PELAJAR DIAJAK BERPERAN DALAM INFRASTRUKTUR HIJAU

500 PELAJAR SE KECAMATAN HABINSARAN DIAJAK PEDULI LINGKUNGAN LEWAT “ADIWIYATA”

Habinsaran2Kepala Badan Lingkungan Hidup dan Pertambangan, Drs. Agust Nadeak, Kamis (12/12) di Balige menyebutkan, dalam menumbuhkan cara pandang dan perilaku peduli lingkungan hidup, khususnya di kalangan pelajar, Kementerian Lingkungan Hidup (KLH) melalui Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Tobasa, mengajak para pelajar/ sekolah untuk berpartisipasi lewat Program “Adiwiyata”.

Disebutkan, program ini terintegrasi dengan Program Infrastruktur Hijau yang digalakkan pihak KLH. Untuk itu, secara bertahap, pihaknya akan berupaya program ini dapat dilaksanakan di seluruh sekolah di Tobasa. Sebagai langkah awal, atas dukungan KLH, kata Agust, telah digelar Sosialiasi Infrastruktur Hijau lewat Program “Adiwiyata” bagi kalangan pelajar/ sekolah di Kecamatan Habinsaran, yang dipusatkan di Aula SMAN 1 Parsoburan, Kecamatan Habinsaran, Rabu (11/12) lalu.

Habinsaran1Dalam sosialisasi tersebut, Wiryono Koesmoedjohardjo, Asisten Deputi Peningkatan Inisiatif Masyarakat KLH menjelaskan, Program Adiwiyata merupakan program yang digagas untuk mendorong terciptanya sekolah Adiwiyata yakni sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan.

Disebutkannya, sesuai pasal 70 UU 32 Tahun 2009,  seluruh masyarakat memiliki hak dan kesempatan yang sama dalam pengelolaan dan perlindungan lingkungan hidup. “Hak dan kesempatan ini juga termasuk untuk kalangan para pelajar”, ujar Wirjono. Karena itulah, pihaknya memberikan kesempatan seluas-luasnya bagi kalangan pelajar untuk lebih peduli lingkungan melalui program yang dikompetisikan setiap tahunnya, dan telah dimulai sejak tahun 2006 lalu.

Dalam pelaksanaannya, kata Wiryono, Program Adiwiyata menganut prinsi Edukatif, Partisipatif dan Berkelanjutan. Edukatif dimaksudkan, dengan memberikan pembelajaran dalam pengelolaan lingkungan hidup. Partisipati dengan maksud melibatkan komunitas sekolah dalam keseluruhan proses pengelolaan lingkungan, sedangkan prinsip berkelanjutan untuk menjamin program terencana, terus menerus dan komprehensif.

Habinsaran4Selama sosialisasi, para pelajar yang didampingi Kadis Pendidikan Dra Mariani dan Kasek SMAN Parsoburan Togar Panjaitan, menyatakan kesiapan untuk berpartisipasi lewat Program Adiwiyata. Secara langsung, bukti keseriusan mendukung infrastruktur hijau lewat program ini, Togar Panjaitan dan Mariani disaksikan Kaban Lingkungan Hidup Drs. Agust Nadeak menyerahkan dokumen dan data yang memuat kajian kondisi LH sekolah, kebijakan sekolah, kurikulum sekolah dan kegiatan sekolah di bidang LH kepada Wiryono mewakili KLH.

Selama seminar berlangsung, para siswa cukup aktif memberikan pertanyaan dan masukan dalam upaya penyelematan lingkungan hidup. Kemudian, sebagai wujud nyata peduli lingkungan hidup, Badan Lingkungan Hidup Tobasa dan KLH juga melakukan penanam pohon di komplek sekolah serta menyerahkan secara simbosi bibit pohon kepada pelajar untuk dapat ditanam di pekarangan sekolahnya.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Tobasa)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s