Berita Terbaru

PEDULI PELESTARIAN BUDAYA

PEGAWAI DI LINGKUNGAN PEMKAB TOBASA KENAKAN PAKAIAN KERJA MOTIF GORGA

IMG_0387Upaya melestarikan budaya sangat membutuhkan peran serta dari seluruh pihak. Di tengah derasnya arus globalisasi, identitas budaya masing-masing daerah harus tetap dijaga sebagai ciri keBhinekaan di Indonesia. Demikian disebutkan Kabag Humas dan Protokol Setdakab Tobasa melalui Kasubbag PPD Robintang Sitepu, Jumat (30/01) di Balige.

Sebagai warisan budaya yang sarat makna, seni ukiran gorga merupakan salah satu warisan budaya Batak yang mengadung nilai-nilai seni yang sangat tinggi. Ditambahkannya, Gorga sebagai seni ukiran, sebelumnya kebanyakan dituangkan dalam desain eksterior maupun interior rumah adat, alat seni. Namun dalam hal ini sebagai upaya konkret dalam kepedulian dalam pelestarian budaya Batak ini, Pemkab Tobasa telah menuangkan sulur-sulur ukiran gorga pada pakaian dinas.

“Untuk pakaian dinas yang dikenakan di lingkungan Pemkab Toba Samosir, Motif gorga nya merupakan hasil rancangan desainer ternama Merdi Sihombing”, katanya.

IMG_0390Dikatakan Robintang, ukiran Gorga telah mengundang kekaguman para pencinta seni, disampaing nilai artistik yang terkandung juga memuat filosofi yang kuat. Dalam salah satu referensi oleh Bandung Fe Institut, katanya, salah satu kreasi gorga pada “ulu paung” sangat menakjubkan, karena tak pernah sama dan sebangun, dan muncul dari peradaban tua yang tidak mengenal perangkat geometric modern. “Gorga merupakan seni yang sangat indah dengan pola dan dimensi yang rumit sehingga memberikan kekhasan tersendiri”, ujarnya.

Beberapa pegawai yang dijumpai di lingkungan perkantoran Setdakab Tobasa, di Balige, menyambut baik penggunaan pakaian dinas dengan motif gorga ini. “pakaian ini telah menggambarkan identitas budaya kita, dan suatu kebanggaan dapat mengenakannya”, ujar Julianty Tambunan, salah seorang PNS yang dimintai tanggapannya.

IMG_0375Senada juga disampaikan Anna dan Mei, menurut mereka, disamping ikut berperan dalam melestarikan budaya, katanya, dengan pakaian kerja motif Gorga, para pegawai juga tampil modis. Kedepan diharapkan, motif gorga pada pakaian ini dapat lebih digali lagi dan dituangkan dalam pakain dinas di masing-masing SKPD sehingga tampil lebih bervariasi.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Tobasa)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s