. Thema yang diangkat perayaan ini, dikutip dari nats Alkitab Matius 5:9, yang berbunyi “Berbahagialah Orang yang Membawa Damai, karena Mereka akan disebut Anak-Anak Allah”.

Perayaan diawali dengan prosesi yang menampilkan barisan para wartawan/ti yang mengiringi tokoh yang digambarkan sebagai Maria dan Joseph yang menggendong Yesus Kristus. Walau diguyur hujan, dengan penuh sukacita, para jurnalis setia mengikuti barisan prosesi yang  diawali dari pusat Kota Balige menuju Aula Serbaguna HKBP.

Natal1Setibanya, dilanjutkan penyalaan lilin oleh Bupati Tobasa yang diwakili Asisten Pemerintahan, Wasir Simanjuntak,Pengkotbah Pdt. Demak Simanjuntak, DPRD Tobasa yang diwakili Mangapul Siahaan, Kajari Balige Harly Siregar, Ketua TP PKK Tobasa Ny. Netty Pandapotan br Pardosi, Kapolsek Balige Gibson Siagian, Danramil Balige Kapten M. Simanjuntak, Tokoh Pemuda Binahar Napitupulu, mewakili masyarakat/ dunia usaha Sahala Tambunan, Ketua Panitia Natal Toni Sahat Pardede dan mewakili para wartawan Anthony Marpaung dan Julius Parto Siahaan.

Diiringi lagu-lagu pujian dari Kidung Jemaat, nuansa semangat damai natal perayaan ini sangat terasa, ditambah penampilan memukau paduan suara Akper HKBP Balige, Avenue Voice, dan beberapa vocal solo. Tidak ketinggalan lagu pujian dalam Koor Wartawan/ti dengan judul “Nang Gumalunsang Akka Laut”. Secara teratur dan tertib, secara bergiliran para wartawan/ti menaiki mimbar untuk membacakan liturginya dengan penuh penjiwaan.

IMG_7366Sebagaimana thema yang diangkat, Pdt. Demak Simanjuntak, MTh dalam khotbahnya menyebutkan, profesi wartawan merupakan pembawa damai dan pembawa perubahan malalui pemberitaannya. Profesi ini juga dinilai sangat penting dan mulia, mengingat Alkitab yang memberitakan kabar sukacita dan damai dapat dikategorikan sebagai karya jurnalistik pertama. Diingatkannya juga, agar dalam menjalankan profesinya, wartawan senantiasa menjunjung etika dan bekerja professional. “Kalaupun mengkritisi, silahkan, namun hendaklah dengan beretika”, katanya mengingatkan. Karena dengan demikian, damai akan terwujud, mengingat betapa indahnya damai itu. Dan itu akan terwujud, ketika terjalin hubungan yang baik antar manusia dengan Tuhan, manusia dengan manusia, dan manusia dengan alam.

Bupati Tobasa Pandapotan Kasmin Simanjuntak melalui Asisten Pemerintahan Wasir Simanjuntak menyambut baik perayaan Natal Wartawan/ti se-Tobasa ini, serta memberi apresiasi atas prakarsa para wartawan yang telah sukses merancang dan melaksanakan acara tersebut. Diharapkannya, perayaan Natal wartawan/ti ini menjadi momentum, membangun kebersamaan, dan saling pengertian, sehingga sebagai mitra pemerintah mampu mendukung pembangunan di Tobasa.

IMG_7210Hal senada juga disampaikan Kajari Balige Harly Siregar. Menurutnya, pembangunan di Tobasa diyakini akan lebih baik dengan dukungan insan pers. “Sebagaimana thema tersebut, wartawan/ti Tobasa juga diharapkan menjadi Pewarta Damai” ujarnya. sembari menambahkan, agar momentum ini juga dapat dijadikan sebagai perenungan fungsi pers.

Ketua TP PKK Tobasa Ny. Netty Pandapotan br Pardosi yang hadir pada kesempatan tersebut, menyatakan, sungguh suka cita yang luar biasa dapat hadir dapat mengikuti perayaan Natal tersebut. Kebersamaan yang dipupuk melalui momentum Natal tersebut diharapkannya menjadi penggerak pembangunan di Tobasa.

Beberapa undangan  seperti Tokoh Pemuda Binahar Napitupulu dan Sahala Tambunan yang mengikuti perayaan Natal ini sepakat mengakui, perayaan Natal wartawan/ti se-Tobasa ini terkesan penuh damai dan luar biasa hikmat. “Sederhana, namun penuh suasana damai, terlebih dengan khotbah yang disampaikan, membuat damai di hati yang merayakan Natal bersama para wartawan/ti ini”, kata mereka.

Ketua Panitia Perayaan Natal Wartawan/ti ini, Tony Sahat Pardede menyebutkan, thema yang diangkat kali ini didasari niat mengajak seluruh lapisan masyarakat, khususnya  wartawan/ti di Tobasa, dapat lebih memaknai kelahiran Yesus Kristus. agar dengan semangat Natal, dapat saling mengasihi, saling mengampuni dan saling menerima. Kearifan ini akan menjadi pedoman dalam tugas-tugas jurnalistiknya, sehingga secara professional dalam mendukung pembangunan di Tobasa. Tony juga mengapresiasi kebersamaan dari seluruh insan pers dari berbagai media sehingga acara tersebut dapat terselenggara dengan baik.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Tobasa)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s