Berita Terbaru

BKD TOBASA SOSIALISASIKAN PP 46 TAHUN 2011

“GAJI PNS AKAN DITENTUKAN DENGAN PRESTASI KERJANYA”

IMG_8507“Penggajian PNS akan mengacu pada prestasi kerja PNS tersebut”, ujar I Nyoman Arsa, SH, MSi, Kepala Kanreg VI BKN Medan, Jumat (20/12) di Balige. Hal ini menurutnya sebagaimana amanat PP 46 Tahun 2011 tentang Penilaian Prestasi Kerja Pegawai Negeri Sipil. Nilai Prestasi Kerja seorang PNS, katanya, diperoleh dengan menggabungkan penilaian Sasaran Kerja Pegawai (SKP) dan Penilaian Perilaku.

Diterangkan, SKP yang merupakan kontrak kerja individual PNS, akan diperoleh dengan membandingkan realisasi kerja dengan target meliputi aspek kuantitas, kualitas, waktu dan biaya. Sedangkan Penilaian perilaku mengacu pada criteria yang telah ditetapkan.

Senada juga disebutkan Ojak Murdani. Ditambahkannya, dengan berlakunya PP 46/2011 maka PP 10/1979 tidak berlaku lagi. “DP3 PNS diganti dengan Penilaian Prestasi Kerja PNS yang memuat kedua aspek tersebut”, ujar Kabid Mutasi pada Kanreg VI BKN ini. Penilaian kerja PNS dengan PP ini, katanya, sudah harus dimulai per Januari 2013. Penyusunan SKP sebagai salah satu dokumen reformasi akan berpengaruh pada penerapan remunerasi PNS ke depan.

IMG_8526Bupati Tobasa melalui Asisten Administrasi Umum, Salomo HK Simanjuntak yakin, dengan PP 46/ 2011 yang akan berlaku secara efektif Januari 2014, PNS akan dipicu untuk bekerja dengan lebih professional dan akuntabel. Secara khusus, katanya, ini akan berpengaruh pada pencapaian pelayanan publik yang semakin berkualitas.

PP ini dinilai akan lebih efektif dibandingkan metode penilaian pekerjaan PNS sebelumnya sesuai PP 10/1979 yang dikenal dengan istilah DP3. Kekurangjelasan parameter pada DP3, dinilai kurang mampu mengukur produktivitas dan kontribusi PNS, dan cenderung lebih menyentuh ranah kepribadian dan perilaku.  Dan secara substantif, DP3 juga dikatakan tidak berkaitan langsung dengan segala sesuatu pekerjaan PNS. Karena itu, dengan berlakunya sistem penilaian prestasi kerja, bobot kinerja PNS, diyakini dapat lebih terukur sesuai Renstra dan Renja Tahunan satuan kerjan yang telah disusun.

IMG_8537Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Tobasa, Budiyanto Tambunan mengatakan, untuk menyikapi dan menindaklanjuti amanat peraturan pemerintah tersebut, pihaknya melaksanakan Sosialisasi PP tersebut untuk kalangan PNS di lingkungan Pemkab Tobasa. Melalui sosialisasi tersebut, diharapkannya, akan tercipta pola pikir dan pemahaman yang sama atas substansi PP tersebut, sehingga dalam penerapan nantinya dapat dilaksanakan dengan tepat.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Tobasa)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s