BUPATI TOBASA LANTIK KADES SIBIDE DAN MERANTI TIMUR

“KEPALA DESA HARUS  MAMPU MENGGERAKKAN RODA PEREKONOMIAN DESA”

sibidemeranti1Penyelenggaraan pemerintahan desa dewasa ini sudah mengalami perubahan paradigma. Disamping harus memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakatnya, kepala desa (kades) harus mampu mengelola pembangunan khusus dalam menggerakkan roda perekonomian di desanya. Peran strategis ini dinilai akan berhasil, dengan menggerakkan dan menggalang kebersamaan seluruh komponen utama masyarakat desa.

Hal ini diamanatkan Bupati Tobasa Pandapotan Kasmin Simanjuntak kepada Kades Sibide Carles Panjaitan dan Kades Meranti Timur Bangun Siahaan usai dilantik dan diambil sumpahnya, di Aula SMK Negeri 1, Balige, Senin (30/12).

“Saudara mengemban amanah rakyat, seorang kepala desa bukan lagi untuk dilayani melainkan untuk melayani”, ujar Kasmin dengan tegas sembari menambahkan, agar para kades tersebut, juga terus memupuk dan memasyarakatkan budaya gotong royong di tengah-tengah masyarakatnya.

sibidemerantiLebih lanjut diamanatkannya, untuk mewujudkan cita-cita mulia dalam mengembangkan perekonomian desa, salah satunya dapat dilakukan dengan menggali dan memanfaatkan seluruh potensi sumber daya yang ada. Sinergi dengan seluruh elemen masyarakat, katanya, juga harus terbangun dengan kokoh, karena dengan demikian, desa akan lebih mandiri dan berdaya.

Sementara, Kepala Badan PMD dan PP, Labinsar Sirait, yang ditemui usai berlangsungnya kegiatan tersebut menjelaskan, kades yang dilantik tersebut, merupakan para kades yang baru-baru ini telah melewati tahapan pemilihan kepala desa sebagai perwujudan demokrasi di desanya masing-masing dan akan memangku jabatannya untuk masa bhakti 2013-2019. “Pengesahan dan pengangkatan para kades tersebut, dituangkan dalam Keputusan Bupati Tobasa Nomor 306 Tahun 2013”, tambahnya.

sibidemeranti2Setelah melantik dan mengambil sumpah para  kepala desa tersebut, Bupati Pandapotan Kasmin Simanjuntak didampingi Kepala PMD dan PP, Camat Silaen Dimposma Sihombing serta para pejabat lainnya, juga memberikan ucapan selamat kepada para kepala desa yang dilantik. Pelantikan ini juga disaksikan para perangkat desa, BPD, tokoh masyarakat dan undangan lainnya dari masing-masing desa.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Tobasa)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s